15:00 . Anggota Panwaslu Tingkat Kecamatan di Bojonegoro Resmi Dilantik   |   14:00 . Sah! Sukirno Nakhodai Elang Bengawan Rescue Bojonegoro Masa Bhakti 2024-2026   |   13:00 . Matsagabo Gelar Haflah Akhirussanah dan Wisuda Purna Siswa ke-29   |   08:00 . Pilkada Bojonegoro 2024: Gerindra Jatim Tunjuk Sahudi sebagai Wakil Anna Muawanah   |   16:00 . Hendak Jumatan, Seorang Jamaah Haji Asal Bojonegoro Wafat di Masjidil Haram   |   09:00 . WR III Unugiri Tekankan Hal Ini Saat Acara Pekan Prestasi Mahasiswa   |   20:00 . Maju Pilbub Bojonegoro 2024, Segini Dana yang Perlu Disiapkan   |   19:00 . EMCL dan GP Ansor Sinergi Bangun Infrastruktur Desa   |   18:00 . Silon Dibuka Kembali, Bapaslon Nurul-Nafik Yakin Berkas Dukungan Melebihi Persyaratan   |   17:00 . Dua Putri Unugiri Juara 1 Lomba Puisi Tingkat Nasional   |   12:00 . Pertumbuhan Kredit 2024 Diproyeksikan Mencapai Batas Atas 10 Sampai 12%   |   11:00 . MI Islamiyah Kepoh Gelar PERBUMIS   |   10:00 . Tingkatkan Kualitas SDM Bidang Pariwisata, Pemkab Bojonegoro Gelar Uji Kompetensi Tour Management   |   09:00 . Inilah Ketentuan Iuran Sistem KRIS Pengganti Kelas BPJS Kesehatan 2024   |   08:00 . Legalitas NIB Hingga Sertifikasi Halal Permudah UMKM Lebarkan Sayap   |  
Mon, 27 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dua Atap Ruang Kelas SDN di Bojonegoro Ambruk

blokbojonegoro.com | Wednesday, 03 January 2024 21:00

Dua Atap Ruang Kelas SDN di Bojonegoro Ambruk

Kondisi ruang kelas di SDN Ngadiluwih 1 yang porak poranda yang lapuk dimakan usia (Foto : Rizki Nur Diansyah)

Reporter : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Dua atap kelas Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Desa Ngadiluwih, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro ambruk atau rusak, Rabu (03/01/2024) pagi.

Pantauan di lokasi kejadian, terlihat puing-puing kayu, plafon hingga genting dari robohnya atap kelas itu masih dibiarkan berserakan. Selain itu, pada kusen dan pintu nampak rapuh dimakan rayap.

Bangunan atap yang ambruk, yakni ruang kelas 6 itu terjadi lantaran sudah rapuh termakan usia. Padahal sebelumnya pernah dilakukan renovasi pada tahun 2014 silam.

Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa itu, Akibat ambruknya atap kelas itu aktivitas belajar mengajar terganggu.

Salah satu guru kelas, Ro'aini mengungkapkan, peristiwa ambruknya atap kelas itu baru diketahui saat pagi hari, sekira pukul 06.00 WIB saat Ia bersama guru yang lain baru datang ke sekolah.

Menurutnya ada dua ruangan kelas yang mengalami rusak yakni ruang kelas 5 dan kelas 6. Karena kondisinya yang menghawatirkan dua ruangan kelas itu akhirnya tidak fungsikan untuk proses belajar mengajar sejak 15 Desember 2023 lalu.

"Kelas ini (atapnya ambruk) sudah tidak gunakan sejak 15 Desember yang lalu,” ungkap Ro'aini.

Saat ini, para siswa yang ruang kelasnya terdampak, dipindahkan di ruang kelas yang masih layak. Menurut Ro'aini, untuk kelas 6 dipindahkan di ruang kelas 1, sedangkan kelas 5 di ruangan kelas 2.

“Dua kelas masing-masing itu, dipisah dengan cara disekat (di satu ruangan),” paparnya.

Ambruknya atap ruangan kelas itu, lanjut Ro'aini, sebelumnya sudah dilaporkan dan diajukan untuk perbaikan atau renovasi kepada Dinas Pendidikan. Namun, sampai kini belum ada tindak lanjut hingga atap ruangan kelas itu ambruk.

"Bangunan ini teraktir baru direnovasi tahun 2014 yang lalu. Namun, kondisinya sudah rapuh kusen-kusennya sudah rusak, sementara bangunan yang lain itu direnovasi 2012 yang lalu,” terangnya.

Selanjutnya, pihak sekolah memasang tali pembatas di sekitar lokasi kelas yang ambruk, agar para siswa tidak mendekati atau bermain di sekitar lokasi bangunan yang rusak.

"Kami berharap agar segera dilakukan renovasi atau perbaikan pada ruangan kelas yang rusak ini, agar para siswa dapat belajar dengan tenang. Dan kami tidak kehilangan kepercayaan dari orang tua murid untuk menyekolahkan anaknya di sini,” pungkasnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bojonegoro, Zamroni mengatakan, dari hasil asesmen pihak ketiga pada tahun 2022 terdapat sebanyak 227 bangunan sekolah SD mengalami kerusakan sedang dan berat. Kemudian pada tahun 2023 Disdik Bojonegoro melakukan rehab untuk 147 gedung. Sehingga tersisa 80 bangunan rusak yang belum rehab.

Jumlah sekolah rusak tersebut, belum termasuk SDN Ngadiluwih, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, yang ambruk pada Rabu (3/1/2024) pagi tadi. "Lantaran baru dilaporkan pada bulan Desember 2023 lalu," tuturnya. [riz/ito]

Tag : Sekolah, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat