11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspada Corona, Jangan Panik

Hasil Rapid Test Segera Dikirim ke RS. Saiful Anwar

blokbojonegoro.com | Saturday, 09 May 2020 15:00

Hasil Rapid Test Segera Dikirim ke RS. Saiful Anwar

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Banyaknya hasil yang menunjukkan reaktif positif dari hasil klaster pasar, membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jatim berkoordinasi dengan Pemkab Bojonegoro menentukan langkah antisipasi penyebaran covid 19 ini agar tidak semakin meluas. Selain itu guna mengetahui secepatnya hasil dari rapid test pedangang pasar itu akan dibawa ke RS. Saiful Anwar Malang.

Dari ratusan pedangang pasar di tiga lokasi yang dirapid test, hasilnya 168 orang pedangan reaktif positif covid 19.

"Sudah 3 pasar dirapid tes yakni Pasar Besar Kota Bojonegoro, Banjarejo dan Dander," ungkap Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah saat menggelar pertemuan dengan tim gugus Covid 19 dari Provinsi Jatim di Pendopo, Sabtu (9/5/2020).

Menurut Bupati Bojonegoro, Pemkab telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran covid 19, salah satunya menggelar rapid test secara massal di tempat berkerumunnya warga seperti pasar. Pasar ini menjadi salah satu tempat yang diduga covid 19 menyebar, sehingga perlu dilakukan rapid test kepada para pedagang.

Tidak hanya itu, dari hasil rapid yang telah dilakukan itu, banyak pula pedagang yang reaktif. Dari hasil itu, pedagang yang reaktif positif perlu pengawasan lebih sekaligus dikarantina/diisolasi, menunggu hasil swab test.

Terpisah, Kepala Dinkes Provinsi Jatim, Herlin Ferliana mengaku bangga dengan upaya yang telah dilakukan Pemkab Bojonegoro guna mencegah penyebaran Covid 19 di wilayahnya, bahkan telah melakukan rapid test secara massal di tempat keramaian seperti pasar. Meski hasilnya banyak pedagang pasar yang reaktif positif dan masih perlu pendalaman agar hasil itu lebih valid lagi.

Oleh karenanya, agar lebih cepat mengetahui hasilnya, Dinkes Provinsi Jatim akan segera mengirimkan hasil rapid test pedagang Bojonegoro ke Rumah Sakit yang lebih siap untuk mengecek hasil rapid tes tersebut.

"Hasil rapid test pedagang itu, akan dikirim ke RS Saiful Anwar Kota Malang yang dipandang mampu bisa mengecek hasil rapid tes," ucapnya.

Lanjut Herlin, di Jawa Timur hanya ada 2 laboratorium yaitu di BPITKL dan ITD, dimana masing-masing tempat itu dalam sehari maksimal hanya mampu mengeluarkan rata-rata 300 hasil rapid test. Padahal setiap hari rapid test yang diterima di dua tempat itu 1.000, dengan kondisi itu maka banyak penumpukan.

"Untuk Bojonegoro akan kita prioritaskan agar hasil rapid test dari seratusan pedangan itu segera keluar, dengan mengirimkan ke RS Saiful Anwar Kota Malang," terangnya.

Dengan segera diketahuinya hasil rapid tes itu, Pemkab Bojonegoro bisa segera menentukan langkah agar penyebaran covid 19 tidak semakin meluas. "Semua itu, pastinya untuk memutus rantai covid 19," pungkas Herlin. [saf/mu]

Tag : Rapid tes, pasar, klaster pasar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat