19:00 . Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPNNU Ngambon Adakan Rakerancab   |   18:00 . Konsumsi BBM dan LPG Meningkat Menjelang Akhir September   |   17:00 . Ini Kondisi Sumur Bor Keluarkan Gas di Padasmalang   |   16:00 . Besok Menteri Desa PDTT Kunjungi Desa Pejambon   |   15:00 . Bupati Buka Acara Pelatihan Hidroponik Warga Binaan Lapas   |   14:00 . Warga Binaan Lapas Kelas II A Bojonegoro Diberikan Pelatihan Tehnik Hidroponik   |   13:00 . Harga Jual Turun, Buyback Justru Stagnan   |   12:00 . RS 'Aisyiyah Siap Beri Dukungan Pelayanan Kesehatan   |   11:00 . Tak Kenal Lelah, Tanpa Pamrih, Mengabdi Amalkan Ilmu   |   07:00 . 3 Tips Tenangkan Bayi yang Menangis   |   23:00 . Kanwil BPN Serahkan 3.313 Sertifikat Tanah Kepada Pemkab   |   22:00 . Satu Guru Setingkat SMA Terkonfirmasi Covid 19   |   21:00 . BPN Bojonegoro Serahkan Sertifikat Hak Atas Tanah Kodim   |   20:00 . Klaim Pasien Covid 19 se-Jatim Capai Rp1 Triliun   |   19:00 . Bersih-Bersih, Polres Gelar Tes Urine Bagi Anggota   |  
Thu, 24 September 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 15 September 2020 19:00

Kasus Gugatan PI Blok Cepu

Sidang ke III, Tergugat dengarkan Tuntutan Penggugat Soal PI

Sidang ke III, Tergugat dengarkan Tuntutan Penggugat Soal PI

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com- Sidang ke-III gugatan dugaan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) perjanjian kerjasama Particypating of Interest (PI) blok Cepu yang diajukan oleh Agus Susanto Rismanto, kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Bojonegoro, Selasa (15/9/2020). Pada sidang kali ini, semua tergugat hadir mulai tergugat I,II,III dan IV hanya saja tergugat V yakni KPK RI kembali tidak hadir.

"Ketidakhadiran KPK selaku tergugat dalam sidang ke III ini, dianggap tidak menggunakan haknya,"  Hakim Ketua, Salman Alfarisi saat memimpin persidangan.

Salman Alfarisi menyampaikan proses persidangan diawali dengan tahap pemeriksaan dalam legal standing penggugat dan tergugat dan selanjutnya barulah masuk pada pokok perkara agar memenuhi kaidah persidangan yang sederhana, cepat dengan biaya ringan. Sehingga hakim ketua memberikan kesempatan penggugat membacakan tuntutannya hingga tuntas.

"Sebelum sidang pekara tuntutan, kita sepakati untuk pemeriksaan legal standing lebih dulu," ucap Salman Alfarisi dihadapan penggugat dan tergugat.

Selanjutnya, Agus Susanto Rismanto selaku penggugat membacakan tuntutannya hingga tuntas kepada Majelis Hakim dan panitera, pihak tergugat dan masyarakat umum.

Adapun isi tuntutan hal yang dimintakan penggugat di antaranya pertama menyatakan kerjasama PT Asri Dharma Sejahteran dan PT Surya Energi Raya Nomor 002/06/MoU/Ads/2005; 1/SER/V/2005 tanggal 5 Juni 2005 dan Perjanjian Pemegang Saham Mayoritas PT SER yang ditanda tangani Bupati Bojonegoro pada tanggal 31 Maret 2009 bersama PT ADS dan PT SER bertentangan dengan Hukum adalah Perbuatan Melawan Hukum dan harus dinyatakan Batal Demi Hukum.

Kedua, menyatakan Perjanjian antara PT ADS dan PT SER telah bertentangan dengan Undang-undang tentang Perseroan Terbatas, Peraturan Pemerintah Nomor 35 tentang Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi, Peraturan Daerah Nomor 4 tahun2009 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 8 tahun 2002 tentang Pembentukan Perseroan Daerah PT ADS.

Ketiga, menghukum Tergugat I, II dan III untuk membatalkan perjanjian-perjanjian tersebut di atas dan membuat perjanjian baru dengan perhitungan rasional dan adil bagi kepentingan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Sedangkan isi Keempat yakni menghukum Tergugat I, Tergugat II dan turut Tergugat 1 membuat opsi bagi Hasil PI dengan PT SER dengan skema PT ADS : PT SER = 75 %:25%. setelah seluruh saham seri C dan biaya-biaya bunga, operasional diperhitungkan dan dibayarkan kepada Tergugat III dan masih ada beberapa tuntutan lainnya.

Gugatan yang dilayangkan disebut Hakim sebagai Gugatan Citizen Law Suit atau dikenal juga sebagai gugatan warga negara atau gugatan action popularis adalah gugatan yang diajukan oleh perseorangan warga negara kepada negara atas nama kepentingan hukum, dimana penggugat tidak perlu membuktikan secara riil mengalami kerugian.

Usai pembacaan gugatan itu akhirnya Hakim Ketua Majelis pengadilan selanjutnya membahas kesepakatan jadwal sidang sebelum masuk pada pokok perkara. Hal itu, Untuk menentukan pemenuhan syarat formil gugatan Citizen Law Suit, terlebih dahulu legal standing tergugat II yakni ADS harus sudah terdaftar di Panitera.

"Sidang akan perkara ini akan kembali dilanjutkan pada tanggal 29 september 2020 dengan agenda mendengar jawaban legal standing," tutup Hakim ketua. [saf/lis]


Tag : Gugatan, blok cepu


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat