18:00 . Kaesang Harap Milenial di Bojonegoro Merapat ke Setyo Wahono   |   09:00 . Gandeng KEPPK Nasional Kemenkes RI, LPPM STIKes Rajekwesi Bojonegoro Gelar EDL dan SIM EPK   |   08:00 . Lebih 100 Peserta Sudah Daftarkan Diri Ikut Jatim Media Summit 2024   |   06:00 . Sekjen PBNU: Jangan Pilih Calon yang Intervensi NU   |   21:00 . Tanggapi Isu Nurul Azizah Akan “Dikuningkan”, Mitroatin: Kami Terbuka   |   18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687 Ton Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Thu, 25 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dokter Jelaskan Gejala Kanker Serviks dan Pencegahannya Bagi Wanita

blokbojonegoro.com | Thursday, 11 January 2024 12:00

Dokter Jelaskan Gejala Kanker Serviks dan Pencegahannya Bagi Wanita

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Kanker leher rahim sering dikenal sebagai penyakit ganas. Tentunya kanker leher rahim ini menjadi hal yang menakutkan bagi wanita. Meski merupakan penyakit yang ganas, kanker leher rahim masih bisa diatasi dan dicegah.

dr. Rusdamayanti, Sp.PA selaku dokter spesialis patologi anatomi di RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro, menjelaskan pentingnya peran patologi anatomi dalam deteksi kanker serviks. Serviks berada di bagian leher rahim yang ada di bawah dan berdekatan dengan vagina. Penyebab kanker servick terbesar adalah hampir 95 persen virus HPV (human papillomavirus).

"Virus itu bisa dideteksi melalui beberapa pemeriksaan. Selain IVA, juga ada pap smear, gejalanya bisa dilihat maka dianjurkan untuk pemeriksaan satu tahun sekali,” terang Rusdamayanti, Sp.PA.

Gejala kanker serviks sendiri, diantaranya vagina mengeluarkan keputihan. Lalu mengeluarkan darah setelah berhubungan suami istri, berat badan turun drastis hingga menimbulkan bau dan tercium dari jarak tertentu.

Jika terdeteksi, pihaknya menganjurkan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan terlebih dahulu. Karena dokter kandungan akan memeriksa dan memutuskan pasien tersebut cukup di-pap smear, atau ada tindakan lain seperti biopsi.

"Jadi tidak harus di ruang operasi. Jika di poli saja bisa kemudian hasilnya akan diperiksa di laboratorium patologi dan anatomi,” ujarnya.

Lebih lanjut, dr. Rusdamayanti menjelaskan, kanker serviks ini disebabkan karena virus. Maka pencegahannya juga bisa lakukan yakni dengan pencegahan primer dengan vaksinasi. Saat ini sudah ada program nasional untuk anak-anak perempuan mulai usia 9-14 tahun yang diberikan secara gratis.

"Kemudian untuk umum bisa datang ke puskesmas atau dokter yang menyediakan layanan," imbuhnya. [liz/ito]

Tag : Kanker, poli, RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat