22:00 . Awal Pekan, Harga Logam Mulia Merosot   |   21:00 . Gadai Mobil Meningkat Tajam Saat Pandemi   |   20:00 . H+2 Lebaran Pasien Postif Covid-19 Tambah 6   |   19:00 . 185 Juta Dianggarkan untuk Pembangunan 2 Makam TMP   |   17:00 . Terus Menyusut, Puluhan ASN Pemkab Bojonegoro Pensiun   |   16:00 . Pencurian Listrik Masih Marak, PLN UP3 Bojonegoro Merugi Rp928 Juta   |   14:00 . PLN Kembali Aktifkan Petugas Baca Meter   |   13:00 . BKPP Lakukan E-Formasi untuk Pengajuan Formasi CPNS 2020   |   11:00 . Buka Usaha Dari Bisnis Hantaran, Hasilnya Cukup Menjanjikan   |   10:00 . Musim Kemarau Bojonegoro Bakal Lebih Panjang Tahun 2020 ini   |   09:00 . H+2 Lebaran, Bojonegoro Dibayangi Hujan Petir Pada Malam   |   08:00 . Pelayanan Pegadaian Libur Sementara, Buka Kembali 26 Mei   |   07:00 . Cara Sederhana Meningkatkan Kekebalan Tubuh   |   22:00 . Modal 100 Ribu, Wanita ini Sukses Usaha Seblak dan Baso Aci Instan   |   21:00 . Warga di Dusun ini Menjaga Silaturahmi Antar Umat Agama   |  
Mon, 25 May 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 28 July 2018 14:00

Mahasiswa KKN STIE Cendekia Bojonegoro Berikan Pelatihan Olahan Buah Salak

Mahasiswa KKN STIE Cendekia Bojonegoro Berikan Pelatihan Olahan Buah Salak

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Program Pemberdayaan dan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Cendekia Bojonegoro, menggelar pelatihan olahan buah salak di Balai Desa Tanjungharo, Kecamatan Kapas, Sabtu (28/7/2018). Pelatihan diikuti oleh anggota PKK dari 3 desa yaitu Desa Tanjungharo, Desa Wedi, dan Desa Bendo.

Ketua Pelaksana Program KKN-PPM STIE Cendekia Bojonegoro tahun 2018, Latifah Anom  menyampaikan,  pelatihan olahan buah salak, bertujuan untuk memberikan inovasi baru  bagi para peserta, dalam mengembangkan ekonomi dari hasil buah salak yang merupakan tanaman khas dari daerah tersebut. Latifah Anom juga menyampaikan, KKN-PPM Tahun ini mengambil tema 'Peningkatan Kualitas, Kuantitas, dan Partisispasi Masyarakat dalam Pengembangan Agrowisata Kampung Salak Tanjungharo'.

Kegiatan ini, mendapat dukungan pendanaan melalui hibah Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam rangka percepatan pengembangan Desa Tanjungharo sebagai Desa Agrowisata Salak dan sebagai ikon Desa Wisata di daerah Bojonegoro.

"Pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan warga Desa Tanjungharo dan sekitarnya," ungkap Latifah

Kepala Desa Tanjungharo,  Suyono menyampaikan, pelatihan olahan buah salak tersebut sangat penting dalam membantu perekonomian warga. Karena di samping memberikan nilai tambah pada buah salak, juga membuka peluang usaha bagi warga yang akan menekuni pengolahan buah salak.

"Pelatihan seperti ini penting untuk memotivasi warga bahwa Desa Tanjungharjo memiliki banyak potensi, khusus nya dari tanaman Salak. Tinggal warga sendiri siap untuk bergerak atau tidak," jelas kades.

 Salah seorang peserta pelatihan, Puji Astuti menyampaikan terimakasih karena telah dikenalkan pada inovasi baru hasil olahan buah salak, seperti Ice Cream Salak, Es Kuwut Salak, Dodol Salak, dan Kerupuk Salak. Puji menyatakan, akan serius dalam memproduksi makanan hasil olahan salak karena prospek usahanya sangat cerah dan masih sedikit pesaingnya.

Bella Oktavia, mahasiswa peserta KKN-PPM yang juga merupakan ketua Panitia Pelatihan menyatakan bangga telah berhasil menyelanggarakan pelatihan tersebut.

"STIE Cendekia Bojonegoro siap melakukan pendampingan pemasaran produk-produk hasil olahan buah salak dari warga dan Ibu-ibu PKK untuk kemajuan Agrowisata Kampung Salak Tanjungharo," ujar Bella. [ito/mu]

Tag : kampung, agrowisata, salak, tanjungharjo, stie cendekia


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat