13:00 . Peringati Hari Santri Nasional, Inilah Pemenang Berbagai Lomba Kemenag Bojonegoro   |   07:00 . Orangtua Wajib Tahu, Ini 4 Cara Menyembuhkan Batin Anak   |   19:00 . Sambut Peringatan HSN, Himatika Gelar Webinar Era Digital dengan Gus Romzi   |   18:00 . Khitan Massal Infaqo Attanwir Warnai Peringatan Maulid Nabi   |   17:00 . Baru Terbentuk, Pengkab ISSI Bojonegoro Berangkatkan Belasan Atlet Ikut Kejurprov   |   16:00 . Dinas PMD Bojonegoro Luncurkan Aplikasi Siap Desa   |   15:00 . Pemdes Ngampel Gelar Lomba Senam dan Berbagi Ratusan Sembako   |   13:00 . Harga Daging Ayam Merangkak Naik   |   12:00 . Puluhan Kader IPNU IPPNU Mengikuti Diklatama DKAC CBP KPP Balen   |   11:00 . PC IKA PMII Bojonegoro Dilantik PB IKA PMII   |   10:00 . PC IKA PMII Bojonegoro Resmi Dilantik   |   07:00 . Update 10 jenis vaksin Covid-19 di Indonesia: Perbedaan dan Efek Sampingnya   |   18:00 . Dukung Potensi Atlet, Pemkab Bojonegoro Segera Luncurkan KPOB   |   13:00 . Kemendag Mengungkap 31.553 Depot Air Minum Tidak Higienis   |   12:00 . 34 Daerah di Jatim Masuk Asesmen Level 1   |  
Mon, 18 October 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mahasiswa FKIP UNU Sunan Giri Bojonegoro Siap Praktek Ajar Nyata 2021

blokbojonegoro.com | Saturday, 21 August 2021 20:00

Mahasiswa FKIP UNU Sunan Giri Bojonegoro Siap Praktek Ajar Nyata 2021

Pengirim: Firda Rizka R.W.

blokBojonegoro.com - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNU Sunan Giri Bojonegoro gelar webinar pembekalan Praktek Pengalaman Lapangan guna membekali mahasiswa untuk praktek ajar secara professional di sekolah-sekolah. Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Rektor UNU Sunan Giri Bojonegoro, K. M. Jauharul Ma’arif, M.Pd.I, Sabtu (21/8/2021).

“Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman-pengalaman baru dalam proses PPL. Semakin banyak pengalaman, maka akan semakin banyak pula wawasan yang diambil guna memecahkan suatu permasalahan,” ungkapnya.

PPL merupakan waktu yang tepat untuk mengimplementasikan teori-teori pendidikan yang telah dipelajari selama ini. Nikmati prosesnya, jangan pernah mengeluh tentang segala tugas yang diberikan oleh pihak sekolah. "Sebab akan memberikan manfaat yang sangat luar biasa untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan yang dimiliki, sehingga dapat memotivasi untuk menjadi pendidik yang professional," imbuhnya.

Wakil Rektor 1 bidang Akademik UNU Sunan Giri Bojonegoro,  Dr. M. Ridlwan Hambali, Lc. M.A. turut hadir dalam kesempatan tersebut. “Selamat dan suskses untuk PPL FKIP UNU Sunan Giri Bojonegoro. Semoga mahasiswa FKIP mampu menyumbangkan inovasi pembelajaran melalui PPL,” harapnya.

Dosen Prodi PMTK UNU Sunan Giri Bojonegoro, Nurul Ilmiah, M.Pd. memaparkan tentang kurikulum pendidikan di Indonesia yang berlaku saat ini. “Jika tahun-tahun sebelumnya kemampuan siswa diuji dengan Ujian Nasional, tetapi saat ini 2021 kemampuan siswa dievaluasi melalui Asesmen Kompetensi Minimum,” ungkapnya.

Kemudian beliau mendeskripsikan langkah-langkah menyusun administrasi perangkat pembelajaran yang harus dipenuhi oleh seorang pendidik. “Silabus merupakan senjata utama yang harus disiapkan pendidik sebelum memasuki kelas,” imbuhnya.

Kemudian dilanjutkan pemaparan dari Sekretaris LPIT UNU Sunan Giri Bojonegoro, Mula Agung Barata, S.S.T., M.Kom. menjelaskan secara garis besar teknis pelaksanaan PPL. “Mahasiswa harus memperhatikan alokasi waktu pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan, mulai dari tingkat dasar, tingkat menengah pertama, hingga tingkat menengah atas,” harapnya.

Kewajiban yang harus dipenuhi oleh mahasiswa PPL adalah mengumpulkan laporan akhir PPL dengan tepat waktu. “Mahasiswa harus menjalin komunikasi yang baik dengan warga lingkungan sekolah, sehingga dapat merumuskan strategi praktek ajar di sekolah secara nyata,” pungkasnya.

Selanjutnya Wakil Dekan FKIP UNU Sunan Giri Bojonegoro, Rohmad Apriyanto, M.Pd. menjelaskan tentang inovasi pembelajaran online yang saat ini menjadi salah satu kebutuhan di tengah pandemi Covid-19. Beliau menyebutkan berbagai macam platform yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran online.

“Google Classroom marak digunakan saat pandemic seperti sekarang. Padahal keberadaannya sudah ada sejak dahulu,” ungkapnya.

Beliau menyebutkan bahwa Google Classroom tersebut memiliki banyak kelebihan dan mudah dijangkau daripada platform lainnya. Namun, belum disertai dengan konferensi video untuk bertatap maya. “Platform video conference yang direkomendasikan untuk pembelajaran adalah Gisco Webex, Microsoft Teams, Zoom Meeting, dan Google Meet,” imbuhnya.

Kemudian beliau juga menjelaskan tentang langkah-langkah mengaplikasikan platform edukasi, serta membuat video pembelajaran yang inovatif.

Tag : unu sunan giri, bojonegoro, ppl, rektor, mahasiswa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat