16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kasus Gugatan PI Blok Cepu

Sidang ke III, Tergugat dengarkan Tuntutan Penggugat Soal PI

blokbojonegoro.com | Tuesday, 15 September 2020 19:00

Sidang ke III, Tergugat dengarkan Tuntutan Penggugat Soal PI

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com- Sidang ke-III gugatan dugaan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) perjanjian kerjasama Particypating of Interest (PI) blok Cepu yang diajukan oleh Agus Susanto Rismanto, kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Bojonegoro, Selasa (15/9/2020). Pada sidang kali ini, semua tergugat hadir mulai tergugat I,II,III dan IV hanya saja tergugat V yakni KPK RI kembali tidak hadir.

"Ketidakhadiran KPK selaku tergugat dalam sidang ke III ini, dianggap tidak menggunakan haknya,"  Hakim Ketua, Salman Alfarisi saat memimpin persidangan.

Salman Alfarisi menyampaikan proses persidangan diawali dengan tahap pemeriksaan dalam legal standing penggugat dan tergugat dan selanjutnya barulah masuk pada pokok perkara agar memenuhi kaidah persidangan yang sederhana, cepat dengan biaya ringan. Sehingga hakim ketua memberikan kesempatan penggugat membacakan tuntutannya hingga tuntas.

"Sebelum sidang pekara tuntutan, kita sepakati untuk pemeriksaan legal standing lebih dulu," ucap Salman Alfarisi dihadapan penggugat dan tergugat.

Selanjutnya, Agus Susanto Rismanto selaku penggugat membacakan tuntutannya hingga tuntas kepada Majelis Hakim dan panitera, pihak tergugat dan masyarakat umum.

Adapun isi tuntutan hal yang dimintakan penggugat di antaranya pertama menyatakan kerjasama PT Asri Dharma Sejahteran dan PT Surya Energi Raya Nomor 002/06/MoU/Ads/2005; 1/SER/V/2005 tanggal 5 Juni 2005 dan Perjanjian Pemegang Saham Mayoritas PT SER yang ditanda tangani Bupati Bojonegoro pada tanggal 31 Maret 2009 bersama PT ADS dan PT SER bertentangan dengan Hukum adalah Perbuatan Melawan Hukum dan harus dinyatakan Batal Demi Hukum.

Kedua, menyatakan Perjanjian antara PT ADS dan PT SER telah bertentangan dengan Undang-undang tentang Perseroan Terbatas, Peraturan Pemerintah Nomor 35 tentang Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi, Peraturan Daerah Nomor 4 tahun2009 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 8 tahun 2002 tentang Pembentukan Perseroan Daerah PT ADS.

Ketiga, menghukum Tergugat I, II dan III untuk membatalkan perjanjian-perjanjian tersebut di atas dan membuat perjanjian baru dengan perhitungan rasional dan adil bagi kepentingan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Sedangkan isi Keempat yakni menghukum Tergugat I, Tergugat II dan turut Tergugat 1 membuat opsi bagi Hasil PI dengan PT SER dengan skema PT ADS : PT SER = 75 %:25%. setelah seluruh saham seri C dan biaya-biaya bunga, operasional diperhitungkan dan dibayarkan kepada Tergugat III dan masih ada beberapa tuntutan lainnya.

Gugatan yang dilayangkan disebut Hakim sebagai Gugatan Citizen Law Suit atau dikenal juga sebagai gugatan warga negara atau gugatan action popularis adalah gugatan yang diajukan oleh perseorangan warga negara kepada negara atas nama kepentingan hukum, dimana penggugat tidak perlu membuktikan secara riil mengalami kerugian.

Usai pembacaan gugatan itu akhirnya Hakim Ketua Majelis pengadilan selanjutnya membahas kesepakatan jadwal sidang sebelum masuk pada pokok perkara. Hal itu, Untuk menentukan pemenuhan syarat formil gugatan Citizen Law Suit, terlebih dahulu legal standing tergugat II yakni ADS harus sudah terdaftar di Panitera.

"Sidang akan perkara ini akan kembali dilanjutkan pada tanggal 29 september 2020 dengan agenda mendengar jawaban legal standing," tutup Hakim ketua. [saf/lis]


Tag : Gugatan, blok cepu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat