23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   10:00 . Kreasi Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak ASN Bojonegoro   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |  
Sun, 28 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jelang Ramadan, Santri Al-Fatimah Bojonegoro Dibekali Fiqih Peradaban

blokbojonegoro.com | Tuesday, 05 March 2024 14:00

Jelang Ramadan, Santri Al-Fatimah Bojonegoro Dibekali Fiqih Peradaban

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Menjelang Puasa Ramadhan 1445 Hijriah. Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Al-Fatimah Kabupaten Bojonegoro bekali santrinya dengan Fiqih Peradaban dalam kegiatan seminar Internasional.

Ponpes yang berada di Jalan Pondok Bambu, Desa Sukorejo, Kota Bojonegoro itu mendatangkan Prof.Dr. Muhammad Salim Abu As selaku Guru besar Al-Azhar Kairo, Mesir dan Dr. KH. Hasan Ubaidillah, Sekretaris Kopertais IV Surabaya dengan mengambil pembahasan Recontextualizing fiqh for equal humanity and subtainble.

Pengasuh Ponpes Al-Fatimah Bojonegoro, KH. Tamam Syaifuddin mengungkapkan, kegiatan seminar internasional tersebut, berdiskusi tentang Recontekstualisasi Fiqh sebagai sebuah keniscayaan untuk mendukung prinsip kesamaan derajat kemanusiaan dan perdamaian yang berkelanjutan.

“Peradaban manusia harus diikuti dengan peradaban fiqh, fiqh itu dalam arti adalah pedoman agama,” ungkap Kiai Tamam sapaan karibnya, Senin (4/3/2024).

Dengan mengikuti perkembangan zaman dan peradaban manusia yang terus berkembang, Kiai Tamam menginginkan, para santrinya ini juga tentu harus terus mengupdate pedoman agama.

“Kalau memang harus diupdate (Recontextualisi), maka diperlukan SDM-SDM yang berkualitas yang paham tentang agama dan perkembangan zaman,” tuturnya.

Menurutnya, fiqih memegang peranan penting dalam membentuk cara pandang, sikap dan perilaku dalam relasi antar manusia, karena fiqih sesungguhnya adalah wacana yang terbuka dan inklusif.

Sementara itu, Prof. Dr. Muhammad Salim Abu As menyampaikan pesan, agar para santri dan mahasiswa untuk mengupdate ilmu-ilmu baru dalam perkembangan dunia modern harus diikuti, namun tidak merubah norma-norma agama. Kemajuan jaman harus diikuti juga dengan kemajuan ilmu agama,

“Jangan sampai para santri dan mahasiswa ketinggalan dengan meng-update ilmu agamanya di jaman modern ini,” ucap Muhammad Salim Abu.

Fleksibilitas dan relevansi ajaran Islam di tengah gelombang era Masyarakat 5.0 dengan berpegang pada Al-Qur'an dan As-Sunnah perlu ditafsirkan kembali dalam pendekatan kontekstual dan relevan oleh para ahli fuqaha dan ahli hukum Islam terkait pertanyaan dan kebutuhan Islam kontemporer serta kemanusiaan universal dalam masyarakat global.

Untuk diketahui, dalam kegiatan itu terdapat 450 peserta hadir termasuk para santri, Rektor dan seluruh Dekan fakultas juga kaprodi dan seluruh mahasiswa IAI Al Fatimah serta Ketua BEM seluruh PTS di Bojonegoro dan Ketua OSIS SMA se-Kabupaten Bojonegoro. [riz/lis]

 

 

Tag : fiqih, peradaban, santri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat