13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Peran Pemuda di Pemilu 2024

blokbojonegoro.com | Thursday, 23 November 2023 18:00

Peran Pemuda di Pemilu 2024

Oleh: Ali Fatah*

blokBojonegoro.com - Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di depan mata. Salah satu elemen kunci dalam proses demokrasi tersebut adalah peran pemuda. Kehadirannya memiliki peran penting dalam membentuk masa depan politik negara.

Karenanya, keterlibatan generasi muda di Pemilu 2024 menjadi Sorotan. Salah satunya, pakar politik Universitas Negeri Surabaya Dr. M. Mubarok Muharam misalnya menilai, bila keterlibatan generasi muda merupakan suatu keharusan guna ikut mensukseskan pesta demokrasi yang digadang-gadang sebagai gerbang strategis menuju Indonesia emas 2045.

Apalagi, jumlah pemilih yang akan datang sekitar 56,45% didominasi oleh generasi milenial dan generasi Z. Jika demikian menjadi pentingnya peran generasi muda dalam menyokong Pemilu 2024.

Lalu, peran-peran apa saja yang bisa dilakukan pemuda di pemilu mendatang?

Pertama, bagi penulis pemuda bisa ikut memberi kesadaran politik kepada sesama. Artinya, pemuda memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran politik dalam masyarakat. Hal itu bisa dilakukan dengan terlibat secara aktif dalam mendiskusikan isu-isu politik, memahami program-program kandidat, dan berpartisipasi dalam kegiatan pemilihan umum.

Karenanya, pemuda tidak hanya memahami isu-isu politik aktual. Tetapi juga mau berbagi pandangannya dengan teman-temannya, bahwa kesadaran politik tidak hanya melibatkan pemahaman, tetapi juga tindakan nyata dalam berpartisipasi dan memengaruhi proses politik di tingkat individu dan masyarakat.

Kedua, perlu persiapan diri dan cek DPT. Dalam hal ini, keberadaan pemuda perlu mengecek data diri pada daftar pemilih tetap (DPT) sesuai dengan daerah pemilihan.

Apalagi, pengecekan DPT berfungsi untuk memastikan nama pemilih kita sudah terdata dengan baik sehingga bisa ikut menyumbangkan suara pada pemilu.

Pada posisi ini, generasi milenial juga perlu melakukan persiapan diri dengan memastikan suaranya tersampaikan untuk mendukung keberlangsungan pemerintahan Indonesia dengan bertanggung jawab dan tidak golput. Tegas dalam menentukan pilihan, dan menjunjung tinggi asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (luber-jurdil).

Ketiga, kita perlu mengecek riwayat hidup calon pemimpin. Bila telah gamblang nama-nama calon pemimpin negeri, baik presiden maupun DPR telah terpublikasikan, wajib untuk anak-anak muda mencari informasi tentang calon pemimpin tersebut melalui media sosial dan internet.

Informasi Riwayat hidup dari calon pemimpin dapat dijadikan patokan dalam melihat cara memimpin, prestasi, ataupun kebijakan yang telah dilakukan sebelumnya. Tentunya, tidak semua informasi dapat diterima sebagai sebuah kebenaran. Tetapi, minimal anak muda harus cerdas melakukan cross-check untuk mengetahui validitasnya sehingga informasi dapat dipertanggungjawabkan.

Keempat, kita bisa identifikasi visi-misi calon pemimpin. Hal yang tidak kalah penting dalam menentukan pilihan terhadap calon pemimpin adalah melihat visi misi yang mereka bawakan.

Karenanya, sebagai generasi muda harus memahami betul pandangan yang akan dibawa oleh calon pemimpin dan akan diterapkan ketika terpilih nantinya.

Visi misi dapat dikatakan baik apabila sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan memiliki potensi untuk direalisasikan dengan baik. Sehingga, pastikan telah mengecek visi misi sebelum memilih agar mengetahui ke mana arah-gerak yang dirumuskan oleh calon pemimpin tersebut.

Akhirnya, dalam menghadapi Pemilu 2024, peran pemuda menjadi penting. Pemuda bukan hanya generasi penerus, tetapi juga kekuatan yang dapat membawa perubahan positif dalam sistem politik kita.

Dengan memberikan kecerdasan peran politik yang memadai, tentu kita bisa ikut menciptakan platform partisipasi, dan memastikan bahwa suara pemuda tidak hanya didengar,  tetapi juga dihargai.
Pemuda memiliki energi, semangat, dan keinginan untuk membangun masa depan yang lebih baik.

Melibatkan Pemuda dalam proses demokrasi bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab setiap warga negara yang peduli terhadap masa depan bangsanya.

Dengan mengambil langkah-langkah konkret, peran pemuda dapat menciptakan lingkungan politik yang inklusif dan dinamis, di mana setiap suara Pemuda- termasuk suara pemuda, memiliki dampak nyata.

* Penulis adalah Mahasiswa PAI Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.













Tag : pemilu, bojonegoro, pemuda, UNUGIRI Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat