19:00 . Diduga Terpeleset di Sungai, Bocah asal Sumberrejo Meninggal Dunia   |   18:00 . RSUD Sumberrejo Top Finalis Kovablik Jatim 2022   |   15:00 . Pertamina EP Sukowati Field Bangun Sinergi Forkopimda Bojonegoro Melalui Kegiatan Menembak   |   13:00 . Polisi dan Suporter Bojonegoro Gelar Salat Ghoib dan Doa Bersama   |   22:00 . Ratusan Supporter di Bojonegoro Gelar Doa Bersama Atas Tragedi Kanjuruhan   |   21:00 . Berduka Atas Tragedi Kanjuruhan, Ratusan Supporter di Bojonegoro Doa Bersama   |   18:00 . Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel   |   17:00 . 2.195 PJU Bakal Dipasang Tahun Ini   |   16:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa JTB   |   15:00 . Bupati Anna Lantik 37 Pejabat di Lingkungan Pemkab Bojonegoro   |   14:00 . Polres Bojonegoro Gelar Apel Pasukan Operasi Zebra 2022   |   13:00 . Hingga Kini, Polisi Belum Temukan Titik Terang   |   11:00 . Salut dengan PDKB, Ketua Asosiasi Kartini Mandiri Akan Gandeng untuk Bidang Usaha   |   09:00 . Bupati Bojonegoro Berangkatkan Kirab Pataka "Jer Basuki Mawa Beya" Menuju Tuban   |   08:00 . Tragedi Kanjuruhan, GPK Minta Reformasi Total Penyelenggaraan Sepakbola Indonesia   |  
Wed, 05 October 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Selain Batik, WBP di Lapas Bojonegoro juga Ada Praktek Las

blokbojonegoro.com | Saturday, 07 May 2022 10:00

Selain Batik, WBP di Lapas Bojonegoro juga Ada Praktek Las Seorang pekerja melakukan pengelasan. (Foto: id.pinterest)

Kontributor : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 2A Bojonegoro, terus berupaya meningkatkan kreatifitas dan keterampilan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Bojonegoro, salah satu upaya yang dilakukan yaitu memberikan pelatihan membatik.

Meskipun, saat ini mereka masih dalam masa tahanan, para warga binaan tersebut diberi kesempatan untuk mendapatkan ilmu membatik, agar nantinya setelah bebas para warga binaan itu mempunyai bekal ilmu membatik dan bisa digunakan setelah keluar dan kembali berbaur dengan masyarakat.

Kepala Seksi Kegiatan Kerja Lapas Kelas IIA Bojonegoro, Subiyanto mengungkapkan, selain membatik warga binaan Lapas Bojonegoro juga diberikan pelatihan menjahit dan Las, untuk membatik sendiri sudah berjalan selama empat tahun.

Untuk pemasaran produk batik ini masih lingkup intern, seperti pegawai-pegawai Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kumham) Jawa Timur. Tak hanya pegawai saja, bagi masyarakat yang menginginkan juga bisa membeli dan mendapatkan batik produksi warga binaan tersebut.

Untuk harga pun bervariasi, tergantung motif dan teknik dalam membatik, paling murah dibandrol dengan harga Rp130 hingga Rp150 ribu dan yang paling mahal dibandrol antara Rp400 hingga Rp500 ribu.

"Yang paling murah itu biasanya dengan motif sederhana dan menggunakan teknik cap, untuk yang paling mahal motifnya pun agak rumit dan biasanya menggunakan teknik canting," katanya.

Para warga binaan, sering kali memproduksi batik motif Bojonegoroan seperti Thengul, Daun Jati dan masih banyak lagi, tetapi untuk seragam khusus kantor biasanya tergantung permintaan dari konsumen.

"Selama bulan Ramadhan ini kami sudah menjual sebanyak 15 lembar kain batik, dan kemarin ada juga pesanan dari pegawai Lapas Mojokerto sebanyak 45 pcs," ujarnya.

Selain dibekali ilmu membatik, warga binaan Lapas Bojonegoro saat ini juga tengah menekuni las. Menurut Subiyanto, saat ini baru terdapat 4 warga binaan yang bisa las.

"Saat ini kita juga memberikan pelatihan las kepada warga binaan. Karyanya yaitu seperti rak bunga dari besi, galvalum, meja dan lain sebagainya," imbuhnya.

Untuk pemesanan galvalum sendiri, tambah Subiyanto, tetap dibuat di dalam Lapas, karena tidak diperbolehkan untuk keluar. Nanti, jika pemesanan tersebut sudah jadi akan di antar oleh petugas lainnya. [riz/ito]

Tag : las, batik, karya, lapas, bojonegoro, wbp



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 03 October 2022 18:00

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel Guna menyiapkan santri terampil menulis, Pondok Pesantren (PonPes) Al-Manshur yang beralamat di Jalan Masjid Nomor 1, Dukuh Bangle Rt. 01 Rw 11, Desa Bulu, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro mengadakan pelatihan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat