18:00 . Secara Resmi Bupati Anna Serahkan 28 Unit Kendaraan Dinas Camat   |   16:00 . Dewan Pengupahan Rencanakan Kenaikan UMK 2023 Sebesar 3,4 Persen   |   13:00 . Desainer Yustin Mariani Bangga Rancangannya Tampil di BNFF   |   20:00 . Minibus Adu Banteng dengan Truk, Satu Orang Meninggal   |   19:00 . Pintu Air Waduk Pacal Macet, BPBD Terus Berkoordinasi BBWS Cegah Potensi Banjir Susulan   |   18:00 . Bupati Anna Resmikan Pasar Burung Bagi Para Bird Lovers   |   16:00 . Student Agency, Tantangan Guru Masa Kini   |   15:00 . Lagi Turun, Harga Antam Dijual Mulai Rp539.500   |   13:00 . Hujan, Ini Tips Saat Berkendara dengan Motor   |   19:00 . Viral Pengantin Nikah Saat Banjir, Netizen: Doa Mantan Terkabulkan   |   18:00 . Viral, Warga Sukosewu Langsungkan Pernikahan di Tengah Banjir   |   15:00 . Ini Tips Tetap Bugar dan Tingkatkan Imun Ala Tirta Ayu Spa   |   13:00 . Pernikahan Dini Marak, APPA dan PA Bojonegoro Bersinergi Bersama   |   11:00 . Inilah Nama Pemenang Fashion Street Fruit and Veggie Competition   |   10:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan Insan UPG dari KPK   |  
Wed, 30 November 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bupati Bojonegoro Resmikan Kebun Mawar 'Buana Indah' di Margomulyo.

blokbojonegoro.com | Thursday, 08 September 2022 11:00

Bupati Bojonegoro Resmikan Kebun Mawar 'Buana Indah' di Margomulyo.

 

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Setelah hadir green house pengembangan bunga krisan di Desa Klino Kec. Sekar tahun lalu, kini menyusul Desa Kalangan Kec. Margomulyo lewat pengembangan bunga mawar " Buana Indah". Kebun mawar "Buana Indah" di resmikan secara langsung oleh Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah pada Kamis (08/9/2022).

Green house bunga mawar berdiri di atas lahan 7x12 m² bersebelahan dengan Balai Desa Kalangan. Aneka macam warna bunga mawar tumbuh bermekaran dari tangan-tangan terampil Kelompok Tani Sekar Jati binaan Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Bojonegoro serta Badan Riset Dan Inovasi Nasional.

Secara geografis Kabupaten Bojonegoro memiliki potensi pengembangan hortikultura dan florikultura ujar Catur Hermanto selaku perwakilan dari Badan Riset Dan Inovasi Nasional (BRIN). Hal ini juga merupakan komitmen Bupati Bojonegoro untuk pengembangan hortikultura dan florikultura, karena Bojonegoro memiliki potensi geografis yang strategis dan mudah di akses.

Di samping itu Bojonegoro juga memiliki lahan pertanian yang cukup luas, memiliki sumber daya alam bengawan solo, potensi genetik lokal, potensi pemanfaatan lahan perhutani, serta potensi pasar lokal dan Nasional. "Desa kalangan yang di kelilingi sungai bengawan solo bisa menjadi floating market pasar bagi produk pertanian, wisata alam, dan sumber pendapatan daerah," terangnya.

Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah menyampaikan, tumbuhan dapat tumbuh berkembang karena ada hubungan timbal balik (simbiosis mutualisme) dengan makhluk hidup yang lain. Green house pengembangan Bunga Mawar Desa Kalangan ini juga harus di lengkapi dengan pengembangan lebah madu, agar kumbang dapat menghisap sari madu sang Mawar.

Tahun kemarin kita sudah berhasil mengembangkan Bunga Krisan di Desa Klino Sekar, sekarang Bunga Mawar di Margomulyo. "Setelah ini juga harus ada pengembangan bunga di wilayah lain seperti wilayah Boti-Sekar (bose) Sekar, karena berada di dataran lebih tinggi yang sejuk berbukit, serta memiliki panorama alam yang indah, salah satunya Guyangan Park," harapnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, "florikultur juga bagian dari ketahanan pangan", ada produk turunan yang dapat diinovasikan menjadi teh Mawar, minuman sari Mawar, selai Mawar, sirup Mawar, roti, stik keju, dan kerupuk Mawar. "Selain tantangan inovasi ada satu hal yang lebih penting yakni pemasaran, oleh karena itu saat ini Pemkab Bojonegoro sedang gencar melaksanakan pelatihan digital marketing bagi muda-mudi Bojonegoro untuk menghadapi tantangan global," imbuhnya mengakhiri sambutan.

Peresmian Kebun Mawar "Buana Indah" Desa Kalangan ditandai dengan pemotongan setangkai Bunga Mawar oleh Bupati Bojonegoro. [lis]

Tag : Bupati, wilayah, Keunggulan, mawar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat