18:00 . Bupati Anna dan Kajari Imbau Pengelolaan Dana Bos Prioritaskan Integritas   |   17:00 . BMKG: Waspada Cuaca 3 Hari Mendatang   |   15:00 . 5 Organisasi Profesi Kesehatan Tolak RUU Kesehatan   |   13:00 . Putra Asal Bojonegoro, Belasan Tahun Mengabdi di Luar Jawa   |   10:00 . Diduga Pecah Ban, Truk Box Oleng Tabrak Pagar Koramil 0813-06 Bojonegoro   |   07:00 . Psikolog Ungkap Kesalahan Orangtua yang Bisa Hambat Potensi Anak, Pelajari Yuk Bun!   |   19:00 . Inilah Nama-Nama Mutasi Pejabat Pemkab Bojonegoro   |   18:00 . Sinergi Dinas PMD dan Bapenda Dampingi Desa Deteksi Dini Objek Pajak Terkendala   |   16:00 . Ini Spek Lengkap Toyota Rush, Kendaraan Camat se-Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Stigma Buruk Menjadi Kendala dalam Penanggulangan HIV/AIDS   |   14:00 . Kasus HIV di Bojonegoro Mencapai 217 kasus, 2 Persen di Atarannya Anak-anak   |   13:00 . Kasus Persetubuhan Terhadap Anak di Bawah Umur Meningkat   |   12:00 . EMCL Bersama Tim Aku Sehat Giat Pelatihan Pengolahan Kreasi Makanan Toga Cegah Stunting Balita   |   07:00 . 5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak, Benarkah Susu Formula Turunkan Kecerdasan Anak?   |   20:00 . Ulang Tahun ke-7, blokTuban.com Tempati Kantor Baru   |  
Sat, 03 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pengganti Nasi saat Sahur yang Mengenyangkan Lebih Lama, Mengandung Karbohidrat Kompleks

blokbojonegoro.com | Saturday, 02 April 2022 07:00

Pengganti Nasi saat Sahur yang Mengenyangkan Lebih Lama, Mengandung Karbohidrat Kompleks

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Agar prima puasa seharian, Anda butuh asupan nutrisi yang tepat saat sahur. Khusus bagi orang Indonesia nasi adalah menu wajib dalam makanan sehari-hari. Termasuk saat sahur sekaligus. Namun, bagi Anda yang bosan dengan menu nasi, ada alternatif asupan karbohidrat pengganti nasi saat sahur yang bisa Anda nikmati.

Berikut sumber karbohidrat pengganti nasi saat sahur yang bisa Anda coba:

1. Ubi Jalar

Sama halnya dengan nasi, ubi jalar termasuk makanan yang relatif mengenyangkan.Jenis umbi-umbian satu ini disinyalir lebih menyehatkan ketimbang kentang karena mengandung kalori lebih sedikit. Bahkan ubi jalar disebut tak mengandung lemak sama sekali.

Anda dapat menjadikan ubi jalar sebagai pengganti nasi saat sahur. Anda dapat mengolah ubi jalar dengan cara dikukus atau pun direbus.

 2. Jagung

Jagung bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang mulai bosan sahur dengan menu utama nasi. Pasalnya jagung lebih bernutrisi dibanding nasi.

Anda bisa merebus jagung untuk dinikmati saat sahur namun jikalau belum terbiasa,  Anda bisa mencampurkan beberapa genggam jagung yang telah digiling kasar lalu masak bersamaan dengan beras.

3. Oatmeal

Oatmeal adalah menu yang kerap dikonsumsi kala diet namun menu ini juga bisa kamu nikmati saat sahur jika sudah bosan dengan nasi.

Meski kerap dikonsumsi saat diet Oatmeal sesungguhnya memiliki kandungan yang kaya akan serat, vitamin, antioksidan serta mineral.

Tak hanya itu Oatmeal juga mengandung beta-glutan yang  dipercaya bisa memberikan efek kenyang saat dikonsumsi.

4. Nasi Merah

Pengganti nasi putih lainnya adalah nasi berwarna. Nasi berwarna adalah nasi yang dibuat dari jenis beras yang berwarna seperti beras merah, beras coklat atau beras hitam.

Menurut berbagai sumber, nasi merah atau nasi berwarna lainnya lebih sehat bila dibandingkan dengan beras putih. Pasalnya beras berwarna memiliki lebih banyak serat dan lebih sedikit bahan kimia. Untuk sahur Anda cukup mengonsumsi beras merah bersama lauk pauk favorit.

5. Singkong

Mungkin Anda sudah sering menikmati keripik singkong tapi tahukah Anda bahwa singkong pun dapat menjadi pengganti nasi? Bahkan singkong disebut memiliki karbohidrat yang tinggi bahkan kompleks. Hal ini membuat singkong lebih sehat daripada nasi.

Sama halnya dengan ubi jalar, kamu bisa menikmati singkong dengan cara direbus atau dikukus. Ini bisa menjadi menu sahur yang mengenyangkan.

6. Roti Gandum

Jika menikmati ubi di saat sahur terlalu berat untuk Anda maka pilihan lain jatuh pada roti gandum. Selain mengenyangkan, roti gandum juga kaya akan serat dan karbohidrat sehingga tubuh akan tetap bertenaga saat puasa seharian.

Anda dapat mengolah roti gandum sebagai sandwich yang ditambahkan dengan isian sayuran dan daging.

Demikian informasi mengenai makanan berkarbohidrat pengganti nasi saat sahur yang bisa Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat