20:00 . Merdeka Cup 2022 dalam Kemeriahan Kemerdekaan RI ke-77   |   19:00 . Ratusan Masyarakat Bojonegoro dan Tuban Deklarasikan LaNyalla Capres 2024   |   18:00 . Fenomena Fashion Week, Budayawan Berharap Bisa Tampilkan Produk Batik Lokal   |   17:00 . Kader Berpretasi Asal Bojonegoro, Mantapkan Maju Caketum PP IPPNU   |   16:00 . Profil Coach Persibo Masdra Nurriza, Awali Karir dari Bangku SMP   |   15:00 . Harga Antam Turun Tajam, Berikut Daftar Harganya   |   14:00 . Realisasi PAD Bojonegoro Capai Rp47,8 M, PPJ Sumbang Angka Tertinggi   |   13:00 . Persibo Buka Seleksi Pemain, Eks Liga 2021 Apakah Masih Digunakan?   |   12:00 . Resmi Mendaftar, Gerindra Bojonegoro-Tuban Satukan Kekuatan Menangkan Prabowo   |   11:00 . Suarakan Tuntutannya, Federasi Serikat RTMM SPSI Akan Ikuti Long March Sejuta Buruh di Surabaya   |   10:00 . FGD VMTS, Prodi PAI Proyeksikan Buka Kelas International   |   09:00 . Terdakwa Percobaan Pemerkosaan Tetangga di Dander Divonis 2,6 Tahun Penjara   |   07:00 . Sangat Berharga bagi Penderita Depresi, Begini Cara Membantu Penyintas Gangguan Mental   |   20:00 . Sinergi Energi 2022, AAPG UGM -SC Belajar Industri Hulu Migas dengan EMCL   |   19:00 . PAC ISNU Balen Gembira Bersama Yatim-Piatu   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Semalam Terendam Banjir, Warga Bersihkan Lumpur

blokbojonegoro.com | Tuesday, 28 December 2021 10:00

Semalam Terendam Banjir, Warga Bersihkan Lumpur

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Hujan dengan intensitas tinggi yang turun pada Senin (27/12/2021) kemarin, mengakibatkan beberapa pemukiman warga di Desa/Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, terendam banjir setinggi satu meter.

Hal itu menyebabkan perabotan dan hewan ternak warga ikut terendam banjir luapan air sungai, lantaran banjir terjadi mendadak dan para warga belum sempat untuk menyelamatkan barang-barang rumah tangga.

Salah satu warga yang rumahnya terendam banjir, Umi mengatakan, rumahnya terendam setinggi pinggang orang dewasa dan ia belum sempat mengungsikan perabotan dan anaknya.

"Saat air datang itu, saya hanya bisa menyelamatkan beberapa perabotan yang berada di bawah, karena begitu cepatnya air naik lalu masuk ke dalam rumah," katanya.

Umi mengungkapkan, pada saat air di dalam rumah anaknya dilarikan ke rumah tetangganya yang tidak terendam banjir. "Saya tetap di rumah karena tembok saya di belakang itu jebol, dan saya saat itu menopang lemari yang berisi berkas-berkas anak saya, takut nantinya jika sewaktu-waktu terguling," ungkapnya.

Ia mengatakan, tembok rumahnya yang terbuat dari material kalsibot itu sudah jebol pada tahun 2020 lalu dan belum sempat untuk dibenahi. Namun, pada akhir tahun 2021 ini, sudah diterjang banjir lagi.

Sementara itu, Mulyo Ketua RT 28, Desa/Kecamatan Dander, mengatakan, setiap terjadi hujan deras pasti akan terendam banjir dari tahun - tahun sebelumnya, yang begitu parah hingga masuk rumah warga yaitu pada dua tahun terakhir ini, tahun 2020 dan 2021.

"Banjir kali ini lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya dan merendam Desa Dander ini sekitar kurang lebih 2 jam, tingginya pun bervariasi mulai dari 50 centimeter hingga 1 meter lebih," ungkap Mulyo.

Dampak yang paling dirasakan oleh masyarakat yaitu lumpur yang dibawa oleh air, tebalnya mencapai kurang lebih 10 centimeter, dan ketika surut tidak segera dibersihkan akan menempel dan susah untuk hilang.

"Pasca surut warga di sini tadi malam tidak ada yang tidur, langsung membersihkan lumpur-lumpur yang dibawa oleh air banjir, jadi kalau setelah banjir, warga di sini itu bekerja keras," imbuhnya. [riz/mu]

Tag : banjir bandang, banjir sungai, banjir di bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat