18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |   14:00 . Jalur Bojonegoro-Babat Padat Merayap, Kasat Lantas : Mudik Lokal   |   12:00 . Hari Raya Idul Fitri 1445 H H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro, Jalanan Padat   |   11:00 . Macet di H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro   |   10:00 . FSGI Dukung Pramuka Tak Lagi Wajib di Sekolah, Ini Alasannya   |  
Tue, 16 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

UDD PMI Bojonegoro Kuatkan Kapasitas Koordinator Donor Darah

blokbojonegoro.com | Monday, 19 February 2024 16:00

UDD PMI Bojonegoro Kuatkan Kapasitas Koordinator Donor Darah

Reporter: M Yazid

blokBojonegoro.com - Relawan donor darah berperan penting membantu ketersediaan darah di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bojonegoro. Sehingga UDD PMI Bojonegoro mengadakan pelatihan penguatan kapasitas koordinator donor darah dan standarisasi mobil unit yang dilakukan UDD.

Kegiatan yang diikuti seratusan koordinator donor darah se-Kabupaten Bojonegoro di salah satu hotel di Kota Batu, Sabtu-Minggu (17-18/2/2024). Menghadirkan narasumber kepala UDD PMI Kota Malang, dr. Enny Sekar Rengganingati, MM, untuk menyampaikan kegiatan mobil unit donor darah yang baik dan bener kepada peserta koodinator donor darah PMI Bojonegoro.

Kepala UDD PMI Bojonegoro, dr Imam Sutrisno mengungkapkan, kegiatan ini menjadi agenda rutin UDD PMI Bojonegoro setiap tahun, sebagai upaya menjalin kebersamaan dan meningkatkan kapasitas koordinator donor darah. "Sinkronisasi UDD PMI dengan koordinator donor, guna menambah pengetahuan terkait donor darah di lapangan, agar kualitas darah yang lebih baik lagi," ungkapnya.

Berkat kerjasama selama ini, lanjut dokter Imam, UDD PMI Bojonegoro di tahun 2023 telah mendistribusikan sekitar 30 ribu lebih kantong kepada masyarakat yang membutuhkan. Setidaknya 75 persen darah dicukupi warga Bojonegoro, hal itu berkat dukungan semua pihak dan stakeholder terkait.

"Selain mencukupi darah di sembilan rumah sakit di Bojonegoro, juga didistribusikan ke daerah sekitar," terang Dokter Imam dalam sambutannya.

Sementara itu ketua dewan kehormatan PMI Bojonegoro, Yayan Rahman mengucapkan terimakasih atas support masyarakat selama ini kepada PMI Bojonegoro. Sehingga ketersediaan darah di UDD PMI Bojonegoro tercukupi dengan baik, salah satunya relawan donor darah yang ada di Bojonegoro.

"Melalui silaturahim dengan mitra-mitra kemanusiaan ini, koordinator donor darah telah bekerja dengan sekuat tenaga membantu kemanusiaan. Bahkan UDD PMI Bojonegoro menjadi barometer PMI Jatim," papar Pak Yayan.

Sedangkan dr. Enny Sekar Rengganingati, MM menjelaskan, mobile unit donor darah PMI merupakan kegiatan donor darah diluar kantor yang dilakukan koordinator donor dengan UDD PMI Bojonegoro.

"Mobil unit perlu dilakukan karena darah sebagai salahsatu obat penting, saat saat tertentu cukup sulit mendapatkannya," jelas dokter Enny.

Selain itu dokter Enny yang juga mantan Kadinkes Kabupaten Malang itu memberikan pemahaman terkait penjadwalan mobil unit, sebaiknya dilakukan 10 hari sebelum pelaksanaan. Sehingga petugas dapat melakukan asesmen lokasi yang akan digunakan dan target donor yang akan dilakukan nantinya.

"Agar darah bisa tetap terjaga dan jumlahnya dapat terkontrol dalam pelaksanaan mobil unit. Pasalnya jumlah tersebut harus kontinu dan tidak melebihi kapasitas, dalam ketersediaan stok darah," pungkasnya.

Tampak dalam peningkatan kapasitas koordinator donor darah, juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada koordinator donor darah terbanyak diberikan kepada Pemerintah Desa Klino Kecamatan Sekar, RSI Sumberejo dan Puskesmas Ngraho. [zid/lis]

 

 

 

Tag : kesehatan, pmi, udd



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat