16:00 . Dekopinda Bojonegoro Ikuti Unjuk Rasa Tolak OJK Awasi Koperasi   |   15:00 . Pemkab Bojonegoro Raih 17 Besar Kovablik Lewat Inovasi SMASH RSUD Sumberrejo   |   13:00 . Komunitas Ibu Profesional Akan Gelar Tour the Talent   |   20:00 . Jelang Pemilu, 749 Calon PPK Ikuti Tes CAT   |   19:00 . Curah Hujan Tinggi, TPT Jembatan Jetak Bojonegoro Longsor   |   18:00 . Waspada Penipuan Digital, Masyarakat Perlu Bijak Bermedsos   |   17:00 . Cegah Longsor dan Banjir, Pemkab Bojonegoro Bangun Tebing Penahan   |   16:00 . Polisi Terus Selidiki Laporan Dugaan Sertifikat Tanah Palsu di Kasiman   |   15:00 . Tips Hemat Hadapi Godaan Diskon Belanja Akhir Tahun   |   14:00 . Kejari Segera Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi APBDes Deling   |   13:00 . UINSA Terima Anugerah Top 45 Publik Inovasi Terbaik   |   12:00 . Diduga Kurang Konsentrasi, Remaja Meninggal Dunia Usai Menabrak Pemotor di Dander   |   08:00 . Pemkab Bojonegoro Masih Tunggu Juknis Inpres Pengadaan Kendaraan Listrik Kedinasan   |   07:00 . Bayi Rewel Saat Tidur Malam, Apa Bisa karena Ruam Popok?   |   19:30 . Oknum BPN Bojonegoro Dilaporkan Atas Dugaan Sertifikat Tanah Palsu   |  
Wed, 07 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bertahan Jaga Tradisi, Mbah Joni Pembuat Wayang Kertas Eksis Sejak Tahun 1985

blokbojonegoro.com | Tuesday, 23 August 2022 16:00

Bertahan Jaga Tradisi, Mbah Joni Pembuat Wayang Kertas Eksis Sejak Tahun 1985

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Usia tidak menjadi penghalang bagi seseorang untuk terus berkarya. Seperti kakek satu ini, Mbah Joni Tukirin, warga Kelurahan Karangpacar, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro.

Meski usianya tergolong sudah senja, kakek yang akrab disapa Mbah Joni ini masih menekuni hobinya membuat kerajinan wayang dari bahan kertas. Keahliannya membuat wayang dari kertas sendiri mulai tahun 1985, ketika masih muda dan menjadi perantau di Ibu Kota Jakarta. 

Tampak di sepanjang Jalan Hayam Wuruk, Karangpacar. Di sisi warung miliknya, beragam penokohan wayang yang terbuat dari kertas dijajakan untuk menarik mata warga yang lewat. Ada Wayang Kulit, Bleber, Wayang Golek hingga Klitik.

"Buat wayang dari tahun 1985 saat masih kerja di Jakarta. Kemudian mulai berjualan wayang di sekitar Karangpacar dari tahun 1992. Dulu banyak peminatnya bule-bule bahkan anak sekolah, karena pandemi 2 tahun jadi sepi," ungkap pria asal Klaten itu. 

Membuat wayang dari kertas rupanya butuh kejelian dan kreativitas tinggi. Mulai dari ketersediaan bahan-bahan premium yang diperlukan seperti kertas karton/duplex, cat minyak, hingga sebatang bambu untuk peregangan wayang. 

"Saya pakai kertas duplex lebih seringnya karena bagus, mulanya kita buat sketsa penokohan wayang terlebih dahulu. Kemudian di cat sesuai rupa penokohan supaya menarik," ucapnya. 

Hasil dari menjual wayang kertas itu, ia gunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga sehari-hari. Wayang buatan Mbah Joni tersebut dijual dengan harga bervariasi, tergantung ukuran dan tingkat kerumitan dalam pembuatan.

"Satu wayang yang kecil harganya Rp30-50 ribu, kalau yang besar Rp100 ribu. Koleksi wayang saya ada Pandawa Lima, Kurawa sampai Punakawan," tambah pria yang akrab disapa Mbah Joni. 

Mbah Joni berharap, keahliannya membuat wayang dari kertas ini tetap bisa diteruskan oleh anak-anaknya. Dengan harapan mampu melestarikan budaya Jawa meski tergerus zaman yang semakin maju. 

"Harapannya bisa diteruskan anak-anak karena kan saya sudah tua. Tentu bisa mengenalkan kepada masyarakat, bahwa wayang ini merupakan aset budaya Nasional. Meski hanya sebatas wayang dari kertas," harap Mbah Joni. [liz/lis]

 

Tag : Budaya, wayang, ahli



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat