07:00 . Gejala dan Tips Cara Mengatasi Pilek pada Bayi   |   06:00 . Sudah Divaksin Tetapi Bisa Positif Covid-19   |   20:00 . Tembus 1 Juta, Kasus Covid Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara   |   19:00 . Polres Bojonegoro Kawal 3.680 Vial Vaksin Covid-19   |   18:00 . Rektor UNUGIRI Resmi Dilantik Ketum PBNU Secara Virtual   |   17:00 . Polres Bojonegoro Amankan Pelaku Pembalakan Liar   |   16:00 . BPBD Laksanakan Kegiatan Edukasi Bencana Banjir dan Penyerahan Sembako   |   15:00 . IPNU IPPNU Gayam beserta FPKT Bahu Membahu Tanam 1000 Pohon   |   14:00 . BPBD Lakukan Penyemprotan Disinfektan   |   13:00 . Donor Plasma Konvalesen, PMI Bojonegoro Akan Lakukan Rapat Koordinasi   |   12:00 . 37.473 Warga Bojonegoro Terima BST Melalui Kantor Pos   |   11:00 . Dikawal Ketat, Vaksin Sinovac Tiba di Bojonegoro   |   10:00 . Hendak Melawan, Spesialis Pembobol Konter Didor   |   09:00 . Vaksin Sinovac Tiba di Bojonegoro   |   08:00 . Puluhan Ribu Vaksinator Bersiap Jadi Komunikator Andal   |  
Wed, 27 January 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Inovatif, Industri ini Sulap Buah Salak Jadi Kurma

blokbojonegoro.com | Thursday, 07 January 2021 09:00

Inovatif, Industri ini Sulap Buah Salak Jadi Kurma

Kontributor: Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Siapa yang tak suka dengan buah Salak. Salak termasuk buah yang terbilang harganya relatif murah dan banyak manfaat. Kini, Salak juga telah banyak diolah menjadi beberapa cemilan yang nikmat untuk disantap. Salah satunya, olahan buah Salak yang disulap menjadi kurma.

Ide kreatif Kurma Salak dilakukan produsen yang berasal dari Bojonegoro. Produsen tersebut membuat olahan Salak menjadi Kurma ini sudah lumayan lama. Berawal dari belajar dengan orang lain, kini ia berhasil mendirikan usaha Kurma Salak miliknya sendiri.

Usaha yang ia mulai sejak tahun 2017 lalu, kini telah banyak dikenal di beberapa kota seperti Jakarta, Surabaya, Trenggalek, dan masih banyak kota yang lain.

"Kalau untuk di Bojonegoro, saya stok sendiri di rumah dan saya titip kan ke beberapa outlet pusat oleh-oleh Bojonegoro," ujar Wulan, selaku Produsen Kurma Salak. 

Adapun proses pembuatan Kurma Salak ini terbilang memakan waktu. Mulai awal pengupasan serta pengemasan. Proses pembuatannya dengan cara mencampur Salak dengan gula pasir, gula merah, dan garam dicampur lalu direndam dengan air. Setelah itu dibiarkan hingga olahan tersebut meresap ke dalam Salak.

Setelah itu olahan tersebut dioven selama 1 jam. Lalu dipanaskan ke dalam oven lampu lagi selama 2 hari 2 malam. Hal tersebut dilakukan agar olahan Salak tersebut menjadi kering dan mudah dikemas.

Dalam 1 kemasan, Wulan menjual kurma Salak tersebut dengan harga Rp15.000, dengan total bersih 150 gram.

"Yang paling lama itu proses oven terakhir, soalnya kita butuh benar-benar kurma Salak yang bagus dan tidak basah. Agar bisa bertahan lama dan lebih nikmat disantap," ungkapnya.

Ibu tiga anak itu juga mengatakan bahwa sekali proses pengolahan Kurma Salak, memerlukan 5 kilogram Salak untuk diproses menjadi beberapa kemasan. Karena hitungan tidak akan pernah sama, maka Wulan tidak bisa membulatkan hasil. Ia juga mengatakan semua itu tergantung Salak yang ia produksi. Kalaupun Salak yang ia produksi besar-besar, maka akan mendapatkan lebih banyak hasil.

 "Saya buat Kurma Salak seperti ini juga tidak setiap hari, kalau masih ada stok penjualan gitu saya tidak produksi dulu, ditambah lagi salak kan ya juga musiman, jadi saya tidak setiap hari memprosuksi kurma salak ini. Namun setiap hari saya selalu memasarkan Kurma Salak usaha saya ini,"  tandasnya. [uul/lis]

 

Tag : Salak, kurma


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat