07:00 . Para Orang Tua Wajib Paham, Ini 4 Tanda Anak Cerdas   |   18:00 . Bupati Anna dan Kajari Imbau Pengelolaan Dana Bos Prioritaskan Integritas   |   17:00 . BMKG: Waspada Cuaca 3 Hari Mendatang   |   15:00 . 5 Organisasi Profesi Kesehatan Tolak RUU Kesehatan   |   13:00 . Putra Asal Bojonegoro, Belasan Tahun Mengabdi di Luar Jawa   |   10:00 . Diduga Pecah Ban, Truk Box Oleng Tabrak Pagar Koramil 0813-06 Bojonegoro   |   07:00 . Psikolog Ungkap Kesalahan Orangtua yang Bisa Hambat Potensi Anak, Pelajari Yuk Bun!   |   19:00 . Inilah Nama-Nama Mutasi Pejabat Pemkab Bojonegoro   |   18:00 . Sinergi Dinas PMD dan Bapenda Dampingi Desa Deteksi Dini Objek Pajak Terkendala   |   16:00 . Ini Spek Lengkap Toyota Rush, Kendaraan Camat se-Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Stigma Buruk Menjadi Kendala dalam Penanggulangan HIV/AIDS   |   14:00 . Kasus HIV di Bojonegoro Mencapai 217 kasus, 2 Persen di Atarannya Anak-anak   |   13:00 . Kasus Persetubuhan Terhadap Anak di Bawah Umur Meningkat   |   12:00 . EMCL Bersama Tim Aku Sehat Giat Pelatihan Pengolahan Kreasi Makanan Toga Cegah Stunting Balita   |   07:00 . 5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak, Benarkah Susu Formula Turunkan Kecerdasan Anak?   |  
Sat, 03 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel

blokbojonegoro.com | Monday, 03 October 2022 18:00

Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel

Pengirim: Khoyiful Ihsan*

blokBojonegoro.com - Guna menyiapkan santri terampil menulis, Pondok Pesantren (PonPes) Al-Manshur yang beralamat di Jalan Masjid Nomor 1, Dukuh Bangle Rt. 01 Rw 11, Desa Bulu, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro mengadakan pelatihan bertema “Mudah Menulis Artikel” untuk santri putra dan putri, di aula pondok, Ahad (2/10/2022).

Dalam sambutannya, Pengasuh PonPes Al-Manshur Bulu Dr. K. H. Ahmad Manshur, M. A., berkeinginan melalui pelatihan mudah menulis artikel ini para santri memiliki skill dan pengalaman yang lebih.

“Sudah lama saya ingin mengadakan kegiatan seperti ini. Karena apa, saya berkeinginan santri-santri itu memiliki skill dan pengalaman yang lebih”, ucap Manshur.

Kiai Mashur yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah UNUGIRI menambah, bila santri di PonPes Al Manshur Bulu tidak sekadar dibekali dengan ngaji turats saja, tetapi juga bisa menyampaikan apa yang ada dalam kitab tersebut melalui tulisan.

“Jadi, dengan tulisan, nasehat atau pesan dalam kitab turats itu bisa disampaikan dan diterima kepada khayalak ramai. Maka dari itu, butuh suatu media. Salah satunya adalah ketika ide atau pokok pikiran santri-santri muncul teruskan melalui menulis dengan baik”, ujarnya.

Di akhir sambutan, Kiai Manshur juga memberi penjelasan ilmiah bila menulis memiliki banyak sekali manfaat untuk santri. Tulisan itu bisa dilihat dan dibaca kapan saja. Menjadi pelengkap santri selain terampil berceramah dan sarana dakwah.

“Mengapa harus menulis, karena menulis ini bisa dilihat dan dibaca kapan saja. Kalau kita ngomong, kemudian kita berhenti ngomong, yang mendengar pasti tidak akan bisa menerima pesan kita lagi. Tetapi dengan menulis, walau penulis sudah meninggal, tulisannya itu masih bisa dibaca. Seakan-akan penulisnya itu masih hidup. Itulah hebatnya sebuah tulisan. Apalagi, setiap malam Jumat ada khitobiyah, menulis menjadi bekal pelengkap. Iya ceramah iya menulis. Apalagi, kini teknologi informasi tidak bisa dihindarkan. Menulis melalui akun medsos santri-santri bisa dijadikan sarana dakwah,” tegasnya.

Selaku narasumber, Usman Roin menyampaikan kepada santri bila menulis itu adalah seni mengomunikasikan ide yang muncul berwujud tulisan. “Menulis itu seni lho, seni mengomunikasikan apa yang ada dalam pikiran berwujud tulisan. Beda dengan ceramah yang mengomunikasikan ide dan sebagainya berwujud verbal. Jadi, jangan sampai terbalik”, terangnya.

Usman yang juga Dosen Prodi PAI UNUGIRI mempertegas, alasan santri perlu menjadi penulis karena lowongannya masih banyak. Modal sebagai penulis murah. Bebas waktu pengerjaannya. Literaturnya melimpah ruah. Serta bisa menghasilkan popularitas hingga finansial.

“Santri yang kaya literatur keagamaan akan mudah menjadi penulis. Apalagi untuk menulis, kang dan mbak santri bisa mengatur sendiri pengerjaannya. Tidak terikat sebagaimana orang bekerja yang datang pagi dan pulang siang atau sore hari. Segi modal, menulis murah sekali. Tinggal ketik di gadget, laptop jadilah tulisan. Dan bila sudah menjadi penulis, popularitas dan finansial akan didapatkan”, paparnya.

Di ending penyampaian, Usman yang telah memiliki 149 karya tulis yang terpublis di media cetak dan online sejak 2011, serta penulis tesis terbaik tingkat universitas di UIN Walisongo 2021, membagikan tips ciri khas tulisan artikel. Lalu kategori artikel yang dilirik oleh redaktur. Kemudian jumlah halaman yang diperlukan dalam menulis artikel disertai email media. Serta, anatomi bentuk tulisan artikel beserta contoh yang bisa ditiru oleh santri.

Pada pelatihan mudah menulis artikel, selain dihadiri puluhan santri putra dan putri Pondok Pesantren Al Manshur Bulu, hadir pula Pengasuh Dr. K. H. Ahmad Manshur, M.A., dewan guru MTs Plus Miftahul Ulum dan MA Bilingual Miftahul Ulum yang khidmat mengikuti kegiatan sampai menjelang zuhur tiba.

* Pengirim adalah Santri PonPes Al Manshur Bulu.

Tag : pondok pesantren, al manshur, bulu, balen, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat