07:00 . Orangtua, Ini Faktor yang Menyebabkan Anak Rentan Alami Stres saat Ujian Sekolah   |   22:00 . Pedagang Keluhkan Harga Ayam Potong di Pasar Merangkak Naik   |   21:00 . Bersinergi Kapolres Bojonegoro Lakukan Audiensi Bersama PC GP Ansor Bojonegoro   |   20:30 . Video Lakalantas Truk Seruduk Teras Toko di Balen   |   20:00 . Gelar Pelatihan, STIKES Rajekwesi Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan Kesehatan   |   19:00 . Peduli ADHA, Pita Merah Adakan Home Care dan Berikan Bantuan   |   18:00 . Anniversary Ke-5, VLOC Chapter Bojonegoro Beri Santunan Anak Yatim   |   17:00 . Dijuluki Netherlands Bojonegoro, Kantor Notaris Jadi Tempat Swafoto Hingga Prewedding   |   16:00 . Lagi-lagi Terjadi Kecelakaan Truk Banting Setir Nyelonong Depan Toko   |   15:00 . Dukung KADIN Bojonegoro, Budiono Siapkan 10 Titik Bantuan untuk UMKM Ponpes dan Kampus   |   14:00 . Mendag: Jaga Momentum Pertumbuhan Ekspor dan Kendalikan Inflasi   |   13:00 . Kecelakaan Tunggal, Truk Muatan Ayam Hantam Pohon   |   12:00 . 81 Produk Mahasiswa Kampus Ungu Dipamerkan di Stakeholders Collaborations   |   11:00 . KADIN Bojonegoro Menggelar Stakeholders Collaboration 2022   |   10:00 . Peluang Usaha di Era Kekinian - Tuban Digital Forum   |  
Thu, 20 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BUMDes Jaya Tirta Wakili Bojonegoro pada Lomba Tingkat Provinsi Jatim

blokbojonegoro.com | Wednesday, 25 August 2021 09:00

BUMDes Jaya Tirta Wakili Bojonegoro pada Lomba Tingkat Provinsi Jatim

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Bojonegoro turut serta pada kegiatan Lomba Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim). Terpilih, BUMDes Jaya Tirta, Desa Gedongarum Kecamatan Kanor menjadi satu-satunya perwakilan Kabupaten Bojonegoro dalam lomba itu yang pada Selasa (24/8/2021) penilaian telah memasuki tahap lapangan, yang digelar di Balai Desa Gedongarum.

Kasi Pemberdayaan Ekonomi Dinas PMD Provinsi Jawa Timur, Liyanto, mengatakan 

BUMDes Jaya Tirta ini menjadi salad satu dari 6 BUMDes terbaik di Jawa Timur. Kabupaten Bojonegoro sendiri dinilai merupakan daerah yang paling berkomitmen pada BUMDes.

"Kabupaten Bojonegoro merupakan satu-satunya Kabupaten di Jawa Timur yang mampu memberikan permodalan untuk BUMDes di masa pandemi," terangnya.

Tak hanya hadir di Balai Desa, namun penilai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Jawa Timur juga meninjau beberapa titik lokasi pengelolaan BUMDes Jaya Tirta Desa setempat.

Menurut Liyanto, sebanyak 38 BUMDes yang ada di Kabupaten Bojonegoro harus bisa diaudit oleh eksternal auditor. Sebab di Kabupaten Bojonegoro banyak sekali BUMDes kategori maju, dan ini merupakan komitmen yang sangat luar biasa.

BUMDes Maju, salah satunya adalah BUMDes Jaya Tirta yang mampu menghasilkan pendapatan tertinggi hingga Rp4,1 miliar. "BUMDes ini semoga bisa menjadi contoh BUMDes yang mampu menjadi penyangga lumbung pangan," tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas PMD, Agus Raharjo mengatakan tim merumuskan BUMDes Jaya Tirta ditetapkan sebagai perwakilan Bojonegoro yang diikutkan lomba di tingkat Provinsi.

"Harapan kami dapat mengenalkan dan memajukan Bojonegoro ke depannya," ungkapnya.

Menurut Agus, penilaian lomba ini menjadikan pengurus BUMDes, khususnya masyarakat Desa Gedongarum lebih bersemangat untuk memajukan BUMDes Jaya Tirta.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Gedongarum, Purwanto mengatakan, potensi desa yang berada di bantaran Bengawan Solo mayoritas warga adalah petani, BUMDes memanfaatkan air Bengawan Solo untuk mengairi sawah desa dan sawah desa sekitar.

"Adanya BUMDes ini sangat berdampak, karena dulunya pemuda Gedongarum banyak yang keluar kota. Dengan adanya BUMDes ini juga menyerap masyarakat Desa baik sebagai pengawas maupun pelaku pertanian," ungkapnya. 

Diharapkan, BUMDes yang ada mampu memberikan kontribusi Pendapatan Asli Desa (PADes), untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa dan makin memberi ruang bagi perangkat desa untuk mengangkat potensi yang desa. [lis]

 

 

 

Tag : BUMDes, lomba, jatim



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat