20:00 . RA ICP Nurul Ulum Wisata Edukasi di Bank Sampah Bojonegoro   |   18:00 . 8 Caleg DPRD Bojonegoro Berpotensi Melenggang dari Dapil V   |   17:00 . Sembilan Caleg Diprediksi Duduki Kursi DPRD Bojonegoro dari Dapil IV   |   14:00 . Pengangguran Angkatan Usia Kerja di Bojonegoro Capai 36.411   |   13:00 . Delapan Caleg Berpotensi Duduki Kursi DPRD Bojonegoro dari Dapil III   |   12:00 . Lapangan Gas JTB Mulai Fase Operasi, PEPC Pastikan Kontraktor Patuhi Aspek Keselamatan Kerja   |   10:00 . Sembilan Caleg DPRD Bojonegoro Berpotensi Melenggang dari Dapil Dua   |   20:00 . Hari Kedua Inacraft 2024, UMKM Pertamina Raih Transaksi Rp1,3 Miliar   |   19:00 . Asyikk...! Makanan D'Konco Cafe Bisa Dipesan Lewat Grabfood   |   17:00 . Anniversary ke-75, Persibo Bojonegoro Sediakan 10 Ribu Kupon Berhadiah   |   15:00 . Berikut Perolehan Sementara Suara Dapil 1 Bojonegoro   |   14:00 . Jelang Ramadan Stasiun Bojonegoro Lakukan Pengecekan KA   |   11:00 . KBIHU Attanwir Gelar Manasik ke 16   |   10:00 . Makna Megengan Sambut Ramadan dalam Tradisi Islam di Jawa   |   09:00 . Manasik ke 16, KBIHU Attanwir Bekali Calon Jemaah Haji   |  
Tue, 05 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kenali Penyakit Jantung Bawaan dan Cara Tepat Penanganan

blokbojonegoro.com | Sunday, 11 February 2024 15:00

Kenali Penyakit Jantung Bawaan dan Cara Tepat Penanganan

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Penyakit jantung bawaan (PJB) atau congenital heart disease merupakan kelainan pada struktur dan fungsi jantung yang sudah ada sejak lahir. Kondisi ini dapat mengganggu aliran darah dari dan menuju jantung sehingga bisa mengancam jiwa.

Penyakit jantung bawaan merupakan penyebab cacat lahir yang paling sering terjadi dengan jenis dan tingkat keparahan yang beragam. Sebagian penderita penyakit jantung bawaan hanya memerlukan pemeriksaan secara rutin, tetapi ada pula yang perlu menjalani operasi hingga transplantasi jantung.

dr. Hari Yudha Afrianto, Sp.JP(K)FIHA mengungkapkan, penyakit jantung bawaan merupakan kondisi di mana ada kelainan pada organ, struktur atau fungsi jantung pada bayi sejak dalam kandungan. Kondisi ini kemudian menyebabkan ketidaknormalan fungsi jantung setelah lahir. 

"Penyakit jantung bawaan menjadi dua jenis utama, sianotik dan asianotik. Penyakit jantung bawaan sianotik ditandai dengan perubahan warna pada ujung kuku, dan bibir bayi yang menjadi kebiruan," ungkap dr. Hari Yudha Afrianto.

Sementara penyakit jantung bawaan asianotik tidak menampakkan gejala yang jelas pada awalnya. Namun seiring bertambahnya usia, lubang di jantung dapat membesar dan tekanan di paru-paru meningkat.

Bayi dengan penyakit jantung bawaan asianotik mungkin mengalami sesak napas atau kesulitan bernapas setelah menyusui selama 5-10 menit. Karena kurangnya oksigen dan waktu yang lebih lama untuk merasa kenyang.

Penyebab penyakit jantung bawaan cukup beragam, penyebab pastinya belum sepenuhnya diketahui. Namun, ada faktor risiko yang dapat mempengaruhi kemungkinan terjadinya penyakit jantung bawaan pada bayi.

"Beberapa faktor tersebut meliputi faktor genetik, lingkungan dan faktor ibu selama kehamilan. Literatur menerangkan bahwa ibu yang diabet bisa berisiko melahirkan kecacatan pada anaknya," ujarnya.

Penyembuhan penyakit jantung bawaan, dapat bervariasi tergantung pada jenis dan keparahan kelainan yang ada. Pada beberapa kasus, penyakit jantung bawaan dapat sembuh secara alami seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Namun, ada juga kasus di mana intervensi medis atau pembedahan diperlukan untuk memperbaiki kelainan jantung. Beberapa kasus membutuhkan perawatan jangka panjang dan pengelolaan yang terus-menerus untuk mengontrol gejala dan mencegah komplikasi.

"Penderita penyakit jantung bawaan harus memahami rencana pengobatan dan mengikuti instruksi dokter dengan cermat. Ini mungkin melibatkan mengonsumsi obat-obatan secara teratur, menjaga pola makan yang sehat," ucapnya.

Lalu, mengikuti program latihan yang disesuaikan dan menghindari faktor risiko tertentu seperti merokok atau stres berlebihan. Sebab pemilik penyakit jantung bawaan harus dilakukan tindakan definitive.

Tindakan definitive dapat berbeda-beda tergantung pada jenis dan keparahan penyakit jantung bawaan yang dipunyai. Beberapa kasus perlu menjalani tindakan medis atau pembedahan yang bertujuan untuk memperbaiki atau mengatasi kelainan jantung.

"Penting untuk dicatat bahwa tidak semua kasus penyakit jantung bawaan dapat sepenuhnya diperbaiki. Dan dalam beberapa kasus, perawatan jangka panjang atau pengelolaan yang terus-menerus mungkin tetap diperlukan," bebernya. [liz/lis]

 

 

Tag : penyakit, jantung



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat