12:00 . Jemaah Haji Bojonegoro Berangkat ke Tanah Suci   |   10:00 . 5 Pemuda Pelopor Bojonegoro Ikuti Seleksi Tingkat Provinsi Jatim   |   08:00 . Berangkatkan Kloter Awal CJH Bojonegoro, Pj Bupati : Jaga Kesehatan   |   16:00 . 1.544 Koper CJH Bojonegoro Diberangkatkan ke Surabaya   |   13:00 . Pertamina EP Cepu Produksi Gas 207.84 MMSCFD dari 3 Lapangan di Bojonegoro   |   08:00 . Dibonceng, Balita Meninggal Usai Tabrak Truk Parkir di Pinggir Jalan Raya Balen   |   20:00 . Kisah Pemuda Bojonegoro Terima Beasiswa LPDP Double Degree di Malaysia   |   19:00 . Kecewanya Warga Tak Jadi Dapat Listrik Gratis, Begini Penjelasan Pemdes   |   18:00 . Bantai PSIW 5-0, Persibo Melenggang Ke 32 Besar Liga 3 Nasional   |   16:00 . Bukan Masalah Asmara, Ini Motif Pelaku Pembacokan di Kamar Hotel Bojonegoro   |   14:00 . Ibu Dua Anak Diduga Pelaku Pembacokan Tertangkap di Grobogan Jateng   |   10:00 . Horeee....! PNS Pemkab Bojonegoro Bisa Lanjut Kuliah S2 dan S3 Gratis   |   09:00 . Korupsi Uang Pembangunan Jalan, Empat Kades di Bojonegoro Ditetapkan Tersangka   |   17:00 . Kesaksian Resepsionis Hotel saat Kejadian Pembacokan   |   16:00 . Pimpin Upacara Pembukaan TMMD, PJ Bupati Apresiasi Pelaksanaan Program   |  
Sat, 11 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PPL UNUGIRI Bojonegoro Kelompok VI Gelar Istighotsah dan Parenting

blokbojonegoro.com | Thursday, 12 October 2023 12:00

PPL UNUGIRI Bojonegoro Kelompok VI Gelar Istighotsah dan Parenting

Pengirim: LPM Spektrum UNUGIRI Bojonegoro 

blokBojonegoro.com - Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro kelompok VI menyelenggarakan istighotsah dan parenting di RA Cenderawasih, Desa Kalianyar, Kecamatan Kapas, Kamis (12/10/2023).

Kegiatan ini diikuti mahasiswa PPL dan Bunda Wali Murid RA Cenderawasih. Hadir dalam kesempatan itu Rektor UNUGIRI Bojonegoro, K. M Jauharul Ma'arif, M. Pd.I secara online, Pengawas Badan Pelaksana Penyelenggaraan Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (BP3MNU) AL Huda Kalianyar K. M Mukhtar, Ketua BP3MNU AL Huda Kalianyar K. M Sholeh Muhsin, Kepala RA Cenderawasih Siti Mahfudhoh, S.Ag., Kepala MI Al Huda, Drs. HM. Zaeni, dan Dosen Pendamping Lapangan Ahmad Farid Usman M.Pd.

Rektor UNUGIRI Bojonegoro, K. M Jauharul Ma'arif, M. Pd.I dalam kesempatan sambutan menyampaikan pentingnya peranan orang tua dalam mengawasi anaknya ketika menggunakan gadget.

"Ponsel mempunyai dampak positif dan negatif bagi anak. Namun apabila berlebihan pastinya membawa dampak buruk. Mulai dari kesehatan karena radiasi, psikologi juga terganggu karena kecanduan, sampai pada kurangnya interaksi sosial dengan orang-orang di sekitar. Oleh sebab itu, peran orang tua sangat penting untuk memberikan perhatian kepada anak," ulas Rektor.

Sementara itu, Pengawas BP3MNU AL Huda Kalianyar, K. M Mukhtar menegaskan tentang dampak buruk penggunaan gadget yang berlebihan pada anak. Salah satunya dari HP dapat memengaruhi tingkah laku anak dari apa yang ditonton, menjadi seperti tuntunan sehingga perilaku anak sama seperti apa yang ditonton.

"Orangtua wajib betul-betul mengawasi anaknya saat menggunakan HP. Jangan sampai apa yang ditonton dapat merusak akidah dan akhlak anak-anak kita," ungkapnya.

Pemateri kegiatan parenting, Parto Sasmito M.Pd menyampaikan tentang pengaruh gadget terhadap pola asuh dan perkembangan anak. Penggunaan gadget yang berlebihan akan membawa dampak buruk bagi perkembangan sosial dan emosional anak.

"Dampak buruk penggunaan gadget pada anak antara lain anak menjadi pribadi tertutup, gangguan tidur, suka menyendiri, perilaku kekerasan, pudarnya kreativitas, dan ancaman cyberbullying," ulas pria yang juga Pemimpin Redaksi blokBojonegoro.com itu.

Menurutnya, kontrol orangtua diperlukan dalam memberikan gadget kepada anak, seperti membatasi penggunaan anak dalam waktu tertentu. Memilih kualitas daripada kuantitas dalam hal konten mencari aplikasi dan situs web yang mendidik atau memperkaya daripada hanya membiarkan anak-anak Anda menelusuri media sosial atau bermain game tanpa berpikir.

"Mencontohkan perilaku sehat yakni simpan ponsel saat menghabiskan waktu bersama anak-anak Anda dan beri mereka perhatian penuh. Selain itu, Terlibat dalam aktivitas online anak dengan mengetahui apa yang mereka lakukan, siapa, dan apa yang mereka bicarakan," pungkasnya.

Usai penyampaian materi parenting, kegiatan dilanjutkan dengan Istighotsah yang dipimpin oleh Ketua BP3MNU AL Huda K. M Sholeh Muhsin. [ito]

Tag : UNUGIRI Bojonegoro, Pengawas Badan Pelaksana Penyelenggaraan Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (BP3MNU) , Bojonegoro, parenting, pengaruh gadget terhadap pola asuh dan perkembangan anak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat