15:00 . Gugat KPU ke Bawaslu, Bapaslon Nurul-Nafik: Silon Sering Error   |   06:00 . Setahun Jadi ISTeK ICsada, Akreditasi Kampus Ungu Dapat Predikat Baik   |   20:00 . PHE Raih Penghargaan dalam IPA Convex 2024   |   19:00 . Geliat┬áMemperingati Hari Buku   |   18:00 . Tiga Klub Milik Exco PSSI Melenggang Babak 16 Besar Liga 3 Nasional   |   17:00 . HUT Dekranasda ke-44, Ketua Dekranasda Bojonegoro Ajak Kader Terus Gali Potensi dan Tingkatkan Kreatifitas.   |   16:00 . Bapaslon Nurul Azizah-Nafik Sahal Akan Gugat KPU Bojonegoro   |   15:00 . KPU Bojonegoro Kembalikan Berkas Dukungan Bapaslon Nurul Azizah-Nafik Sahal   |   14:00 . TP PKK Sarangan Gelar Pelatihan Racik Ramuan Toga   |   12:00 . Kacabdindik Bojonegoro Tuban Dukung Gerakan Kantin Halal bersama LP3H KAHMI   |   11:00 . Laga Pamungkas, Persibo Gagal Tumbangkan Adhyaksa Farmel FC   |   09:00 . Usung Anna Muawanah Maju Cabup Bojonegoro, PKB Beri Kebebasan Pilih Wakil   |   07:00 . MI Islamiyah Kepoh Gelar Munaqosah Tahfidz Juz 30 dan 100 Hadits Metode Yahqi   |   20:00 . Gudang Arsip Bank BTPN Bojonegoro Terbakar, Kerugian Capai Rp60 Juta   |   17:00 . Cegah Stunting, Pemdes Kauman Beri Pelatihan Inovasi Dawet Sayuran   |  
Sun, 19 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Puasa Bisa Antarkan Golongan yang Istimewa

blokbojonegoro.com | Thursday, 14 March 2024 19:00

Puasa Bisa Antarkan Golongan yang Istimewa

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Orang beriman yang di panggil Allah SWT untuk berpuasa pasti mempercayai tentang datangnya hari kiamat. Dimana Allah SWT memberitahu bahwa di hari kiamat nanti manusia dibagi menjadi tiga kelompok. Golongan kanan berada dalam surga penuh kenikmatan, sedangkan golongan kiri berada dalam kesengsaraan.

Tiga golongan manusia pada Hari Kiamat. Sesuai firman Allah dalam Surah Al-Waqi'ah. Ada tiga kelompok manusia kelak dikumpulkan di hari kiamat, yaitu golongan Al-Maimanah (orang yang berada di sisi kanan), golongan Al-Masy'amah, kelompok sisi kiri. 3.Golongan As-Sabiqun yaitu orang-orang yang lebih awal atau golongan istimewa.

Berikut firman Allah dalam Surat Al-Waqi'ah ayat 4-16 yang artinya: "Apabila bumi diguncangkan sedahsyat-dahsyatnya, dan gunung-gunung hancur luluhkan. Maka jadilah ia debu yang beterbangan, dan kamu menjadi tiga golongan.

"Yaitu golongan kanan, alangkah mulianya golongan kanan itu. Dan golongan kiri, alangkah sengsaranya golongan kiri itu," ungkap Sholikin Jamik selaku Dosen STIKES Maboro.

Dan golongan orang-orang yang paling dahulu (beriman), merekalah yang paling dahulu (masuk surga). Mereka itulah orang yang dekat (kepada Allah) maka berada dalam surga kenikmatan. Segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu, dan segolongan kecil dari orang-orang yang kemudian.

Mereka berada di atas dipan-dipan yang bertahtakan emas dan permata. Mereka bersandar di atasnya berhadap-hadapan." (Surah Al-Waqiah: 4-16). Di dalam ayat di atas, Allah menyebutkan tiga kelompok manusia.

"Golongan Al-Maimanah yaitu orang yang berada di sisi kanan dan Golongan Al-Masy'amah yaitu, kelompok sisi kiri. Sedangkan ketiga yaitu orang-orang yang lebih awal atau golongan istimewa (As-Sabiqun), mereka ini adalah orang-orang yang dekat dengan Allah,"ucapnya.

Golongan As-Sabiqun ini hanya sedikit dari generasi terakhir, mereka ini lebih banyak dari golongan awal yang beriman. Mereka merupakan hamba-hamba paling istimewa yang memiliki derajat tinggi di sisi Allah. Untuk mendapatkan kemuliaan di atas tentu tidak sembarangan. Seseorang butuh guru pembimbing (Murobbi) untuk mencapainya. Untuk urusan dunia saja seseorang butuh guru terbaik, apalagi untuk urusan akhirat.

Sayyid Quthb dalam Fi Zhilal Alqur'an juga menjelaskan, golongan pertama berada di sebelah kanan 'Arsy adalah mereka yang keluar dari sebelah kanan Adam. Golongan ini diberi kitab catatan amal dengan tangan kanan mereka, kemudian digiring ke dalam golongan kanan. Mereka adalah mayoritas penduduk surga.

"Golongan kedua berada di sebelah kiri 'Arsy dan mereka inilah yang keluar dari sebelah kiri Adam. Mereka diberi catatan amal dengan tangan kiri, kemudian digiring ke dalam golongan kiri. Mereka inilah sebagian besar penduduk neraka dan satu golongan lainnya berada dekat dengan Allah,"ujarnya.

Mereka inilah golongan yang lebih beruntung, lebih khusus daripada golongan kanan karena mereka adalah pemimpin golongan kanan. Di tengah-tengah mereka terdapat para Rasul, para Nabi, para shiddiqin, dan orang-orang yang mati syahid. Jumlah mereka jauh lebih kecil dari golongan kanan. Allahu Alam, semoga kita termasuk golongan yang beruntung.

"Mari puasa kita kali ini bisa antarkan kita menjadi kelompok istimewa (As- Sabiqun) diakhirat nanti. Bisa masuk surga bersama para malaikat, para Rosul Allah, para Nabi Allah atau setidak-tidaknya tetap menjadi kelompok kanan yang terus meningkat imannya," bebernya. [liz/ito]

Tag : Solikin jamik, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat