22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |   13:00 . Mahasiswi PAI Unugiri Jadi Duta Putri Cendekiawan Indonesia Jawa Timur   |   12:00 . Rekom DPP Gerindra Turun ke Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   11:00 . PPP Bojonegoro Segera Beri Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   10:00 . Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau ke 393 Buruh Pabrik Rokok di Bojonegoro   |   09:00 . Pj Adriyanto Tekankan Pentingnya APBD Adaptif   |  
Mon, 22 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kasus Dugaan Pencurian Ayam

Bu Kades: Bukan Sembarang Ayam

blokbojonegoro.com | Friday, 26 January 2024 14:00

Bu Kades: Bukan Sembarang Ayam

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Seorang Kakek di Kabupaten Bojonegoro, SYT (58) harus di sidang di meja hijau, lantaran dipolisikan karena diduga mencuri ayam milik Kepala Desa (Kades) Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Siti Kholifah.

Siti Kholifah mengungkapkan, dirinya melaporkan SYT yang merupakan warga desanya sendiri lantaran, diduga telah mencuri ayam dari guru spiritualnya itu, yang berhasil membuatnya menjadi Kepala Desa Pandantoyo.

“Tanyakan aja kepada para semua orang yang pernah mencalonkan Kades (pasti pernah menggunakan seperti itu),” ungkap Kholifah ditemui di Balai Desa Pandantoyo, Kamis (25/1/2024) siang.

Kholifah menceritakan, posisi ayam yang didapatkan dari guru spiritualnya itu, pada malam hari (9/11/2022) lalu, masih berada di rumah adiknya. Namun, keesokannya (10/11/2022) ayam jantan warna merah hitam itu, sudah tidak ada di kandang.

Kemudian, adik dari Kholifah, Siti Zumarokh mengetahui jika SYT menjual ayam yang serupa ke Pasar Temayang senilai Rp120 ribu. Tetapi, saat SYT ditanya, ia mengaku mendapatkan ayam tersebut hasil pembeliannya di Pasar Dander dengan harga Rp110 ribu.

Disinggung mengenai ciri-ciri yang menguatkan bahwa ayam itu miliknya, Kholifah menjelaskan, ayam tersebut memiliki khas yang tersendiri dan beda dengan ayam umumnya. Baik dari segi, jalu (taji) dan cara berkokoknya.

“Ayamnya ada ciri khasnya sendiri, tidak mudah mendapatkan ayam itu, berkokoknya aja tidak sama dengan ayam lain, bukan sembarang ayam,” tuturnya.

Ayam tersebut, lanjut Kholifah, usai dipergunakan untuk mendapat keberuntungan saat pemilihan kepala desa (Pilkades) pada tahun 2022 lalu. Dan akhirnya, dirinya menang dalam Pilkades tersebut. Untuk harganya, beber Kholifah, sebenarnya tak bisa diukur dengan harga seberapapun.

“Saya mendapatkan (ayam) itu, harus puasa selama 40 hari terlebih dulu. Saya sebenarnya juga tak bisa mengatakan berapa harganya,” pungkasnya.

Perlu diketahui, kakek berusia 58 tahun bernama SYT itu, dituduh telah mencuri ayam jantan milik Kadesnya sendiri. Saat ini, kasus tersebut telah masuk ke meja persidangan, dan terdakwa SYT telah menjalani sidang pertama di Pengadilan Negeri Bojonegoro, pada Rabu (24/1/2024) kemarin. [riz/lis]

 

Tag : hukum, kriminal, kades, kakek



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat