17:00 . Silaturahim IHM NU Kecamatan Kanor, Dihadiri 10.000 Anggota   |   16:00 . Dinas Perdagangan Wacanakan Pembuatan Kartu Penerima Elpiji Bersubsidi   |   15:00 . Kurangi Risiko Longsor, Kodim Dan Pemkab Tanam Rumput Vetiver   |   12:00 . Harga Bawang Putih Merangkak Naik, Cabai Berangsur Turun   |   11:00 . Sumur KWG-PWA1 Ditargetkan Produksi 150 Barrel Minyak Per Hari   |   10:00 . Pertamina EP Syukuran Tajak Sumur KWG PWA-1 di Trembes   |   09:00 . Intip Cerita Pemuda Bojonegoro Buat Sepeda Listrik   |   08:00 . Pertamina Group Jadi Mitra Terbaik PWI Tuban   |   07:00 . Anak Balita Tidak Mau Tidur Siang, Orang Tua Harus Bagaimana?   |   17:00 . TNI Bojonegoro Bekali Siswa SMKN Kasiman Kedisiplinan dan Wasbang   |   15:00 . Mengasyikan Anak-Anak TK Ini Bermain Sambil Belajar Budidaya Ikan   |   14:00 . Kemenag Ajukan Pembuatan Visa Jemaah Haji ke Surabaya   |   13:00 . Begini Tanggapan Warga Terkait Sensus Penduduk Online 2020   |   12:00 . Ada 10 Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan di Bojonegoro   |   11:00 . Dishub Targetkan Rp31 Miliar dari Parkir Berlangganan 2020   |  
Thu, 27 February 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 04 August 2019 15:00

Hivos Gelar Roadshow Jurnalisme Warga

Hivos Gelar Roadshow Jurnalisme Warga

Kontributor: Mokhamad Arifin

blokBojonegoro.com - Hivos bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta, dengan dukungan dari Uni Eropa dan Hivos Open Contracting, menyelenggarakan kegiatan Roadshow Jurnalisme Warga (Monithon) di Gedung Angling Dharma lantai 2 Bojonegoro.

Roadshow Jurnalisme Warga (Monithon) di Bojonegoro sendiri merupakan kali kedua setelah digelar di Kota Semarang pada 21 Juli lalu. Terdapat 3 kota yang akan menjadi lokasi kegitan ini, yakni Semarang, Bojonegoro dan yang terakhir di Jakarta yang akan dilaksanakan pada 25 Agustus mendatang.

Manajer Program Development Manajement Freedom and Accountability Hivos SEA, M. Ilham Saenom munuturkan, warga didorong untuk dapat memanfaatkan media sosial maupun kanal-kanal yang telah disediakan oleh pemerintah untuk melakukan pengawasan dalam setiap kegiatannya.

"Kegiatan ini juga diselenggarakan dengan berkolaborasi bersama Tim JAGA untuk mendorong pemanfaatan kanal JAGA dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam proses pengawasan publik,"terang Ilham.

Secara spesifik, lanjut Ilham, dalam kegiatan ini warga akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan mengenai jurnalisme warga melalui one-day coaching, serta didorong untuk melakukan pengawasan (monitoring) publik secara marathon, dengan membagikan informasi terkait potensi pelanggaran di Bojonegoro melalui aplikasi yang telah dikembangkan oleh KPK tersebut.

Bojonegoro terpilih sebagai salah satu area pelaksanaan karena adanya komitmen Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam mendukung partisipasi publik, transparansi, serta keterbukaan informasi. Komitmen ini ditunjukkan melalui disediakannya Bojonegoro Open System.

"Selain itu, Bojonegoro juga menjadi tuan rumah pada Peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional Pertama yang diselenggarakan pada bulan Juni 2019 lalu,"tandasnya.

Sementara Kepala Inspektorat Kabupaten Bojonegoro, A. Nuril berharap agar dari kegiatan Roadshow Jurnalisme Warga ini dapat memberikan manfaat bagi partisipasi masyarakat dalam pembangunan Bojonegoro, terutama di bidang pendidikan dan kesehatan.

"Para peserta juga agar bisa mengikuti kegiatan ini hingga tuntas, sehingga wawasan yang didapatkan juga tidak setengah-setengah,"kata Nuril yang sekaligus membuka kegiatan secara simbolis.

Tag : Hivos, aji


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat