11:00 . Puskesmas Buka Layanan Pemeriksaan Kesehatan untuk Syarat Pantarlih   |   07:00 . 19 Makanan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi   |   23:00 . Inilah Jejak Karier DR. Didik Farkhan Alisyahdi, Kajati Banten   |   22:00 . Didik Farkhan, Putera Terbaik Bojonegoro Jabat Kajati Banten   |   20:00 . IHC RSPP Jadi Bagian Mayo Clinic Care Network   |   16:00 . Limbah Sampah di TPA Diolah Jadi Bensin dan Solar   |   14:00 . Selama Tahun 2022, PETI Dominasi Kasus Hukum Sektor Pertambangan Minerba   |   13:00 . Diberangkatkan Bupati, STIKES Rajekwesi Mulai KKN Tematik Desa Tangguh   |   07:00 . 7 Cara Bersyukur Setiap Hari, Hidup Akan Lebih Bahagia   |   23:00 . Libatkan Puluhan Pekerja Kreatif dan Ratusan Ekstras asli Bojonegoro   |   22:00 . Tangis Haru Mbah Painem Asal Gondang Bisa Masuk Film Internasional   |   20:00 . Tayang Perdana di Bojonegoro, Film Autobiography Disambut Warga   |   19:00 . Jalan Utara Pasar Kota Bojonegoro Jadi Dua Arah, Dishub : Murni Program Pemkab   |   18:00 . Benarkah Pedagang Pasar Wisata Akan Ditarik Iuran Rp200 Ribu?   |   16:00 . Angka Partisipasi Daftar PPS Tinggi, KPU Provinsi Jatim Beri Apresiasi   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BEM STAI Attanwir Gelar Halaqoh Ilmiah Kupas Biografi Mbah Sholeh

blokbojonegoro.com | Friday, 22 July 2022 18:00

BEM STAI Attanwir Gelar Halaqoh Ilmiah Kupas Biografi Mbah Sholeh

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Sebagai rangkaian perayaan Haul Pendiri Pesantren Attanwir Talun Sumberrejo, Bojonegoro, KH Sholeh, digelar Gelar Halaqoh Ilmiah. Halaqoh kali ini diinisiasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Attanwir. 

Hadir sebagai Narasumber pada kegiatan bertajuk "Membahas Biografi Almarhum Mbah Sholeh ini" KH. Rofiq Sahal selaku cucu KH. Sholeh, KH. Hamim sanadi salah satu santri senior, Jumat (22/7/2022) di Kampus STAI Attanwir. 

Ketua STAI Attanwir Moch Bakhtiar menyampaikan, acara Halaqoh Ilmiah yang di selenggarakan oleh BEM STAI Attanwir tersebut dalam rangka peringatan Haul KH. Moh. Sholeh yang ke 30 dengan tujuan mahasiswa dapat mengenal lebih jauh dan meneladani sang kiyai, yang mana beliau selalu mothola'ah, membaca kitab-kitab semasa hidupnya.

"Menurut Abah Rofiq selaku cucunya, Mbah Yai itu saat muthola'ah kitab terkadang di pinggir jendela rumah, hingga kelihatan dari luar," ujarnya

Masih menurut Bakhtiar, dalam hal menulis sosok KH. Moh. Sholeh mengarang kitab cukup banyak dan setiap apa yang ditulis pasti ada catatan kakinya atau rujukan dari mana asal kalimat atau kata yang dikutipnya. 

"Dijelaskan oleh Yai Hamim selaku santri dan lulusan yang paling sepuh, Mbah Yai Sholeh saat membaca kitab di hadapan santri tidak pernah ada jeda, jadi makna sangat menguasai," jelasnya.

Tentu saja, hal ini perlu diteladani dari segi perilaku, ketekunan dalam belajar, serta kehati-hatian dalam mengambil ilmu, jangan sampai melakukan plagiarisme. Yang tak kalah penting, adalah bagaimana santri sekarang ini khususnya Santri Attanwir bisa melestarikan kitab-kitab karangan Mbah Yai Sholeh dengan semangat untuk mengkaji dan mengamalkannya.

Lebih lanjut, Presiden BEM STAI Attanwir Muchammad Khabib Sholahuddin mengaku gembira karena kegiatan halaqoh ilmiah diikuti oleh ratusan mahasiswa. Para mahasiswa tertarik mengkaji biografi Almarhum KH. Moh. Sholeh dan membedah salah satu kitab karangannya yaitu kitab Fathul Jalil yang menerangkan fadhilah dzikir dan tahlil.

"Harapannya mahasiswa bisa mengambil hal-hal penting yang dapat di implementasikan. Selain itu, setelah mengikuti halaqoh mahasiswa bisa disiplin dalam belajar, dalam membaca dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ini Kampus STAI Attanwir di bawah naungan Pondok Pesantren sehingga kita adalah mahasantri sehingga harus mengetahui sosok pendiri Ponpes dan kiprahnya," pungkasnya. [lis]

Tag : Halaqoh, ilmiah, stai Attanwir



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more