18:00 . Pakar Stikosa AWS: Gen Z dalam Pilkada 2024 Jangan hanya Dijadikan Obyek!   |   10:00 . Pamit Berjemur di Depan Rumah, Pria di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Irigasi   |   09:00 . Polsek Kapas Sita Belasan Liter Miras saat Razia   |   08:00 . Klinik Aswaja, dari Forum Konsultasi Mahasiswa Unugiri Hingga 'Nguri-Nguri' Ngaji   |   21:00 . Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   20:00 . Rugby UNUGIRI Bojonegoro Raih Juara 3 Kejurnas Mahasiswa di Surabaya   |   19:00 . Lomba Mewarnai, Ramaikan Harlah YPSPP Ulul Albab Plesungan   |   18:00 . Presiden Jokowi Teken PP Nomor 21 Tahun 2024 tentang Tapera   |   17:00 . Berantas Rokok Ilegal, Satpol-PP Jatim Sosialisasi di Bojonegoro   |   14:00 . Selama Penyidikan, Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   10:00 . KPU Bojonegoro Lantik 1.290 PPS untuk Pilkada 2024   |   09:00 . Sebuah Pesan untuk Guru dan Siswa   |   08:00 . Jamaah Haji Meninggal di Masjidil Haram, Kemenag Bojonegoro Kunjungi Rumah Duka   |   07:00 . Kenakan Pakaian Adat, MIN 1 Bojonegoro Lepas 159 Siswa   |   20:00 . Gali Potensi Istimewa Mahasiswa, BEM KM UNUGIRI Adakan Kajian Filsafat   |  
Thu, 30 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

LKMM TD IKIP PGRI Bojonegoro Siapkan Mahasiswa Ulet dan Fleksibel Hadapi Persaingan Global

blokbojonegoro.com | Wednesday, 03 January 2024 13:00

LKMM TD IKIP PGRI Bojonegoro Siapkan Mahasiswa Ulet dan Fleksibel Hadapi Persaingan Global

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Era globalisasi di abad 21 ini yang juga dikenal sebagai era persaingan dan persandingan antar bangsa sebagai konsekuensi logis dari perkembangan teknologi di berbagai bidang kehidupan. Sehingga menuntut Mahasiswa untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat yang tangguh, ulet, lincah, fleksibel dan adaptif terhadap perubahan yang cepat dan terus berlangsung.

Mahasiswa harus ditujukan untuk menjadi manusia seutuhnya dan menguasai keterampilan abad 21. Manusia Indonesia yang memiliki penguasaan ilmu pengetahuan yang mumpuni, berkarakter dan berakhlak mulia, cinta tanah air dan berwawasan global.

"Memiliki keterampilan berpikir kritis (critical thinking), berpikir kreatif (creative thinking), berkolaborasi (collaboration). Serta kemampuan berkomunikasi yang handal (communication skill),melek digital (digitally literate), dan humanis atau menyayangi sesama (compassion), " ungkap Taufiq Hidayat, selaku Wakil Rektor 3 IKIP PGRI Bojonegoro.

Artinya, Taufiq menambahkan, Perguruan Tingggi harus mampu menyiapkan lulusan yang memiliki hard skill dan soft skill yang handal, untuk siap menjalani profesi sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuninya dan untuk meraih keberhasilan dalam kehidupannya.

"Menyiapkan manusia yang memiliki kemampuan yang tergambarkan di atas. Maka selama Mahasiswa menempuh pendidikan harus menjalani kegiatan yang kita kenal sebagai kegiatan pembelajaran yang bersifat kurikuler, dan ko-kurikuler serta mengikuti kegiatan kemahasiswaan (ekstra kurikuler)," ujarnya.

Beragam kegiatan kemahasiswaan (ekstra kurikuler) yang dilakukan di Perguruan Tinggi, antara lain berupa pengembangan minat, bakat dan organisasi kemahasiswaan yang salah satu bentuk kegiatannya adalah pelatihan kemampuan manajerial Mahasiswa. Atau biasa dikenal dengan sebutan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM).

"Saat ini terdapat empat jenjang LKMM, yaitu LKMM pra dasar, dasar, menengah dan lanjut. LKMM pra dasar berdurasi 21 Jam untuk membekali Mahasiswa baru dengan keterampilan dasar dalam berkomunikasi, mengenal potensi diri, dan mengembangkan sikap kritis," beber Wakil Rektor 3 IKIP PGRI Bojonegoro itu. [liz/lis]

 

 

Tag : pendidikan, ikip, pgri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat