17:00 . Prodi PGMI Selenggarakan Workshop Akademik Writing   |   15:00 . 4 Bulan Mangkir Tugas, Pemdes Semawot Tindak Tegas Perangkatnya   |   14:00 . Setelah Cabai, Giliran Harga Tomat Naik   |   13:00 . Izin Renang di Sungai, Seorang Anak Diduga Tenggelam di Purwosari   |   12:00 . Sebelum Diringkus, Kades Kapas Sempat Buat Video Pamer Lencana   |   11:00 . 16.541┬áTitik Lampu PJU Terpasang di Sudut Bojonegoro   |   10:00 . Bupati Sambang Warga Transmigrasi Asal Bojonegoro di Papua   |   09:00 . Bojonegoro Masuk SIAK Terpusat, Begini Bocoran KTP Digital   |   08:00 . Alumni Pesantren Tebuireng di Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   07:00 . Ini 3 Hal yang Harus Diwaspadai Orangtua Terkait Masalah Speech Delay atau Terlambat Bicara Pada Anak   |   18:00 . Apresiasi Pembangunan Jalan Desa, Budiono Pastikan Manfaat Bagi Warga   |   16:00 . Urai Kemacetan, Pemkab Bojonegoro Bakal Bangun Jalan Layang   |   15:00 . Terpilih Jadi Duta Lingkungan Hidup Jatim, Kepercayaan Diri Jadi Kunci Utama   |   13:00 . ASANU Minta Pemerintah Perkuat BTN Syariah   |   12:00 . Belum Jelas, Pencarian Korban Tenggelam Dihentikan   |  
Fri, 27 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

KKN IAI Sunan Giri Launching Produk Unggulan Desa Luwihaji

blokbojonegoro.com | Sunday, 03 February 2019 22:00

KKN IAI Sunan Giri Launching Produk Unggulan Desa Luwihaji

Kontributor : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Mahasiswa yang mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam (IAI) Sunan Giri Bojonegoro, membantu mengembangkan produk unggulan desa, salah satunya di Desa Luwihaji, Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro dengan produk unggulan berupa kacang oven, Minggu (3/02/2019).

Koordinator Desa tim KKN Luwihaji, Abu Syukur mengatakan, inovasi perlu diciptakan dalam meningkatkan nilai ekonomis dan nilai tambah dari kacang oven. Salah satu inovasi yang dapat diciptakan adalah membuat kemasan dan logo kacang oven agar lebih menarik.

“Kacang oven sebenarnya sudah menjadi icon desa sini, namun kita hanya menambah tulisan dan logo agar lebih jelas, serta mengatur ukuran kemasanya agar lebih mudah dibeli sesuai kebutuhan pembeli, sebab sebelumnya masyarakat sini menjualnya minimal per 5 Kilogram sehingga terlalu banyak," lanjut mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ini.

Lebih lanjut pria yang akrab di sapa Abu ini mengatakan, olahan kacang tersebut diharapkan kedepanya bisa menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat desa setempat. Sebab, 70 persen Desa Luwihaji adalah hutan yang dikelola oleh pemerintah dan selebihnya adalah permukiman dan persawahan.

Untuk harga sendiri tergantung dari ukuran kemasanya, seperti dengan kemasan dengan berat 1/4 kilogram dijual dengan harga 8 ribu rupiah. Sedangkan untuk setengah kilogram dibandrol dengan harga Rp15.000.

"Selain melaunching kacang oven kita juga melaunching produk unggulan lainnya, seperti tas yang terbuat dari tali kur dan sepatu rajut," lanjutnya kepada blokBojonegoro.com.

Sementara itu, Kepala Desa Luwihaji, Sarpan berharap launching produk unggulan tersebut bisa turut membantu perputaran ekonomi masyarat. Sehingga masyarakat tidak hanya mengandalkan dari hasil persawahan saja, melainkan bisa dari sisi mana pun.

Tak hanya itu saja, harapan dari pria yang lahir 1959 silam tersebut sangat berharap hasil dari produk unggulan Desa yang terletak di barat daya Kecamatan Ngraho ini bisa sampai ke tetangga desa, bahkan bisa sampai menembus pasar luar daerah.

"Semoga ke depanya bisa menjadi kekuatan baru ekonomi di Desa Luwihaji dan tentunya bisa memotivasi semua masyarakat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan," pungkasnya. [din/lis]

 

Tag : produk, unggulan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Friday, 27 May 2022 17:00

    Prodi PGMI Selenggarakan Workshop Akademik Writing

    Prodi PGMI Selenggarakan Workshop Akademik Writing Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) menyelenggarakan Workshop Akademik Writing untuk membekali mahasiswa PGMI terkait kepenulisan, kegiatan ini digelar di Gedung PCNU Bojonegoro pada Jumat, (27/05/2022)....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat