21:00 . Tanggapi Isu Nurul Azizah Akan “Dikuningkan”, Mitroatin: Kami Terbuka   |   18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687 Ton Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PPL UNUGIRI Bojonegoro Kelompok VI Gelar Istighotsah dan Parenting

blokbojonegoro.com | Thursday, 12 October 2023 12:00

PPL UNUGIRI Bojonegoro Kelompok VI Gelar Istighotsah dan Parenting

Pengirim: LPM Spektrum UNUGIRI Bojonegoro 

blokBojonegoro.com - Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro kelompok VI menyelenggarakan istighotsah dan parenting di RA Cenderawasih, Desa Kalianyar, Kecamatan Kapas, Kamis (12/10/2023).

Kegiatan ini diikuti mahasiswa PPL dan Bunda Wali Murid RA Cenderawasih. Hadir dalam kesempatan itu Rektor UNUGIRI Bojonegoro, K. M Jauharul Ma'arif, M. Pd.I secara online, Pengawas Badan Pelaksana Penyelenggaraan Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (BP3MNU) AL Huda Kalianyar K. M Mukhtar, Ketua BP3MNU AL Huda Kalianyar K. M Sholeh Muhsin, Kepala RA Cenderawasih Siti Mahfudhoh, S.Ag., Kepala MI Al Huda, Drs. HM. Zaeni, dan Dosen Pendamping Lapangan Ahmad Farid Usman M.Pd.

Rektor UNUGIRI Bojonegoro, K. M Jauharul Ma'arif, M. Pd.I dalam kesempatan sambutan menyampaikan pentingnya peranan orang tua dalam mengawasi anaknya ketika menggunakan gadget.

"Ponsel mempunyai dampak positif dan negatif bagi anak. Namun apabila berlebihan pastinya membawa dampak buruk. Mulai dari kesehatan karena radiasi, psikologi juga terganggu karena kecanduan, sampai pada kurangnya interaksi sosial dengan orang-orang di sekitar. Oleh sebab itu, peran orang tua sangat penting untuk memberikan perhatian kepada anak," ulas Rektor.

Sementara itu, Pengawas BP3MNU AL Huda Kalianyar, K. M Mukhtar menegaskan tentang dampak buruk penggunaan gadget yang berlebihan pada anak. Salah satunya dari HP dapat memengaruhi tingkah laku anak dari apa yang ditonton, menjadi seperti tuntunan sehingga perilaku anak sama seperti apa yang ditonton.

"Orangtua wajib betul-betul mengawasi anaknya saat menggunakan HP. Jangan sampai apa yang ditonton dapat merusak akidah dan akhlak anak-anak kita," ungkapnya.

Pemateri kegiatan parenting, Parto Sasmito M.Pd menyampaikan tentang pengaruh gadget terhadap pola asuh dan perkembangan anak. Penggunaan gadget yang berlebihan akan membawa dampak buruk bagi perkembangan sosial dan emosional anak.

"Dampak buruk penggunaan gadget pada anak antara lain anak menjadi pribadi tertutup, gangguan tidur, suka menyendiri, perilaku kekerasan, pudarnya kreativitas, dan ancaman cyberbullying," ulas pria yang juga Pemimpin Redaksi blokBojonegoro.com itu.

Menurutnya, kontrol orangtua diperlukan dalam memberikan gadget kepada anak, seperti membatasi penggunaan anak dalam waktu tertentu. Memilih kualitas daripada kuantitas dalam hal konten mencari aplikasi dan situs web yang mendidik atau memperkaya daripada hanya membiarkan anak-anak Anda menelusuri media sosial atau bermain game tanpa berpikir.

"Mencontohkan perilaku sehat yakni simpan ponsel saat menghabiskan waktu bersama anak-anak Anda dan beri mereka perhatian penuh. Selain itu, Terlibat dalam aktivitas online anak dengan mengetahui apa yang mereka lakukan, siapa, dan apa yang mereka bicarakan," pungkasnya.

Usai penyampaian materi parenting, kegiatan dilanjutkan dengan Istighotsah yang dipimpin oleh Ketua BP3MNU AL Huda K. M Sholeh Muhsin. [ito]

Tag : UNUGIRI Bojonegoro, Pengawas Badan Pelaksana Penyelenggaraan Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (BP3MNU) , Bojonegoro, parenting, pengaruh gadget terhadap pola asuh dan perkembangan anak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat