05:00 . Jumlah Pasien Sembuh Covid-19 di Indonesia Bertambah Menjadi 329.778 Orang   |   21:00 . Patuhi Prokes, Polres Doa Bersana Anak Yatim   |   20:30 . Update Covid-19 Nasional, Pasien Sembuh 329.778   |   20:00 . Dara Asal Tambakrejo ini Geluti Breeding Kambing   |   19:30 . 23 Presenter Nyanyi Mars Tiga Wajib   |   19:00 . Ranitya Nurlita juga Finalis di Ajang Internasional   |   18:00 . Teguhkan Khittah, ISNU Bojonegoro Siapkan Santri Perdamaian di Era Milenial   |   17:00 . Liburan Tetap Ingat Pesan Ibu   |   16:00 . Merosot di Awal Pandemi, Omzet Para Perajin Mulai Merangkak Naik   |   14:00 . Sungai Mengkuris Meluap Terjang Pembangunan Jembatan dan Putus Saluran PDAM   |   13:00 . Libur Maulid, Pengunjung Wisata Desa Meningkat   |   12:00 . Pendemi Covid-19, Undian Berlangsung Virtual   |   11:00 . Peringati HUT, UDD PMI Akan Gelar Undian Berhadiah Bagi Pendonor   |   10:00 . Pasien Sembuh Nasional Sudah Mencapai Angka 325.793 Orang   |   09:00 . Disbudpar Persilahkan Masyarakat Berlibur ke Wisata   |  
Fri, 30 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 03 February 2019 22:00

KKN IAI Sunan Giri Launching Produk Unggulan Desa Luwihaji

KKN IAI Sunan Giri Launching Produk Unggulan Desa Luwihaji

Kontributor : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Mahasiswa yang mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam (IAI) Sunan Giri Bojonegoro, membantu mengembangkan produk unggulan desa, salah satunya di Desa Luwihaji, Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro dengan produk unggulan berupa kacang oven, Minggu (3/02/2019).

Koordinator Desa tim KKN Luwihaji, Abu Syukur mengatakan, inovasi perlu diciptakan dalam meningkatkan nilai ekonomis dan nilai tambah dari kacang oven. Salah satu inovasi yang dapat diciptakan adalah membuat kemasan dan logo kacang oven agar lebih menarik.

“Kacang oven sebenarnya sudah menjadi icon desa sini, namun kita hanya menambah tulisan dan logo agar lebih jelas, serta mengatur ukuran kemasanya agar lebih mudah dibeli sesuai kebutuhan pembeli, sebab sebelumnya masyarakat sini menjualnya minimal per 5 Kilogram sehingga terlalu banyak," lanjut mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ini.

Lebih lanjut pria yang akrab di sapa Abu ini mengatakan, olahan kacang tersebut diharapkan kedepanya bisa menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat desa setempat. Sebab, 70 persen Desa Luwihaji adalah hutan yang dikelola oleh pemerintah dan selebihnya adalah permukiman dan persawahan.

Untuk harga sendiri tergantung dari ukuran kemasanya, seperti dengan kemasan dengan berat 1/4 kilogram dijual dengan harga 8 ribu rupiah. Sedangkan untuk setengah kilogram dibandrol dengan harga Rp15.000.

"Selain melaunching kacang oven kita juga melaunching produk unggulan lainnya, seperti tas yang terbuat dari tali kur dan sepatu rajut," lanjutnya kepada blokBojonegoro.com.

Sementara itu, Kepala Desa Luwihaji, Sarpan berharap launching produk unggulan tersebut bisa turut membantu perputaran ekonomi masyarat. Sehingga masyarakat tidak hanya mengandalkan dari hasil persawahan saja, melainkan bisa dari sisi mana pun.

Tak hanya itu saja, harapan dari pria yang lahir 1959 silam tersebut sangat berharap hasil dari produk unggulan Desa yang terletak di barat daya Kecamatan Ngraho ini bisa sampai ke tetangga desa, bahkan bisa sampai menembus pasar luar daerah.

"Semoga ke depanya bisa menjadi kekuatan baru ekonomi di Desa Luwihaji dan tentunya bisa memotivasi semua masyarakat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan," pungkasnya. [din/lis]

 

Tag : produk, unggulan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat