13:00 . Pembacokan Anak, Begini Kondisi Korban dan Pelaku di RSUD   |   13:00 . Akibat Korsleting Listrik, Rumah Perhutani di Temayang Ludes   |   07:00 . Ibu Hamil Harus Tahu, Kondisi Silent Killer Ini Bisa Sebabkan Komplikasi Kehamilan   |   19:00 . Liga Kacabdin Bojonegoro Wadahi Siswa Berkompetisi   |   18:00 . Halal Bi Halal, PAC ISNU Balen Mantapkan Program Kerja   |   14:00 . Libur Waisak, Harga Logam Mulia Antam Naik   |   12:00 . Masih Membludak Antre Tiket Bioskop Film KKN Desa Penari   |   11:00 . PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Kedewan Masa Bakti 2021-2023 Resmi Dilantik   |   10:00 . Pemkab Renovasi Jembatan Penghubung Kecamatan Temayang dan Sugihwaras   |   09:00 . 1 Siswa SMA di Bojonegoro Tak Lulus Ujian   |   08:00 . Bernostalgia Bareng Tamiya, Ini Tips dan Perawatannya   |   07:00 . Sering Berkeringat di Malam Hari Saat Tidur? Bisa Jadi Anda Mengalami 5 Kondisi Ini   |   18:00 . Ular Sanca Kembang Ditemukan di Pekarangan Warga Banjarsari   |   17:00 . Tak Terima Diejek, Anak 13 Tahun Bacok Teman Mainnya   |   15:00 . Bentor, Sarana Transportasi Alternatif Saat Terjebak Hujan di Terminal   |  
Tue, 17 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Laris, Manisnya Ubi bakar Cilembu Madu Khas Tanah Sunda

blokbojonegoro.com | Saturday, 27 June 2020 16:00

Laris, Manisnya Ubi bakar Cilembu Madu Khas Tanah Sunda

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Ubi cilembu atau memiliki nama lain Ipomea batatas (L.) Lamb, merupakan salah satu jenis ubi jalar yang sangat digemari masyarakat lokal maupun manca negara, karena rasanya yang khas. Yakni getah pada ubinya akan meleleh seperti madu jika dipanggang dalam oven panas.

Si ubi madu ini juga memiliki kandungan gizi serta vitamin A yang lebih tinggi dibanding ubi jenis lain. Selain itu, ubi cilembu juga dapat dijadikan sebagai pengganti nasi karena mengandung karbohidrat dan memiliki serat tinggi.

Di Bojonegoro sendiri, ketika melintas di sekitar Jalan Panglima Sudirman, tentu akan kita jumpai kedai yang menjajakan ubi bakar madu khas cilembu. Jika dari namanya sendiri ubi ini ditanam dari Desa Cilembu, Sumedang, Jawa Barat.

Menariknya, meski baru satu bulan berdiri, kedai ubi madu cilembu ini justru kebanjiran pelanggan. Tak ayal dalam sehari ubi bakar madu ini laris terjual hingga 60 kilogram lebih.

"Baru satu bulan buka kedai ubi madu cilembu, Alhamdulillah dalam sehari bisa menjual hingga 60 kilogram," tutur Irwan penjaga toko.

Irwan juga berimbuh, ubi madu yang ia jajakan ini ada dua varian. Dari ubi madu mentah per kilogram Rp15.000 serta ubi madu oven/panggang per kilogram seharga Rp22.000.

Sedangkan untuk penjualan yang paling laris atau diminati masyarakat yakni ubi bakar madu oven/panggang. Sebab ketika berada di dalam oven, getah dalam ubi akan meleleh dengan sendirinya serta menghasilkan rasa seperti madu.

"Yang paling diminati ubi madu oven, karena ketika berada dalam oven panas secara otomatis getah dalam ubi itu akan meleleh dan menghasilkan rasa bak madu. Sehari saja ubi madu oven terjual 60 kilogram," jelasnya.

Sementara itu, Sugeng salah seorang pembeli mengatakan, meski baru dua kali memborong ubi madu. Dirinya merasa ketagihan untuk memborong kembali, terlebih ubi madu oven. Karena rasa manisnya yang khas.

"Beli ubi madu oven sudah dua kali, ini beli lagi yang kesekian kali. Rasa manisnya yang khas itu nagih," pungkasnya. [liz/mu]

Tag : ubi madu cilembu, ubi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat