17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |  
Sun, 21 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Manfaatkan Biji dan Daun Kelor Untuk Obat

blokbojonegoro.com | Monday, 23 July 2018 09:00

Manfaatkan Biji dan Daun Kelor Untuk Obat

Kontributor : Apriani

blokBojonegoro.com - Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini memiliki ketinggian batang 7 sampai 11 meter. Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, dapat dibuat sayur atau obat.

Di tangan salah satu warga Desa Tikusan, Kecamatan Kapas Bojonegoron yakni Sugiharto, kelor tersebut diracik untuk dijadikan obat yang dapat digunakan untuk pencegahan penyakit dan pengobatan seperti penyakit asam urat, kolesterol, darah tinggi, dan lain sebagainya.

Menurut info yang didapatkan blokBojonegoro.com dari salah satu marketing kelor tersebut, Burhanudin menyebutkan, daun kelor yang telah dibuat serbuk dapat digunakan untuk kecantikan seperti dibuat masker, selain itu daun dan biji kelor dimanfaatkan untuk dijadikan obat.

"Daun kelor kami buat berbentuk kapsul yang dapat untuk pencegahaan penyakit dan biji kelor dapat digunakan untuk obat, biji kelornya tanpa diolah jadi biji kelor dikupas terlebih dulu, kemudian bisa langsung ditelan ataupun dikunyah jika kuat menahan rasa pahitnya," ujar lelaki yang akrab disapa Jojok kepada blokBojonegoro.com.

Pemanfaatan kelor tersebut sudah dimulai sejak dua bulan lalu dengan dikemas praktis seperti itu, harapannya masyarakat dapat lebih mudah mengkonsumsinya. Meski masih baru di Kabupaten Bojonegoro, ternyata peminatnya juga lumayan tinggi, setiap hari Ia dapat menjualkan sekitar sepuluh cup atau botol.

Sedangkan yang menjadi halangan dari pemanfaatan kelor tersebut yakni terkendala bahan baku yang masih belum bisa didapatkan di Kabupaten Bojonegoro, karena bahan baku tersebut diperolah dari pulau seberang yaitu Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Di sini sedang proses penyemaian, harapannya punya lahan sendiri, jadi tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan bahan bakunya," terang laki-laki yang menjadi Guru Kesenian SMK Negeri 5 Bojonogoro.

Kemudian harga yang ditawarkan juga bervariasu, untuk biji kelor dibandrol dengan harga Rp50.000/cup kecil, dan Rp100.000/cup besar. Untuk yang berbentuk kapsul yang dikemas, per botol berisi 60 kapsul. Kapsul Daun Kelor dibandrol dengan harga Rp75.000 per botol dan untuk kapsul biji kelor dibandrol dengan harga Rp100.000 per botol. [ani/ito]

Tag : moringa, kelor



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat