Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Indonesia Negara Paling Stres di Asia Akibat Pandemi Covid-19, Kok Bisa?

blokbojonegoro.com | Friday, 07 January 2022 07:00

Indonesia Negara Paling Stres di Asia Akibat Pandemi Covid-19, Kok Bisa?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Pandemi Covid-19 yang menyerang sejak tahun 2020 mengubah pola hidup masyarakat. Namun rupanya, dampak pandemi terhadap kesehatan mental, terutama kadar stres, berbeda-beda di setiap negara.

Laporan Data Kesehatan Pengguna Garmin di Asia tahun 2021, mengungkap Indonesia adalah negara yang melaporkan tingkat stres paling tinggi selama pandemi di Asia, berdasarkan data yang diambil pada periode Januari hingga September 2021.

Adapun data dikumpulkan secara anonim ditujukan untuk pengamatan jangka panjang, untuk menganalisis dampak kesehatan di masyarakat.

Garmin adalah brand pelopor navigasi GPS dan perangkat nirkabel teknologi kesehatan, dengan lebih dari 60 juta pengguna di seluruh dunia.

Dari data pengguna, ditemukan tingkat stres Indonesia jadi yang tertinggi di Asia. Selanjutnya di susul Filipina dan Malaysia dengan tingkat stres tertinggi.

"Ini dapat diakibatkan oleh pertempuran melawan pandemi secara terus-menerus, dan kemacetan lalu lintas yang seringkali dihadapi oleh penduduk setempat," terang laporan tersebut dikutip suara.com, Selasa (4/1/2022).

Namun berdasarkan temuan itu, selain Tiongkok dan Vietnam, rerata negara di Asia selama 2021 memang mengalami peningkatan stres dibanding tahun sebelumnya, 2020.

Menariknya, jika banyak riset berpendapat bahwa perempuan rentan terserang stres selama pandemi.

Namun dalam laporan tingkat stres lelaki Indonesia berusia 26 hingga 45 tahun, jadi yang tertinggi di antara negara lain di Asia, dengan rentang usia yang sama.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini