20:00 . Persibo Bojonegoro Taklukan QDR Makassar 2-0 di Laga Perdana   |   16:00 . Pj Bupati Bojonegoro Luncurkan Layanan Primer (ILP) dan Lansia Sembada   |   14:00 . Terlanjur Hamil, Remaja di Bojonegoro Terpaksa Ajukan Diska.   |   12:00 . Begini Cerita Mahasiswa Unigoro Olah Pisang Ulin Lolos Pemuda Pelopor   |   11:00 . Proyek Trotoar Rp23,4 M Segera Dilelang   |   09:00 . Teka-Teki Perpanjang Jabatan Kades Belum Bisa Dipastikan   |   07:00 . Tak Puas di Ranjang Berujung Selingkuh Penyebab ASN di Bojonegoro Cerai   |   21:00 . Keseruan Polisi di Bojonegoro Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Bakal Bawa 27 Pemain di Liga 3 Nasional 2024   |   19:00 . Laga Perdana Liga 3 Nasional, Persibo Optimis Raih 3 Poin   |   18:00 . Ini 10 Nama Calon Komisioner KPU Bojonegoro, Satu Petahana Gugur   |   16:00 . UNUGIRI Jadi Tuan Rumah Pelantikan dan Rakerwil ITHLA DPW IV, Rektor Turut Sukseskan Acara   |   14:00 . Tak Kunjung Pulang, Mahasiswa di Bojonegoro Diduga Tenggelam di Bengawan Solo   |   13:00 . Pilkada Bojonegoro 2024 Mulai Bergeliat, Ini Enam Sosok yang Dipasarkan   |   22:00 . Pj Gubernur Jatim: Terimakasih Telah Mengawal Pesta Demokrasi Berjalan Baik   |  
Wed, 01 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

TPN Ganjar-Mahfud: Akan Ada Program Pemutihan Utang Petani Gagal Bayar

blokbojonegoro.com | Monday, 15 January 2024 13:00

TPN Ganjar-Mahfud: Akan Ada Program Pemutihan Utang Petani Gagal Bayar

 Reporter : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Calon Presiden dan Wakil Presiden, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan generasi merdeka berdialog dengan ratusan petani di Desa Glagahwangi, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro, Minggu (14/1/2024).

Deputi Inklusi TPN Ganjar-Mahfud Jaleswari Pramodhawardhani mengatakan, banyak persoalan tahunan yang belum terselesaikan. Beberapa permasalahan yang dihadapi petani seperti kelangkaan dan mahalnya harga pupuk, serta distribusi penyaluran irigasi yang belum merata. Termasuk, gagal panen akibat perubahan iklim membuat ekonomi petani anjlok.

"Petani akhirnya memilih jalan pintas dengan cara berutang. Dari utang itu sebagian besar tidak menyelesaikan masalah, tapi malah justeru silang sengkarut karena bunganya besar dan lain sebagainya," ungkap Jaleswari.

Menurutnya, memahami betul kondisi petani dan nelayan yang seperti itu, karena persoalan yang disampaikan oleh para petani itu jamak terjadi dan sudah terdengar pada tataran pemerintahan. Untuk itu, pasangan nomor urut 3 sebagai peserta Pilpres 2024 itu jika terpilih akan memutihkan utang petani dan nelayan yang tidak mampu membayar.

"Karena utang-utang itu kalau dikumpulkan secara nasional nilainya untuk petani mencapai lebih dari Rp600 miliar dan untuk nelayan sekitar Rp200 miliar. Inilah makanya Pak Mahfud menyampaikan itu saat bertemu dengan nelayan. Karena banyak petani dan nelayan yang tercekik utang," ujarnya.

Perempuan yang juga menjabat sebagai Deputi V bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pertahanan dan Hak Asasi Manusia di Kantor Staf Presiden (KSP) Republik Indonesia itu menambahkan, penyelesaian persoalan-persoalan petani ini akan menjadi program unggulan.

"Bicara soal pangan ini hidup dan matinya bangsa, karena orang-orang kota bersandar kepada para petani," bebernya.

Selain itu, sektor lain, dalam membuat sebuah kebijakan pemerintah, potensi masyarakat harus mendapat kebijakan afirmasi. Sehingga bisa lebih mengembangkan potensi lokal. Seperti misalnya, dia mencontohkan, soal potensi masyarakat Glagahwangi yang banyak membuat kerajinan anyaman bambu. Namun, sejauh ini belum tersentuh oleh kebijakan pemerintah.

"Keterampilan masyarakat ini juga perlu ada kebijakan afirmasi untuk mengembangkan potensi lokal masing-masing. Seperti di Desa Glagahwangi, masyarakat banyak memproduksi anyaman bambu," pungkasnya.

Proses dialog Tim Pemenangan Nasional Ganjar Mahfud dengan para petani berjalan antusias. Para petani menyampaikan sejumlah permasalahan yang dihadapi selama ini. Seperti yang diungkapkan seorang petani desa setempat, Yanto. Mahalnya pupuk sering terjadi saat dibutuhkan.

"Kalau (pupuk) subsidi biasanya sekitar Rp160 ribu, tapi diluar subsidi bisa tembus Rp300 ribu. Karena petani butuh jadi berapa pun harganya kalau ada (pupuknya) ya dibeli. Ini sangat memberatkan petani," ujar Yanto.

Sebelum berdialog dengan para petani, Relawan Generasi Merdeka juga membagikan sejumlah alat peraga kampanye kepada masyarakat setempat. Termasuk memberikan sosialisasi beberapa program unggulan Ganjar Mahfud. Selain itu, dalam kegiatan yang digelar hari ini ditutup dengan doa bersama menyongsong Indonesia Unggul di Kabupaten Bojonegoro. [riz/lis]

Tag : TPN, ganjar, mahfudz



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat