17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul5   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687┬áTon Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Lulusan SMK Terserap Kerja Capai 70 Persen

blokbojonegoro.com | Tuesday, 31 October 2023 18:00

Lulusan SMK Terserap Kerja Capai 70 Persen

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Cabang Dinas Pendidikan wilayah Bojonegoro-Tuban mengklaim bahwa 70 persen lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Bojonegoro mampu terserap lapangan kerja.

Diketahui, jumlah SMK Negeri se-Kabupaten Bojonegoro mencapai 19 sekolah, sedangkan swasta sebanyak 42. Dengan demikian 61 SMK se-Bojonegoro dan tiap tahunnya menghasilkan lulusan rata-rata 22.300. 

Jurusan di SMK di Bojonegoro didominasi bidang ekonomi, otomotif, tata boga serta jasa perhotelan serta Migas.

"Sisanya kadang ada yang masih menunggu, ada yang menganggur," ungkap Kasi SMK, Agung Prijono. 

Sementara itu, sisanya sebanyak 30 persen dari siswa SMKN di Bojonegoro memilih untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta. 

Siswa yang lolos tersebut melalui berbagai jalur perguruan tinggi. Misalnya melalui jalur bidik misi, SNBP hingga jalur-jalur Perguruan Tinggi lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia. 

"Ada 19 lembaga SMKN di Bojonegoro yang siswanya lolos PTN SNBP dan totalnya sekitar 117 siswa," ujarnya. 

Terpisah, Kepala SMKN 1 Bojonegoro, Roedi Agus Setiyoono menambahkan presentase siswa SMK yang memilih bekerja di perusahaan yaitu sebanyak 47,69 persen. Presentase ini menurun karena pandemi Covid-19, dan setelah pandemi baru mengalami kenaikan. 

"Setelah ini kami akan segara mengadakan Job fair dan bekerjasama dengan Disnaker. Dengan harapan para alumni ini juga bisa mengisi ruang-ruang kekosongan padat karya di Bojonegoro," sambung Mantan Kepala SMKN Purwosari. 

Sementara itu, dari banyaknya siswa SMK yang memilih bekerja tersebut. Rata-rata dari mereka diterima di PT. Pungkook, PT Bina Busana Semarang, Solaria resto jakarta, Alfamidi Pasuruan, Sirkel Yogyakarta, Morgan Yogyakarta, Indomarco.

Hingga BMI, Alfaria Trijaya, Ungaran Sari Garmen, Pakuan Mall, PT. Shou Fong Lastindo, PT PJSP BOJONEGORO dan Sahabat Sakinah Surabaya. 

"Untuk siswa yang memilih lanjut studi sebanyak 5.62 persen dan mengalami kenaikan. Mayoritas diterima di Unesa, UPN Veteran Jawa Timur hingga Politeknik. Lewat jalur UTBK maupun SNBP," tutupnya. [liz/lis]

 

Tag : Sekolah, anak, SMK, pendidikan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat