07:00 . Ahli Kesehatan Mental Bagikan 3 Tips Untuk Kelola Stres, Apa Saja?   |   21:00 . Dekatkan Layanan Kesehatan, Bupati Resmikan Puskesmas Malo   |   20:00 . Mendag: Melalui G20 Promosikan Keragaman Budaya, Potensi Investasi dan Pariwisata   |   19:00 . Tinggal Tunggu Sertifikasi Operasi, Bendungan Gongseng Siap Beroperasi   |   18:30 . Debit Air Naik, Bengawan Solo Siaga   |   18:00 . Melalui Radio, Kasatlantas Kampanyekan Tertib Lalu Lintas   |   17:00 . TMA Bengawan Solo Siaga Kuning Tren Naik   |   16:00 . Pertamina EP Sukowati Field dan Pemdes Ngampel Luncurkan Produk UMKM Desa   |   15:00 . Pegawai dan Karyawan Pemkab Bojonegoro Mulai Divaksin Booster   |   14:00 . Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik, Bupati Anna Lantik 30 Pejabat Pemerintah   |   13:00 . Bupati Buka Turnamen Bulu Tangkis Ormada dan Ingatkan Pentingnya Taat Prokes   |   12:00 . Harga Minyak Goreng Turun, Stok Aman Hingga 6 Bulan   |   11:00 . Kasus DBD Naik, Permintaan Trombosit Meningkat   |   08:00 . Hari Ini Bengawan Solo Siaga Hijau Trend Naik   |   07:00 . Deteksi Gejala Demensia dari Kebiasaan Menonton Film, Apa Itu?   |  
Sat, 22 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

10 Resolusi Sehat untuk Tahun Baru 2022, Mana yang Akan Kamu Lakukan?

blokbojonegoro.com | Thursday, 06 January 2022 07:00

10 Resolusi Sehat untuk Tahun Baru 2022, Mana yang Akan Kamu Lakukan?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Beberapa hari lagi kita sudah masuk di tahun 2022. Kamu pastinya memiliki resolusi sehat untuk menjadi orang yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

Mungkin hidup sehat menjadi salah satu satu daftar di dalam resolusimu. Di akhir tahun 2021 ini, kita kembali dikhawatirkan dengan kehadiran virus yang muncul. Tak heran jika kamu menuliskan beberapa daftar sehat ke dalam resolusimu.

Melansir dari timesofindia.com, berikut 10 resolusi sehat untuk tahun baru 2022:

1. Makan makanan utuh

Cara termudah memulai hari dengan sehat, yaitu memakan makanan yang utuh (seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan sumber protein murni). Jangan lupa mengurangi makanan yang diolah (seperti roti, keju, daging olah dan makanan beku)

2. Pilih diet yang berkelanjutan

Pada saat ini, orang-orang diet sedang ramai melakukan diet populer, yaitu FAD yang memberikan hasil cepat. Tetapi, diet tersebut dapat mempengaruhi metabolisme serta kesehatan mental seseorang. Diet tersebut mungkin tidak dapat kamu lakukan untuk jangka waktu panjang.

Saat kamu mencapai berat badan yang kamu inginkan, kamu mungkin akan merasakan kelaparan. Hal ini menyebabkan kamu akan makan. Kemudian, kembali ke berat badan sebelumnya. Pilihkan rencana diet yang bukan hanya untuk mencapai berat idealmu, tetapi sesuai dengan gaya hidupmu.

3. Tingkatkan Vitamin D

Optimalkan Vitamin D. Hal tersebut akan bermanfaat untuk kesehatan tulang, sistem kekebalan, dan mencegah penyakit kronis dalam tubuhmu. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu terkenal sinar matahari minimal 15-20 menit setiap hari. Jangan lupa mengkonsumsi suplemen Vitamin D (tidak lebih dari 4.000 IU sehari).

4. Masukkan olahraga dalam kegiatan rutinmu

Lakukanlah olahraga, entah itu olahraga berat atau sekedar berjalan-jalan. Ia akan membuat darahmu mengalir. Kemudian, merangsang asupan oksigen ke setiap bagian tubuhmu. Pastikan bahwa kamu memasukan olahraga yang kamu sukai setiap hari.

5. Prioritaskan tidur

Kurang tidur dan mengkonsumsi kopi berlebihan dapat menyebabkan kecemasan serta kekebalan yang lemah. Selain itu, kurang tidur dan kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan masalah berat badan, depresi, dan kecemasan. Oleh sebab itu, penting untukmu dalam memperhatikan kualitas tidur. Pastikan bahwa kamu tidur selama 7-8 jam setiap hari.

6. Mengurangi stres

Stres merupakan faktor penyebab masalah dari berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, obesitas, diabetes, GERD, dan depresi. Stres bisa berdampak kepada internal dan eksternal. Menghilangkan stres mungkin akan sulit untuk dilakukan. Namun, kamu bisa menguranginya dengan melakukan yoga, terapi, atau hal lain yang dapat mengembalikan dirimu.

7. Buatlah rutinitas pagi

Memiliki rutinitas pagi akan menunjukan dirimu dan membuat dirimu menjadi prioritas. Ini merupakan bentuk menghormati dirimu sendiri dan menempatkan kebutuhanmu menjadi yang pertama. Mengikuti rutinitas pagi akan membantumu memulai harimu dengan benar. Kamu akan menyeimbangkan dirimu sendiri sebelum berinteraksi dengan orang lain.

8. Ucapkan kalimat afirmasi harianmu

Ucapkanlah kalimat afirmasi harianmu dengan keras. Hal ini tidak membuatmu menjadi orang narsis. Tetapi, membantumu fokus terhadap tujuan dengan energi dan sikap yang baik. Pembicaraan diri yang positif memiliki kekuatan untuk membalikan ketidakpercayaan diri, keraguan, dan pikiran negatif. Hal ini membuatmu menjadi lebih bersyukur dan menikmati hidup.

9. Tetapkan niat harian

Tetapkan niatmu dengan serius. Hal ini akan mengaktifkan penerimaan kita, memanifestasikan, dan mengeluarkan apa yang kita inginkan. Niat memberikan kita tujuan, motivasi, dan inspirasi untuk mencapainya. Tuliskan niatmu dan katakan kalimat afirmasi. Ini akan membuat visualisasi menjadi kuat untuk tetap fokus dan berkomitmen dalam mencapai tujuan.

10. Pilihlah gairah daripada kesempurnaan

Menyelesaikan tugas dengan setengah hati akan membuatmu lebih banyak mengeluarkan usaha. Namun, ketika kamu bersemangat dalam mengerjakan pekerjaan, kamu akan berhasil dengan mengeluarkan usaha yang sedikit dan lebih bahagia. Kamu akan memberikan 100% dan melakukannya dengan sepenuh hati. Kamu akan memperlihatkan kemampuanmu yang membuatmu bersinar.

Itulah 10 resolusi sehat untuk tahun 2022. Apa resolusimu?

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat