21:00 . Satgas PPA Kecamatan Kanor Berbagi Kasih Periode Triwulan 7   |   20:00 . Laka Tunggal, Truk Bermuatan Pakan Ayam Terguling   |   19:00 . Baru, Masyarakat Harus Waspada Varian Covid-19 Jenis Omicron   |   18:00 . Diterjang Angin, Puluhan Hektare Tanaman Padi di Bojonegoro Rusak   |   17:30 . Satu Langkah Lagi Menuju Wisuda, UNU Sunan Giri Gelar Yudisium   |   17:00 . Ekspor Cangkang Sawit Tembus Pasar Jepang, Kemendag: Cetak Transaksi USD 12 Juta   |   16:00 . Nikmatnya Lontong Sayur Ayam Kampung dekat Jembatan TBB   |   15:30 . Warga Keluhkan Air PDAM Mati dan Keruh   |   15:00 . Ikan Arengan atau Areng-Areng   |   14:00 . Akhir November, Pengiriman Barang di Kantor Pos Mendominasi   |   13:00 . Peringati Setengah Abad KORPRI, Bupati Bojonegoro Tekankan Inovasi Birokrasi   |   12:00 . Pohon Trembesi Jadi Saksi Ganasnya Bengawan Solo   |   11:00 . Jembatan KaRe Selesai Kapan?   |   10:00 . Warga Trauma, Penyebrangan Gemblo Tutup   |   09:00 . Kondisi Terkini Jembatan KaRe Pasca Tragedi Memilukan   |  
Mon, 29 November 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BEM Fakultas Tarbiyah UNU Sunan Giri Bojonegoro Gelar Workshop Literasi

blokbojonegoro.com | Saturday, 03 July 2021 17:00

BEM Fakultas Tarbiyah UNU Sunan Giri Bojonegoro Gelar Workshop Literasi

Pengirim: Fadhilatun Ni'mah

blokBojonegoro.com - Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah (BEM FT) selenggarakan Workshop Literasi Modernisasi, Sabtu (3/7/2021).

Dua Narasumber luar biasa turut menghadiri Workshop Literasi Modernisasi ini. Narasumber pertama, Direktur Pascasarjana Dr. Hj. Sri Minarti, M. Pd. I., Narasumber ke dua, Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya sekaligus Motivator dan Founder Komunitas Sang Juara Moh. Ilham, S. Sos. I, MM.

Ketua Fakultas Tarbiyah Siti Nur Afifah mengatakan, dengan berliterasi akan membuka cakrawala dunia, dimana saat ini literasi sangat penting untuk meningkatkan sumber daya mahasiswa yang berkualitas.

Dekan Fakultas Tarbiyah juga tak kalah semangatnya dalam sambutan tersebut, Di antaranya sarana menjadi orang hebat itu harus memiliki beberapa background prestasi yang hebat, saya berharap mahasiswa bisa menjadi penulis yang produktif sehingga bisa bermanfaat bagi sesama, dan menjadikan literasi sebagai bahan untuk dakwah.

"Kalau kamu bukan anak raja atau Ulama' besar, maka jadilah penulis agar dikenal dunia," tegasnya.

Fasilitas yang ditunggu-tunggu dalam Webinar ini salah satunya adalah ilmu yang luas dari narasumber yang karirnya cukup sukses, hingga membawa namanya dikenal oleh banyak orang.
 
Seperti yang dikatakan oleh narasumber pertama, Literasi itu tidak hanya bergelut dalam hal membaca dan menulis, melainkan penggunaan bahasa yang tepat, baik, dan sopan dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosialnya.

Di era disrupsi seperti ini, mahasiswa harus pintar dalam membaca situasi. Utamanya dalam situasi pandemi Covid-19, BEM Fakultas Tarbiyah menyuguhkan Workshop untuk mengurangi rasa stress dalam Pemberlakuan Kegiatan Pembatasan Masyarakat (PKKM). "Jadi literasi adalah syarat utama kesuksesan di era disrupsi dan modernisasi," pungkasnya.

Narasumber ke dua, turut mencairkan suasana workshop literasi ini meskipun diadakan via daring. "Literasi itu seperti kebutuhan, seperti halnya orang yang lapar akan membutuhkan asupan makanan. Begitu halnya denga literasi," tutur Ilham sang juara sapaan akrabnya.

Di era milenial seperti ini, banyak korban bullying beredar di sekeliling kehidupan, baik media sosial maupun lingkungan sosial. Bagaimana cara mengantisipasinya? Sang motivator memberikan tips jitu. "Kelebihan dan perbedaan harus dimiliki seseorang, perbanyak komunitas yang melek terhadap literasi, karena akan berharga mahal orang yang memiliki prestasi tinggi dan akan disegani banyak orang pula," imbuhnya.

Berprasangka baik dan support terhadap diri sendiri itu sangat perlu, karena siapalagi yang akan mendukung pribadinya masing-masing, jika tidak dirinya sendiri. "Jangan terlalu mengkerenkan orang lain sehingga lupa untuk mengkerenkan diri kita sendiri," pungkas Founder Komunitas Sang Juara kelahiran Mojokerto tersebut.

*Penulis adalah anggota Lembaga Informasi dan Pengembangan Kampus (LIPK) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sunan Giri Bojonegoro

Tag : Bem, Fakultass, Tarbiyah, unu sunan giri, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 23 November 2021 19:30

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com Komisioner Dewan Pers, Agus Sudibyo melakukan proses verifikasi faktual untuk media blokBojonegoro.com, media lokal yang berkantor di Jalan KS Tubun Gang Srinayan No.3 Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Selasa (23/11/2021) sore....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more