13:00 . Si Jago Merah Amuk Warung Sate di Bojonegoro, Bangunan dan Motor Ludes Terbakar   |   12:00 . Larang Takbir Keliling, Polres Bojonegoro Imbau Warga Lakukan Takbiran di Masjid   |   10:00 . Jelang Idul Adha, Polisi di Bojonegoro Kebanjiran Order Kambing Kurban   |   20:00 . Tradisi Ritual Ijuk Nganten di Sraturejo Tetap Lestari hingga Kini   |   18:00 . M. Sholikhuddin Zuhdi Terpilih Secara Aklamasi Nahkodai BPC HIPMI Bojonegoro Periode 2024-2027   |   11:00 . Hari Terakhir PPDB, MAN 1 Bojonegoro Penuhi Kuota Rombel   |   15:00 . Wamenag: Jemaah Jaga Kesehatan Saat Puncak Haji   |   12:00 . Gua Hira, Cahaya Firman Berpendar ke Semesta   |   11:00 . Tiga Srikandi Amirul Hajj, NU, Muhammadiyah dan Kemenag   |   09:00 . Pengusaha Muda Nasional Deklarasikan Diri Maju Calon Ketua BPC HIPMI Bojonegoro   |   22:00 . Sekolah Tertua di Sukosewu Sukses Gelar Wisuda Purnasiswa   |   21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |  
Sun, 16 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Luki Yayan Rohman: Kreativitas Anak Berbeda-beda, Tugas Orang Tua Memberi Kesempatan

blokbojonegoro.com | Sunday, 08 October 2023 20:00

Luki Yayan Rohman: Kreativitas Anak Berbeda-beda, Tugas Orang Tua Memberi Kesempatan

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Setiap anak punya tingkat kreativitas masing-masing. Tak sedikit orang tua pun menginginkan anaknya mengembangkan kreativitas melalui penyaluran bakat yang dikontrol khusus.

Kendati begitu, tak selamanya orang tua bisa mengontrol penuh potensi anak. Sebab, anak memiliki kreativitas yang berbeda pula. Hal itu disampaikan Luki Yayan Rohman ditengah acara lomba mewarnai yang digelar oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Bojonegoro di Go Fun, Sabtu (7/10/2023) malam.

"Perbedaan (kreativitas) memberikan ruang buat mereka. Setiap anak punya imajinasi sendiri sendiri, biar mereka bisa semuanya berkreasi harus memberikan kesempatan mulai dari kecil, kita biasakan untuk mengeluarkan pendapat. Baik melalui warna, melalui sikap, semuanya," tutur Luki Yayan Rohman kepada blokBojonegoro.com di sela acara.

Dari segi warna, sambungnya, sudah bisa memberi ruang gerak, memberikan sarana, media untuk menyampaikan pendapat, apa yang ada di pikiran sang anak.

Sementara anak-anak yang sudah menginjak bangku Sekolah Dasar, sudah harus mandiri dan tak perlu ditemani orang tua. Sebab, secara pribadi lebih mandiri dibanding yang kecil.

"Sedangkan anak PAUD masih memperkenalkan, melatih keberanian untuk bisa berkompetisi, jadi ditemani bundanya," lanjutnya.

Maka dari itu, ibu tak selalu bisa dominan memaksakan kehendak. Namun lebih meluangkan kreativitas, baru kemudian ibunya yang menyempurnakan.

"Temanya kan Cinta Tanah Air, ide dasar Hari Kesaksian Pancasila 1 Oktober. Karena tema awal adalah cinta tanah air, kita memberikan pengenalan kepada anak-anak sejak dini rasa nasionalisme mereka kepada bangsa kita," lengkapnya pada acara lomba mewarnai tingkat PAUD hingga SD itu.

Dengan nemberikan ruang agar bisa berkreasi serta berinovasi, anak mempunyai ide dan pemikiran yang dituangkan melalui media mewarna. Demikian pula yang dirasakan oleh salah satu orang tua peserta dari Sumberrejo.

"Kebetulan ini ada acara lomba melukis, anak saya tertarik karena emang sesuai dengan hobinya. Jadi harapan saya sebagai orang tua, nanti ini akan rutin diadakan supaya menambah semangat juga untuk anak-anak biar lebih giat lagi untuk belajar dan mempunyai jiwa kompetisi," kata Yudhi yang membawa Rafa (5) mengikuti lomba mewarnai. [feb/lis]

 

Tag : Parenting, anak, GOW



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat