20:00 . Farel Prayoga Goyangkan Istana Merdeka Dalam Perayaan HUT ke-77 RI   |   19:00 . Grebek Tumpeng Rombyong Mliwis Putih, dari Warga untuk Generasi Muda   |   18:00 . Upacara HUT RI ke-77, Kajari: Pakai Adat Madura Karena Saya Asli Madura   |   17:00 . Ketua DPRD Bojonegoro Kenakan Baju Adat Nias Saat Upacara HUT Kemerdekaan   |   16:00 . PPPM Birrul Walidain: Perayaan HUT RI Kewajiban Sebagai Warga Negara Indonesia   |   15:00 . Inilah Nama-nama Penerima Penghargaan HUT Kemerdekaan RI di Bojonegoro   |   13:00 . HUT Kemerdekaan RI, Buah Lokal Bojonegoro Dipamerkan di Gedung Grahadi   |   12:00 . 15 Pemain Lolos Seleksi Persibo, Hanya Empat Pemain Lokal   |   09:00 . Mengisi Kemerdekaan   |   09:00 . 262 WBP Dapat Remisi Kemerdekaan, 2 Langsung Bebas   |   22:00 . Semarak Kemerdekaan, KKN-T Unigoro Adakan Pemeran UMKM   |   21:00 . Malam HUT RI KE-77 PonPes Al Mubarok Gelar Malam Tirakatan   |   20:00 . Penuh Tantangan, Jambore Cabang XII Bojonegoro Berakhir Membanggakan   |   17:00 . Macet, Buka dan Tutup Jalan Nasional   |   16:00 . Proyek JTB Berhasil Lakukan Proses Gas-In   |  
Thu, 18 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PIB Latih Petani Kembangkan Pupuk Organik Cair Bioslurry

blokbojonegoro.com | Friday, 18 June 2021 15:00

PIB Latih Petani Kembangkan Pupuk Organik Cair Bioslurry

Reporter: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Pusat Inkubasi Bisnis (PIB) melatih petani di Gayam untuk mengembangkan produksi Pupuk Organik Cair (POC) Bioslurry. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula PIB Bojonegoro dalam Program Dukungan Asosiasi Usaha Masyarakat yang difasilitasi oleh ExxonMobil Cepu Limited, Jumat, (18/6/2021).

Hadir dalam pelatihan ini Camat Gayam Agus Heryana Panca Putra, perwakilan EMCL Rifqi Romadhon, Tim Ahli dari Yayasan Joglo Tani, dan diikuti oleh puluhan peserta anggota dampingan. 

Koordinator Bidang Pelatihan PIB Bojonegoro Siswanto menyampaikan tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan dan produktifitas petani anggota dampingan dan mengembangkan jaringan pemasaran. "Serta terlaksananya kerjasama kelompok petani dampingan dengan Yayasan Joglo Tani sebagai ahli," ujarnya.

Perwakilan EMCL Rifqi Romadhon dalam kesempatan yang sama berharap pelatihan ini memberi dampak yang nyata terhadap kemajuan bidang pertanian. Ia berharap paska pelatihan para petani dampingan mampu untuk meningkatkan hasil pertanian dan memberi manfaat kepada petani lain melalui pembuatan pupuk cair. "Kami melihat ini adalah kebutuhan yang memang diharapkan masyarakat di Gayam," ujar Mas Rifqi panggilan akrabnya. 

Sementara Camat Gayam dalam sambutannya mengapresiasi pelatihan dan inovasi bidang pertanian tersebut. Ia berpesan agar ke depan kelompok dampingan terus dibimbing agar memiliki kemampuan yang baik sehingga masalah-masalah pertanian yang selalu muncul dapat segera diatasi. Dengan memproduksi dan mengembangkan bio slurry yang dibimbing ahli akan menghasilkan dampak yang maksimal bagi petani. Keluhan tentang kekurangan pupuk untuk pertanian akan teratasi dengan produksi yang sesuai standar dan diawasi secara baik. "Misalkan dengan melibatkan pengecekan di labolatorium dan tim ahli," pungkas Pak Agus.

Pelatihan dan pengembangan ini dimulai dengan kegiatan diskusi usaha, refleksi dan evaluasi sistem pertanian yang ada di Bojonegoro secara umum. Hingga, muncul potensi usaha yang bisa dikerjasamakan dengan Joglo Tani Yogjakarta yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman. Hasil pengembangan produksi berupa pupuk cair dan insektisida akan menjadi usaha kelompok tani dampingan. 

Kegiatan akan dilanjutkan hingga hari Sabtu, 19 Juni 2021 dengan kegiatan pelatihan teknik pengembangan produksi pertanian pupuk organik cair Bioslurry. [lis]

Tag : Pelatihan, Pupuk, organik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat