18:00 . Nurul Azizah Hadir Diantara 9.000 Lebih Anggota Muslimat NU   |   17:00 . Dr Cantika Bagikan Tips Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Internasional di Unigoro   |   16:30 . Semangat Muslimat di Tengah Terik Matahari   |   16:00 . 9.000 Lebih Muslimat NU Hadir di Ponpes Attanwir   |   15:00 . Siswa SMK Muhammadiyah 4 Padangan Lakukan Kunjungan Home Industri Dalam Kegiatan P5   |   14:00 . Cawabup Farida Bantah Soal Videonya yang Diduga Lakukan Money Politik   |   13:00 . Program P5RA: Matsagabo Gelar Pesta Demokrasi dan Fashion Show   |   11:00 . Festival Sastra Kota Malang, Ajak Masyarakat Jelajah Cita Rasa Dikemas Dalam Bentuk Karya Sastra    |   10:00 . Salah Satu Cawabup di Bojonegoro Diduga Bagikan Uang di Acara Sholawatan, Ini Respon Bawaslu   |   22:00 . Solusi Murah Cegah Darurat Sampah di Bojonegoro dengan Pilah Sampah dari Rumah   |   21:00 . FKIP Unugiri Yudisium ke-VI, Warek II: Optimisme Sarjana Pendididikan Tidak Boleh Luntur   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Unggul 3-2 Lawan Persewar Waropen   |   15:00 . Pelaku Hamil Diluar Nikah, Bayi Premature 6 Bulan Digugurkan   |   13:00 . Hendak Kabur ke Cikarang, Polisi Tangkap Ortu Pembuang Jasad Bayi di Bojonegoro   |   13:00 . Wisuda Perdana Program Sarjana STIKes Rajekwesi Bojonegoro Berlangsung Meriah   |  
Sat, 28 September 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Idul Adha, Jasa Bakar Kepala Sapi dan Kambing Diserbu Pelanggan

blokbojonegoro.com | Monday, 17 June 2024 15:00

Idul Adha, Jasa Bakar Kepala Sapi dan Kambing Diserbu Pelanggan

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Momen Hari Raya Idul Adha 1445 H, membuat jasa bakar kepala sapi dan kambing di Pasar Kota Bojonegoro kecipratan berkah. Jasa pembakaran atau pembersihan bulu kepala dan kaki sapi itu, tampak kelarisan sejak pagi tadi, Senin (17/6/2024).

Pantauan di Pasar Kota Bojonegoro, warga silih berganti membawa kaki dan kepala sapi hingga kambing yang usai disembelih buat kurban, untuk dibersihkan bulu-bulunya di penyedia jasa pembakaran kepala dan kaki hewan kurban, Distan.

Tak sendirian, dalam proses pembersihan hingga memotongi tulang itu, Distan dibantu keluarganya. Pasalnya, dalam mengolah kepala dan kaki hewan kurban itu, membutuhkan waktu dan pengolahan yang cukup rumit, sehingga warga juga harus mengantre.

Distan mengungkapkan, proses pembersihan bulu kaki maupun kepala sapi dan kambing memang cukup rumit, menyita waktu dan tenaga. Kondisi ini membuat banyak warga yang ingin mengolahnya menggunakan jasa pembakaran ini, meski harus merogoh saku untuk mengganti jasa pembakaran tersebut.

“Ya, Alhamdulillah di hari pertama (Idul Adha) ini, ramai sekali,” ungkap Distan, ditemui di sela-sela memotongi kaki yang usai dibakar.

Berbekal blower, pisau dan kain, para penyedia jasa ini membersihkan bulu hewan kurban yang menempel di kaki dan kepala. Proses pembersihan membutuhkan waktu antara 30 menit sampai satu jam.

Selama momen Idul Adha, dalam sehari penyedia jasa bakar kepala hewan ini mampu melayani puluhan kaki dan kepala hewan, baik sapi maupun kambing. Sementara biaya untuk pembakaran kepala sapi dipatok harga Rp70 ribu, sedangkan kambing Rp25 ribu.

“Kalau kaki kambing Rp10 ribu, kaki sapi Rp15 ribu,” bebernya.

Distan menjelaskan, kondisi ramai ini biasanya terjadi hingga hari ketiga Hari Raya Idul Adha. Setelah itu, kembali normal seperti biasa.

"Ramainya biasanya sampai hari ketiga kurban mas, setelah itu ya tidak ada lagi. Ini istilahnya kan, kerja musiman," pungkasnya. [riz/lis]

 

Tag : jasa, bakar, kurban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat