18:00 . Mulai 1 April, ASN di Bojonegoro Diwajibkan Gunakan Udheng Samin   |   16:00 . Usai Tenggak Miras Oplosan, Tiga Warga Bojonegoro Meregang Nyawa   |   15:00 . Mentan Andi Sulaiman Tinjau Gerakan Pompanisasi di Bojonegoro   |   13:00 . Pj Adriyanto Berharap Semua Kepala Desa Bergerak Aktif Membangun Daerah   |   19:00 . Fatayat NU Balen, Bojonegoro Bagikan Ratusan Takjil ke Pengguna Jalan   |   18:00 . Cegah Perang Sarung, Kapolres Bojonegoro: Pastikan Anak-anak Tak Pulang Larut Malam   |   17:00 . KAI DAOP 8 Tambah 11 Kereta Api Jelang Mudik Lebaran   |   15:00 . Seorang Guru di Bojonegoro Diduga Lecehkan Siswanya   |   08:00 . Jumlah Buaya di Bengawan Solo, Bojonegoro Diperkirakan 10 Ekor Lebih   |   22:00 . Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Bojonegoro Paparkan LKPJ Tahun 2023   |   21:00 . Fakta Persidangan Pengeroyokan di Bojonegoro : Pelaku dan Korban Sama Cari Musuh   |   20:00 . Dari Aku Perempuan Untukmu Perempuan   |   19:00 . Sidang Pengeroyokan di Bojonegoro, Ibu Korban Minta Pelaku Dihukum Mati   |   18:00 . Bojonegoro Diprediksi Surplus Beras Bulan Maret dan April   |   17:00 . Inspeksi Rumah Terancam Longsor, Pj Bupati Bojonegoro : Kami Sarankan Relokasi   |  
Tue, 19 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Konsumsi BBM dan LPG Meningkat, Pertamina Pastikan Distribusi Aman

blokbojonegoro.com | Friday, 19 June 2020 19:00

Konsumsi BBM dan LPG  Meningkat, Pertamina Pastikan Distribusi Aman

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com – Seiring dengan berakhirnya PSBB Jilid Ketiga di Surabaya Raya pada 8 Juni yang lalu, masyarakat memasuki masa transisi menuju kenormalan baru. Menghadapi kondisi ini, PT Pertamina (Persero) memastikan suplai energi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquified Petroleum Gas (LPG) tetap tersedia bagi masyarakat.

Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus, Rustam Aji, mengungkapkan konsumsi BBM di wilayah Surabaya Raya (Surabaya, Gresik, Sidoarjo) pada 10 (sepuluh) hari PSBB Transisi menunjukkan kecenderungan tren naik.

“Rata-rata harian konsumsi BBM jenis Gasoline di wilayah Surabaya Raya sampai dengan kemarin (20/6) meningkat 19 persen dibandingkan rerata konsumsi selama masa PSBB," kata Rustam.

Konsumsi tercatat 2.500 Kilo Liter (KL) per hari dibandingkan bulan lalu 2.100 KL per hari. Hal ini sebagai indikasi sebagian masyarakat sudah kembali beraktivitas di luar rumah.

Rustam menambahkan, bahwa berdasarkan penugasan dari Pemerintah, Pertamina masih menyalurkan dan menyediakan Premium. Pertamina juga menyediakan BBM Umum yang meliputi Perta Series (Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo) yang termasuk bahan bakar jenis Gasoline.

Sedangkan untuk konsumsi BBM jenis gasoil (Biosolar dan Dex Series) di wilayah Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo bahkan meningkat lebih besar sebanyak 36 persen.

"Dengan jumlah konsumsi pada sepuluh hari terakhir ini sebanyak 1.300 KL per hari, dibandingkan rerata konsumsi masa PSBB yang sebesar 960 KL per hari," imbuh Rustam.

Rustam menambahkan, masyarakat tak perlu khawatir akan ketersediaan BBM dalam beraktivitas menyambut kondisi kenormalan baru. Tetap membeli BBM dalam jumlah yang wajar dan sesuai dengan peruntukkannya. Dan mulai beralih ke bahan bakar yang lebih berkualitas dan lebih ramah lingkungan.

Supply LPG pun dipastikan Rustam mencukupi kebutuhan masyarakat. "Konsumsi LPG di sektor rumah tangga pada masa tatanan normal baru pada masa pandemi ini, tercatat sebesar lebih dari 860 Metrik Ton (MT) per hari, atau meningkat sebesar 12 persen dari rerata konsumsi masa PSBB sebesar 770 MT per hari" kata Rustam.

Dengan meningkatnya aktivitas luar rumah warga di masa kenormalan baru, Pertamina terus menerapkan standar protokol pencegahan COVID-19 di SPBU. Diantaranya menugaskan operator menggunakan pelindung wajah, mengatur posisi berdiri konsumen ketika mengisi BBM dalam jarak minimal satu meter.

Kontak fisik dengan konsumen juga diminimalisir untuk mengurangi potensi penularan COVID-19. Salah satunya dengan mempersiapkan mekanisme pembayaran non tunai, melalui aplikasi MyPertamina. Terdapat 152 SPBU di Surabaya Raya yang sudah menyediakan layanan non tunai.

Untuk lebih memperluas penggunaan non tunai, Pertamina memperpanjang program cashback 30 persen atau maksimal 20 ribu Rupiah bagi konsumen Pertamax, Pertamax Turbo dan Pertamina Dex hingga 31 Juli. "Program cashback 50 persen bagi pengemudi ojek online dan angkutan kota pun masih berlaku," pungkasnya. [ito]

 

Tag : Pertamina, mor, surabaya



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat