18:00 . Mulai 1 April, ASN di Bojonegoro Diwajibkan Gunakan Udheng Samin   |   16:00 . Usai Tenggak Miras Oplosan, Tiga Warga Bojonegoro Meregang Nyawa   |   15:00 . Mentan Andi Sulaiman Tinjau Gerakan Pompanisasi di Bojonegoro   |   13:00 . Pj Adriyanto Berharap Semua Kepala Desa Bergerak Aktif Membangun Daerah   |   19:00 . Fatayat NU Balen, Bojonegoro Bagikan Ratusan Takjil ke Pengguna Jalan   |   18:00 . Cegah Perang Sarung, Kapolres Bojonegoro: Pastikan Anak-anak Tak Pulang Larut Malam   |   17:00 . KAI DAOP 8 Tambah 11 Kereta Api Jelang Mudik Lebaran   |   15:00 . Seorang Guru di Bojonegoro Diduga Lecehkan Siswanya   |   08:00 . Jumlah Buaya di Bengawan Solo, Bojonegoro Diperkirakan 10 Ekor Lebih   |   22:00 . Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Bojonegoro Paparkan LKPJ Tahun 2023   |   21:00 . Fakta Persidangan Pengeroyokan di Bojonegoro : Pelaku dan Korban Sama Cari Musuh   |   20:00 . Dari Aku Perempuan Untukmu Perempuan   |   19:00 . Sidang Pengeroyokan di Bojonegoro, Ibu Korban Minta Pelaku Dihukum Mati   |   18:00 . Bojonegoro Diprediksi Surplus Beras Bulan Maret dan April   |   17:00 . Inspeksi Rumah Terancam Longsor, Pj Bupati Bojonegoro : Kami Sarankan Relokasi   |  
Tue, 19 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sebentar Lagi Seluruh Sumur Gas Selesai Dibor PEPC

blokbojonegoro.com | Tuesday, 16 June 2020 10:00

Sebentar Lagi Seluruh Sumur Gas Selesai Dibor PEPC

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Progres Proyek Pengembangan Lapangan Gas Unitisasi Jambaran–Tiung Biru (JTB) di Bojonegoro yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC) semakin hari semakin menunjukkan capaian yang signifikan.

Meskipun dalam kondisi yang tergolong sulit, mulai dari harga minyak mentah dunia yang sedang turun hingga krisis kesehatan yang tengah melanda seluruh dunia, sedikit banyak memang berdampak terhadap pekerjaan Proyek Strategis Nasional (PSN) ini, namun berkat upaya tekun, kerja keras dan terukur serta mengikuti protokol kesehatan, jajaran manajemen serta seluruh pekerja PEPC hal tersebut bisa dilalui.

Setelah merampungkan pemboran empat sumur di Jambaran East (JE) yang meliputi sumur JAM-3, sumur JAM-5 dan sumur JAM-8, serta completion sumur existing JAM-4 ST, kali ini PEPC akan memulai tajak sumur di Jambaran Central (JC) yang ditandai dengan menggelar doa bersama dengan masyarakat dan anak yatim/piatu di lokasi Jambaran Central, Bojonegoro, Jawa Timur pada Senin, (15/6/2020). 

Doa bersama ini dilakukan secara sederhana, dan dengan undangan terbatas, serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Adapun di Jambaran Central ini terdapat dua sumur baru yang akan dilakukan pemboran kali ini, yakni sumur JAM-6 dan sumur JAM-7.

Menurut Manager Drilling Engineering PEPC, Bambang Purwanto, yang hadir dalam acara doa bersama, dalam mengerjakan tajak sumur ini pihaknya meminta doa dan dukungan warga sekitar, supaya proses dapat berjalan lancar dan aman.

"Kami berharap pemboran ini bisa berjalan lancar dan aman. Sehingga pekerjaan drilling 100 persen bisa rampung pada November tahun ini. Kita telah menyelesaikan 60 persen (4 sumur pemboran) di Jambaran East, semoga dengan doa dukungan masyarakat ini penyelesaian yang 40 persen (2 sumur pemboran) di Jambaran Central ini bisa lancar dan rampung sesuai jadwal," ungkap Bambang.

Menurut Bambang, pemboran dua sumur lagi dalam Project JTB ini diperakirakan membutuhkan waktu lima bulan lagi. Sehingga pada November 2020 ini pemboran diharapkan dapat rampung seluruhnya. Adapun Project JTB total memiliki enam sumur produksi dengan kapasitas satu sumur mampu memproduksi gas rata-rata sekitar 60 MMSCFD. 

Di tempat yang sama, Manager JTB Site Office & PGA PEPC, Edy Purnomo mengatakan, acara doa bersama dalam rangka mengajak masyarakat untuk turut mendukung kelancaran akan dimulainya proses pemboran di Jambaran Central.

Selain potong tumpeng, dalam doa bersama ini PEPC juga memberikan sumbangan kepada anak yatim/piatu sebanyak 74  anak yang berasal dari desa sekitar.

"Ini kita adakan doa bersama dengan perwakilan warga dan anak yatim/piatu. Menandai akan dimulainya pekerjaan pemboran kita dahului dengan doa, supaya doa, restu masyarakat dan doa kita semua ikut membantu kelancaran pekerjaan di Jambaran Central dan seluruh Proyek JTB," tegas Edy.

Sementara itu, pihak Kecamatan Purwosari yang hadir dalam acara doa bersama menyampaikan dukungan penuh terhadap proses pekerjaan ini. Sekretaris Kecamatan Purwosari, Dyah Enggarini juga siap membantu dan mensupport jika PEPC memerlukan dukungan dari pihaknya. “Kami akan siap memberikan fasilitas ataupun dukungan kemudahan koordinasi jika pihak PEPC membutuhkannya. Semoga proyek ini dapat membantu meningkatkan perekonomian di wilayah sini maupun Bojonegoro secara luas,” kata Enggar. 

Seperti diketahui, Proyek JTB mempunyai kapasitas 330 MMSCFD, dan ditargetkan memproduksi sales gas sebesar 192 MMSCFD yang dialirkan melalui Pipa transmisi Gresik-Semarang. Dengan cadangan gas JTB sebesar 2,5 triliun kaki kubik (TCF), JTB diharapkan dapat memberikan efek berganda khususnya untuk mengatasi defisit pasokan gas di Jawa Tengah dan Jawa Timur. [Iyo/mu]

Tag : Migas, pepc, jambaran tiung biru, jtb, gas jtb



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat