17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |  
Tue, 23 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mahasiswa FKIP UNU Sunan Giri Bojonegoro Siap Praktek Ajar Nyata 2021

blokbojonegoro.com | Saturday, 21 August 2021 20:00

Mahasiswa FKIP UNU Sunan Giri Bojonegoro Siap Praktek Ajar Nyata 2021

Pengirim: Firda Rizka R.W.

blokBojonegoro.com - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNU Sunan Giri Bojonegoro gelar webinar pembekalan Praktek Pengalaman Lapangan guna membekali mahasiswa untuk praktek ajar secara professional di sekolah-sekolah. Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Rektor UNU Sunan Giri Bojonegoro, K. M. Jauharul Ma’arif, M.Pd.I, Sabtu (21/8/2021).

“Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman-pengalaman baru dalam proses PPL. Semakin banyak pengalaman, maka akan semakin banyak pula wawasan yang diambil guna memecahkan suatu permasalahan,” ungkapnya.

PPL merupakan waktu yang tepat untuk mengimplementasikan teori-teori pendidikan yang telah dipelajari selama ini. Nikmati prosesnya, jangan pernah mengeluh tentang segala tugas yang diberikan oleh pihak sekolah. "Sebab akan memberikan manfaat yang sangat luar biasa untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan yang dimiliki, sehingga dapat memotivasi untuk menjadi pendidik yang professional," imbuhnya.

Wakil Rektor 1 bidang Akademik UNU Sunan Giri Bojonegoro,  Dr. M. Ridlwan Hambali, Lc. M.A. turut hadir dalam kesempatan tersebut. “Selamat dan suskses untuk PPL FKIP UNU Sunan Giri Bojonegoro. Semoga mahasiswa FKIP mampu menyumbangkan inovasi pembelajaran melalui PPL,” harapnya.

Dosen Prodi PMTK UNU Sunan Giri Bojonegoro, Nurul Ilmiah, M.Pd. memaparkan tentang kurikulum pendidikan di Indonesia yang berlaku saat ini. “Jika tahun-tahun sebelumnya kemampuan siswa diuji dengan Ujian Nasional, tetapi saat ini 2021 kemampuan siswa dievaluasi melalui Asesmen Kompetensi Minimum,” ungkapnya.

Kemudian beliau mendeskripsikan langkah-langkah menyusun administrasi perangkat pembelajaran yang harus dipenuhi oleh seorang pendidik. “Silabus merupakan senjata utama yang harus disiapkan pendidik sebelum memasuki kelas,” imbuhnya.

Kemudian dilanjutkan pemaparan dari Sekretaris LPIT UNU Sunan Giri Bojonegoro, Mula Agung Barata, S.S.T., M.Kom. menjelaskan secara garis besar teknis pelaksanaan PPL. “Mahasiswa harus memperhatikan alokasi waktu pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan, mulai dari tingkat dasar, tingkat menengah pertama, hingga tingkat menengah atas,” harapnya.

Kewajiban yang harus dipenuhi oleh mahasiswa PPL adalah mengumpulkan laporan akhir PPL dengan tepat waktu. “Mahasiswa harus menjalin komunikasi yang baik dengan warga lingkungan sekolah, sehingga dapat merumuskan strategi praktek ajar di sekolah secara nyata,” pungkasnya.

Selanjutnya Wakil Dekan FKIP UNU Sunan Giri Bojonegoro, Rohmad Apriyanto, M.Pd. menjelaskan tentang inovasi pembelajaran online yang saat ini menjadi salah satu kebutuhan di tengah pandemi Covid-19. Beliau menyebutkan berbagai macam platform yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran online.

“Google Classroom marak digunakan saat pandemic seperti sekarang. Padahal keberadaannya sudah ada sejak dahulu,” ungkapnya.

Beliau menyebutkan bahwa Google Classroom tersebut memiliki banyak kelebihan dan mudah dijangkau daripada platform lainnya. Namun, belum disertai dengan konferensi video untuk bertatap maya. “Platform video conference yang direkomendasikan untuk pembelajaran adalah Gisco Webex, Microsoft Teams, Zoom Meeting, dan Google Meet,” imbuhnya.

Kemudian beliau juga menjelaskan tentang langkah-langkah mengaplikasikan platform edukasi, serta membuat video pembelajaran yang inovatif.

Tag : unu sunan giri, bojonegoro, ppl, rektor, mahasiswa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat