18:00 . Mulai 1 April, ASN di Bojonegoro Diwajibkan Gunakan Udheng Samin   |   16:00 . Usai Tenggak Miras Oplosan, Tiga Warga Bojonegoro Meregang Nyawa   |   15:00 . Mentan Andi Sulaiman Tinjau Gerakan Pompanisasi di Bojonegoro   |   13:00 . Pj Adriyanto Berharap Semua Kepala Desa Bergerak Aktif Membangun Daerah   |   19:00 . Fatayat NU Balen, Bojonegoro Bagikan Ratusan Takjil ke Pengguna Jalan   |   18:00 . Cegah Perang Sarung, Kapolres Bojonegoro: Pastikan Anak-anak Tak Pulang Larut Malam   |   17:00 . KAI DAOP 8 Tambah 11 Kereta Api Jelang Mudik Lebaran   |   15:00 . Seorang Guru di Bojonegoro Diduga Lecehkan Siswanya   |   08:00 . Jumlah Buaya di Bengawan Solo, Bojonegoro Diperkirakan 10 Ekor Lebih   |   22:00 . Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Bojonegoro Paparkan LKPJ Tahun 2023   |   21:00 . Fakta Persidangan Pengeroyokan di Bojonegoro : Pelaku dan Korban Sama Cari Musuh   |   20:00 . Dari Aku Perempuan Untukmu Perempuan   |   19:00 . Sidang Pengeroyokan di Bojonegoro, Ibu Korban Minta Pelaku Dihukum Mati   |   18:00 . Bojonegoro Diprediksi Surplus Beras Bulan Maret dan April   |   17:00 . Inspeksi Rumah Terancam Longsor, Pj Bupati Bojonegoro : Kami Sarankan Relokasi   |  
Tue, 19 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Di Rumah Saja Bocah 10 Tahun ini Kembangkan Hobi Jadi Bisnis Cupang

blokbojonegoro.com | Wednesday, 17 June 2020 10:00

Di Rumah Saja Bocah 10 Tahun ini Kembangkan Hobi Jadi Bisnis Cupang

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Jika biasanya anak-anak seusia Hilmy Yusuf Affandi (10), siswa kelas tiga MI di salah satu Madrasah yang ada di Bojonegoro, memiliki hobi bermain ketika liburan sekolah.

Tetapi berbeda dengan bocah (10) asal Kelurahan Mojokampung ini, berawal dari hobi memelihara ikan hias berjenis cupang. Kini ia kembangkan bisnis berjualan berbagai macam ikan hias, baik cupang maupun koi.

Tampak di depan rumahnya, yang berada di Kelurahan Mojokampung, Bojonegoro, berjajar jenis ikan hias cupang bergelantungan bersama wadahnya.

Baik jenis ikan cupang serit, cupang Nemo, cupang Giant, cupang half moon, ikan koi maupun ikan badut.

Ketika dijumpai blokBojonegoro.com di depan lapaknya, Hilmya mengatakan, awal mula tertarik memelihara cupang hingga bisnis cupang sejak kelas 3 SD.

Bermula ketika ada seorang kawan yang memiliki cupang, namun cupang tersebut untuk di adu. Darisitulah ia tertarik memelihara cupang, tetapi bukan untuk diadu melainkan untuk hiasan.

"Awalnya ada kawan yang punya cupang tetapi untuk di adu, saya pun dari situ mulai tertarik. Tetapi untuk hiasan," ungkap Bocah asal Mojokampung ini.

Hilmy juga berseloroh, awalnya ia hanya memiliki 5 cupang jenis half moon dan serit. Seiring berjalannya waktu karena intens merawat cupang. Maka sekarang ada berbagai jenis, baik half moon, nemo hingga giant.

Berkat keuletan dalam mengembangkan hobinya beternak cupang, kini ia memiliki lapak cupang sendiri di depan rumahnya.

Bocah 10 tahun ini juga mentaksir, dalam sehari meski dirumah saja. Cupang yang ia jajakan di depan rumah terkadang bisa terjual dari 3 hingga 6 jenis cupang dalam sehari.

"Sehari bisa terjual 3-6 ikan cupang. Yang paling banyak diminati cupang jenis plakat untuk kontes," imbuhnya.

Bocah 10 tahun ini juga berimbuh, uang hasil dari penjualan cupang ini akan ia tabung dan separonya sebagai modal berjualan cupang kembali. [liz/ito]

Tag : bisnis, cupang, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat