10:00 . Belajar, Pesan Penting Hardiknas Kini   |   20:00 . PKS Kantongi 3 Nama Bakal Calon Bupati, Satu Diantaranya Mantan Bupati Bojonegoro   |   18:00 . May Day, AJI Bojonegoro: Buruh Media Harus Berserikat   |   14:00 . EMCL Gandeng Ademos Kembangkan BUMDesMart di Desa Gayam   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Taklukan QDR Makassar 2-0 di Laga Perdana   |   16:00 . Pj Bupati Bojonegoro Luncurkan Layanan Primer (ILP) dan Lansia Sembada   |   14:00 . Terlanjur Hamil, Remaja di Bojonegoro Terpaksa Ajukan Diska.   |   12:00 . Begini Cerita Mahasiswa Unigoro Olah Pisang Ulin Lolos Pemuda Pelopor   |   11:00 . Proyek Trotoar Rp23,4 M Segera Dilelang   |   09:00 . Teka-Teki Perpanjang Jabatan Kades Belum Bisa Dipastikan   |   07:00 . Tak Puas di Ranjang Berujung Selingkuh Penyebab ASN di Bojonegoro Cerai   |   21:00 . Keseruan Polisi di Bojonegoro Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Bakal Bawa 27 Pemain di Liga 3 Nasional 2024   |   19:00 . Laga Perdana Liga 3 Nasional, Persibo Optimis Raih 3 Poin   |   18:00 . Ini 10 Nama Calon Komisioner KPU Bojonegoro, Satu Petahana Gugur   |  
Thu, 02 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Lantik Pramuka Garuda, Tempa Calon Pemimpin Masa Depan

blokbojonegoro.com | Monday, 29 January 2024 11:00

Lantik Pramuka Garuda, Tempa Calon Pemimpin Masa Depan

Reporter : M. Anang Febri

blokbojonegoro.com - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Bojonegoro mengadakan Pelantikan Pramuka Garuda di Pendopo Malowopati Kabupaten Bojonegoro. Acara yang dihadiri Pj Bupati Kabupaten Bojonegoro Adriyanto selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Bojonegoro ini dilaksanakan selama 2 hari pada 27-28 Januari 2024.

Turut hadir dalam acara Hj. Nurul Azizah selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Bojonegoro, H. Hanafi selaku Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bojonegoro, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro Nur Sujito, dan Kepala Pusdiklatcab Kendalisada M. Dji'an.

Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bojonegoro Kak Hanafi menyampaikan laporan kegiatan, bahwa anak-anak yang lolos seleksi Pramuka Garuda yang saat ini dilantik sejumlah 1.596 anak merupakan anak-anak yang memiliki keunggulan dalam keterampilan, Ketangkasan, karakter, kecakapan dan lainnya.

Dari jumlah 1.596 anak tersebut terdiri dari 854 Pramuka Siaga Garuda, 566 Pramuka Penggalang Garuda, dan 176 Pramuka Penegak Garuda. Mereka, Pramuka Penegak Garuda merupakan anak-anak yang unggul dalam keterampilan, ketangkasan, karakter, kecakapan dan lainnya.

"Bapak dan Ibu segenap orang tua yang sudah berkenan hadir disini, perlu saya sampaikan bahwasanya anak-anak bapak dan ibu telah dinyatakan lolos seleksi dan mengikuti pelantikan Pramuka Garuda ini sejumlah 1.596," ungkap Kak Hanafi. 

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bojonegoro Kak Nurul Azizah menyampaikan, anak-anak yang lolos seleksi Pramuka Garuda ini hakikatnya seperti di wisuda. Mereka dinyatakan lolos dalam uji keterampilan, ketangkasan, karakter, kecakapan dan lainnya. Seperti menempuh uji Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK) sesuai golongannya.

"Mereka dinyatakan lolos dalam seleksi uji keterampilan, ketangkasan, karakter, dan kecakapan. Sesuai SK Kwartir Nasional nomor 038 tahun 2017 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda bahwasanya untuk menjadi Pramuka Garuda mereka harus menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK)," terangnya.

Kak Adriyanto selaku Kamabicab menuturkan, bahwa anak-anak yang saat ini dilantik menjadi Pramuka Garuda adalah aset kabupaten Bojonegoro di masa mendatang. Mereka perlu dijaga dan dibina terutama dalam kemampuan mereka dalam belajar, sosialisasi dan mengembangkan diri.

"Sebagaimana dalam Pramuka diajarkan kepemimpinan, anak-anak yang lolos seleksi Pramuka Garuda suatu saat akan menjadi pemimpin kabupaten Bojonegoro bahkan bangsa dan negara di masa mendatang. Pemerintah Kabupaten Bojonegoro berkomitmen untuk siap mendukung demi terciptanya generasi Bojonegoro yang berprestasi," tandas Kak Adriyanto.

Pelantikan Pramuka Garuda dihadiri lebih dari 3.400 orang, dimana 3.192 berasal dari peserta dan orang tua. Selebihnya berasal dari tamu undangan, pengurus Kwarcab, pengurus Kwarran, dan Pembina Gugus Depan.

Pengucapan Dwi Satya dan Tri Satya, sungkeman ke orang tua dan penyematan Medali Garuda kepada seluruh peserta Pelantikan Pramuka Garuda mulai dari golongan siaga, penggalang, dan penegak dipompin oleh Pj Bupati Bojonegoro Kak Adrianto dan Kak Nurul Azizah Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Bojonegoro. [feb/ito]

Tag : Pramuka, Garuda, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat