18:00 . Di Bumi Cenderawasih, Bupati Anna Sapa Warga Bojonegoro   |   17:00 . Calon Jemaah Haji Bojonegoro Diagendakan Berangkat Pekan Awal Juni   |   15:00 . Jaga Warisan Budaya, BPSDM Jatim Kunjungi Kampung Thengul di Margomulyo   |   14:00 . Peringatan HUT IBI, Layani KB MKJP Serentak di 6 Kecamatan   |   13:00 . Swiwings Express Hadir di Bojonegoro Jadi Spesialis Sayap   |   12:00 . Mulai Juli Kurikulum Merdeka Belajar Diterapkan di 461 Sekolah Bojonegoro   |   10:00 . PPDB Ditutup, Baru 5 SMP di Bojonegoro Penuhi Pagu   |   08:00 . Petani Terima Bibit Tembakau Virginia dari Pemkab Bojonegoro   |   22:00 . 2 Mitra Binaan PEPC JTB Berpartisipasi di Ajang Forkapnas   |   21:00 . Prof. Widodo, Alumni SMP Negeri Kapas Terpilih Menjadi Rektor Universitas Brawijaya Malang   |   20:00 . Alumni dan Santri Tebuireng Bojonegoro, Tuban dan Lamongan Gelar Halal Bihalal   |   19:00 . Serap Aspirasi, Bupati Anna Diskusi Langsung dengan BEM dan Ormawa   |   18:00 . Satlantas Polres Bojonegoro Melakukan Rekayasa Lalin di Jembatan Glendeng   |   17:00 . Presiden Joko Widodo Ajak Masyarakat Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri   |   16:00 . Akses Jembatan Glendeng Sudah Ditutup, Masih Ada Pengguna Jalan yang Nyelonong   |  
Mon, 23 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Manfaatkan Lahan Pekarangan Wanita Asal Bonorejo Sukses Produksi Sale Pisang

blokbojonegoro.com | Wednesday, 02 June 2021 15:00

Manfaatkan Lahan Pekarangan Wanita Asal Bonorejo Sukses Produksi Sale Pisang

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Tanaman pisang yang merupakan suku Musaceae termasuk tanaman yang besar memanjang. Tanaman ini juga tumbuh subur pada daerah yang beriklim tropis panas dan lembab terlebih di dataran rendah.

Selain itu, pisang juga dipercaya sebagai salah satu buah tropis yang memiliki sumber karbohidrat dan vitamin A. Serta mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatasi anemia hingga sebagai mood food.

Di Kabupaten Bojonegoro, selain dikenal sebagai penghasil tembakau juga terkenal sebagai kota penghasilan pisang. Tak ayal tanaman pisang tumbuh subur di sekitar pekarangan warga.

Seperti halnya Darsih Rahmawati asal Desa Bonorejo, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro. Saking banyaknya tanaman pisang yang tumbuh subur di pekarangan. Ia bahkan berinovasi memanfaatkan pisang untuk diolah sebagai camilan yang lezat dan harga jual tinggi.

Rumah produksi yang telah berjalan 3 tahun ini, setiap harinya Darsih mampu memproduksi sebanyak 1 tandan pisang ayu untuk mengolah menjadi camilan yang lezat, yakni sale pisang manis.

"Banyaknya tanaman pisang yang tumbuh liar dan subur, akhirnya mencoba ladang bisnis olahan pisang ayu yang sudah berjalan 3 tahun," ungkap Darsih Rahmawati.

Perempuan asal Bonorejo bercerita, rupanya untuk menghasilkan sale pisang yang lezat prosesnya cukup panjang. Pisang yang diperoleh pun tidak bisa sembarangan, yakni jenis pisang ayu.

Setiap harinya, ia mampu memproduksi sebanyak 10 tandan pisang dan bahkan 1 tandan pisang ini mampu menghasilkan sebanyak 2 kilogram sale pisang.

Mengolah pisang menjadi sale rupa yang tak mudah, pertama pisang ayu yang telah dikupas disisir sebanyak 4 bagian lalu dijemur pada terik matahari. Selanjutnya pisang yang telah dikupas di masukkan pada panggang oven kurang lebih 20 menit untuk menghasilkan rasa manis alami. 

"Sehari 10 tandan pisang. 1 tandan sendiri bisa menghasilkan 2 kilogram, sale pisang sendiri kami pilih jenis pisang ayu untuk menghasilkan rasa manis dan legit alami," ucap wanita asal Gayam.

Harga sale pisang yang diproduksi oleh Darsih Rahmawati rupanya tidak menguras kantong, 1 bungkus ia jual seharga Rp 60.000 untuk kemasan setengah kilogram. Sedangkan kemasan 150 hingga 250 gram ia jual seharga Rp 10.000 hingga Rp 15.000.

Berkat ketekunan usaha yang telah dilakoni selama kurang lebih 3 tahun, produksi sale pisang khas Bonorejo yang diberi nama brand Tiga Putri, per bulannya kini mampu meraup omzet hingga Rp 5 juta.

"Produksi sale pisang harganya relatif terjangkau sehingga bisa dinikmati semua kalangan. Dengan omzet per bulan cukup fantastis mencapai Rp5.000.000," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : Olahraga, pisang, Bojonegoro, gayam



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat