15:00 . Bojonegoro Siap Jika Ditunjuk Sebagai Pemilik Aset Jembatan Glendeng   |   14:00 . Tahun Ajaran Baru Segera Dimulai, Bersiap Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar   |   13:00 . Perpusgatda dan Dunia Imajinasi Ajak Anak-Anak Bermain Sambil Belajar   |   09:00 . Per Juli Beli Pertalite Lewat MyPertamina, Daerah Kamu Salah Satunya?   |   08:00 . Bupati Bojonegoro Bersedia Terima Aset Jembatan Glendeng, Bupati Tuban Absen Rapat   |   07:00 . Alergi pada Anak, Ini Cara Memperkuat Barrier Tubuhnya   |   20:00 . Kontingen Bojonegoro Tambah Tiga Medali   |   19:00 . Mendag Zulhas Bertemu Dubes Amerika Serikat, Sepakat Pererat Hubungan Ekonomi di Kawasan Indo-Pasifik   |   18:00 . Liburan Tetap Belajar Kenapa Tidak?   |   17:00 . Ketua Kontingen Bojonegoro Apresiasi Prestasi Atlet Judo   |   16:00 . Ada 1 Juta lebih DPB, Didominasi Perempuan   |   15:00 . KPU Bojonegoro Gelar Rakor Pemutakhiran DPB   |   14:00 . Atlet Judo Bojonegoro Sumbang 3 Medali   |   13:00 . Atlet Taekwondo Bojonegoro Raih Satu Medali Perak   |   10:00 . Bebas PMK, 9.308 Ekor Sapi di Bojonegoro Siap kurban   |  
Wed, 29 June 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Selamat, Putra-Putri Terbaik Bojonegoro Lolos Praja IPDN

blokbojonegoro.com | Wednesday, 01 September 2021 15:00

Selamat, Putra-Putri Terbaik Bojonegoro Lolos Praja IPDN

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Prestasi membanggakan ditunjukkan putra-putri terbaik Kabupaten Bojonegoro yang patut diapresiasi. Pasalnya tiga putra-putri dari Kota Ledre mampu lulus seleksi calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), menyisihkan ribuan pendaftar dari Provinsi Jawa Timur yang lainnya.

Saat pendaftaran awal ada sekitar 2.850 peserta se-Jawa Timur, namun setelah Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) diambil 200 anak dari seluruh daerah. Termasuk tiga anak dari Bojonegoro yakni Alfian Dwi Refandi, Fonita Ayu Safriana dan Muhammad Rafi Renata, yang hari ini dinyatakan lulus seleksi.

Kabar pengumuman ketiganya masuk calon Praja IPDN, Rabu (1/9/2021) pagi, sesuai keputusan rektor IPDN tanggal 31 Agustus 2021 yang ditandatangani rektor IPDN, Hadi Prabowo. "Alhamdulillah, semua tahapan penerimaan Praja IPDN bisa dilalui dan dinyatakan lulus untuk mengikuti pendidikan," kata Sudiyono, orang tua Muhammad Rafi Renata.

Sudiyono menceritakan, tahapan seleksi masuk IPDN begitu ketat dan berbagai persyaratan harus dipenuhi. Sebab mulai pendaftaran awal dari Kabupaten Bojonegoro ada sekitar 170 anak yang mendaftar, namun setelah SKD hanya ada 8 anak yang mengikuti tahapan seleksi berikutnya.

"Sehingga berbagai persiapan harus dimatangkan, baik fisik maupun non fisik benar-benar disiapkan. Karena selain kemampuan dasar, juga ketahanan fisik maupun kondisi tubuh sangat diperhatikan," terangnya.

Masih menurut Sudiyono, sebanyak 8 anak asal Bojonegoro awalnya juga bersaing dengan putra-putri dari daerah di Jawa Timur. Namun sebelum diumumkan ada 73 nama yang dinyatakan lulus, ada 80 peserta yang mengikuti seleksi tahap akhir.

"Sejak awal masuk seluruh persiapan dilakukan, mulai rutin latihan dan kesiapan lainnya. Pagi tadi diumumkan, Alhamdulillah anak saya bisa lulus masuk calon Praja IPDN," jelas Sudiyono yang juga anggota fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Bojonegoro kepada blokBojonegoro.com, Rabu (1/9/2021).

Ditambahkan, setelah adanya pengumuman kelulusan hari ini, rencananya seluruh peserta (73 peserta) dari Jawa Timur akan berangkat ke IPDN di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. "Semoga semuanya bisa berhasil dan mohon do'anya  agar menjadi abdi negara yang barokah," pungkasnya.

Seperti diketahui, ketiga putra-putri dari Kabupaten Bojonegoro yang lulus penentuan akhir pada seleksi penerimaan calon Praja IPDN menempuh pendidikan di SMAN 1 Bojonegoro dan SMAN 2 Bojonegoro. Bahkan Muhammad Rafi Renata juga peraih juara 1 intelejensia diajang pemilihan Kange-Yune Kabupaten Bojonegoro.

Berdasarkan informasi yang dihimpun blokBojonegoro.com, tahapan pengumuman hasil tes SKD pada 9 Juli, dilanjutkan tes kesehatan tahap 1 tanggal 22-23 Juli 2021. Berikutnya pemeriksaan, tes psikologi, integritas dan kejujuran pada 12 Agustus dan pengumuman hasilnya 17 Agustus 2021.

Bagi mereka yang lolos, akan mengikuti PANTUKIR pada 23 sampai 27 Agustus 2021 meliputi verifikasi faktual dokumen persyaratan administrasi pendaftaran, sekaligus tes kesehatan tahap 2 dan tes kesamaptaan dan pemeriksaan penampilan. Sedangkan pengumuman hasilnya tanggal 1 September 2021 dan registrasi penerimaan calon Praja pada 7 sampai 12 September 2021 di kampus IPDN.

Tag : ipdn, bojonegoro, skd



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat