22:00 . Pj Gubernur Jatim: Terimakasih Telah Mengawal Pesta Demokrasi Berjalan Baik   |   15:00 . Peringati HUT ke 17, Ademos Gelar Halal Bi Halal Bersama Mensesneg RI   |   23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |  
Mon, 29 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Optimalkan Layanan Primer, Dinkes Tingkatkan Kompetensi Kader Posyandu

blokbojonegoro.com | Sunday, 19 November 2023 20:00

Optimalkan Layanan Primer, Dinkes Tingkatkan Kompetensi Kader Posyandu

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Adanya Pos Layanan Terpadu (Posyandu) sebagai upaya pemerintah untuk mempermudah masyarakat memperoleh layanan kesehatan. Sehingga Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro meningkatkan kompetensi kader Posyandu sebagai petugas layanan primer agar semakin optimal.

Hal itu ditunjukan dengan diadakannya Workshop pengelolaan posyandu dan kunjungan rumah bagi kader Posyandu, di salah satu hotel di Bojonegoro, yang mulai Selasa (14/11/2023) sampai 21 Nopember 2023. Setidaknya ada 175 kader posyandu perwakilan 35 Puskesmas di 28 Kecamatan. Masing-masing Puskesmas mengirimkan 5 kader dari desa terpilih sebagai percontohan implementasi Integrasi Layanan Primer (ILP). Para peserta terbagi dalam 5 angkatan, masing-masing angkatan sejumlah 35 kader dari 7 Puskesmas.

Kepala Dinkes Kabupaten Bojonegoro, Any Pujiningrum mengungkapkan, tansformasi layanan primer bertujuan untuk mendekatkan upaya promotif preventif kepada masyarakat. Salah satu pilar transformasi kesehatan yang difokuskan pada pemenuhan kebutuhan kesehatan berdasarkan siklus hidup yang mudah diakses dan terjangkau sampai pada tingkat masyarakat, keluarga dan individu.

"Dimana penerapan pelayanan kesehatan primer diselenggarakan secara terintegrasi di Puskesmas, jejaring dan jaringan pelayanan kesehatan primer untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan di setiap fase kehidupan," ungkapnya.

Sehingga untuk mendukung transformasi pelayanan kesehatan di posyandu, lanjut Bu Any, Dinas Kesehatan menyelenggarakan pembinaan teknis kompetensi dasar kader untuk kader posyandu berjumlah 25 kompetensi yang terbagi sesuai dengan siklus hidup. Mulai ibu hamil, nifas dan menyusui bayi dan balita, usia sekolah dan remaja usia produktif dan lanjut usia. Serta kompetensi pengelolaan Posyandu secara bertahap.

"Agar para kader dapat meningkatkan kompetensi dalam melakukan kegiatan posyandu dan evaluasi kunjungan rumah wilayah binaan. Serta meningkatkan pemahaman kader dalam melaksanakan peran dan tugasnya dengan Bahan Bacaan Kader Posyandu," harapnya.

Sekaligus diharapkan seluruh kader mampu meningkatkan pemahaman dan kesepakatan dalam pengelolaan PMT Lokal. Sehingga mensosialisasikan kebijakan integrasi transformasi layanan prima keterampilan dasar kader.

"Sebagai implementasi persiapan pelaksanaan Integrasi Layanan Primer, peran Posyandu perlu didukung dengan kader yang mempunyai berbagai jenis keahlian," imbuhnya.

Sementara itu PJ Bupati Bojonegoro, Adriyanto menjelaskan, Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan, bersumber daya masyarakat yang menjadi milik masyarakat dan menyatu dalam kehidupan dan budaya masyarakat. Posyandu juga berfungsi sebagai wadah pemberdayaan masyarakat dalam alih informasi dan keterampilan dari petugas kepada masyarakat, dan antar sesama masyarakat serta mendekatkan pelayanan kesehatan dasar, terutama berkaitan dengan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan prevalensi Stunting.

"Untuk itu peningkatan kapasitas Posyandu pada skala desa/kelurahan akan mendukung percepatan pengembangan Desa dan Kelurahan Siaga Aktif, yang merupakan salah satu target kinerja yang ingin dicapai dalam proses pemberdayaan masyarakat untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat," terangnya.

Ditambahkan, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Kesehatan menyelenggarakan Workshop ini, sebagai upaya peningkatan keterampilan kader untuk mewujudkan posyandu yang mampu menyediakan layanan seluruh siklus kehidupan. "Kader diharapkan mempunyai 25 keterampilan dasar bidang kesehatan untuk memberikan pelayanan bagi ibu, Balita, remaja, usia produktif dan Lansia," paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pak Adriyanto juga mengajak agar ikut mensukseskan transformasi kesehatan melalui integrasi layanan primer dengan mendukung pelaksanaan Posyandu seluruh siklus hidup. "Mari wujudkan masyarakat Bojonegoro agar produktif, energik, dan dapat berperan aktif dalam pembangunan," tandasnya.

Tampak dalam kegiatan workshop yang diikuti 175 kader Posyandu dilaksanakan tanggal 14 sampai 21 Nopember 2023 terbagi menjadi 5 angkatan, masing-masing angkatan mengikuti selama 3 hari. Hadir sebagai narasumber Pj. Bupati Bojonegoro, Bapak Adriyanto, Ketua Pokja IV - TP PKK Kabupaten Bojonegoro, Ibu Emy Setiowati, SST, S.Tr.Keb. M.M dan fasilitator Workshop dari Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Bojonegoro. [zid/lis]

 

Tag : dinkes, bojonegoro, posyandu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat