10:00 . Selidiki Penyebab Kematian Remaja di Bojonegoro, Polisi Periksa 5 Saksi   |   08:00 . Hendak Konvoi, Ratusan Remaja di Bojonegoro Dihukum Dorong Motor   |   07:00 . Tersebar Diduga CCTV Detik-detik Remaja di Bojonegoro Dikejar 4 Motor Sebelum Meninggal   |   22:00 . Kisah Inspiratif Pembatik Gen Z Asal Temayang, Berdayakan Tetangga Melalui Usaha Rintisannya   |   21:00 . Ya Allah, Balita di Bojonegoro Meninggal Terlindas Truk   |   20:00 . Sebelum Dimakamkan, Jenazah Remaja yang Ditemukan Meninggal di Bojonegoro Diautopsi   |   19:00 . Kronologi Meninggalnya Remaja di Bojonegoro, Korban Dikejar dan Tabrak Pembatas Jalan, Polisi Terus Selidiki   |   18:00 . Setyo Wahono Adik Mensesneg Nyatakan Siap Maju Calon Bupati Bojonegoro   |   17:00 . Remaja di Bojonegoro Ditemukan Meninggal, Dikeroyok atau Kecelakaan?   |   16:00 . Bagaimana Pertanian Ekologis Ramah Lingkungan Mengubah Nasib Petani di Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Satu Keluarga Hasilkan Cuan dari Olahan Tanaman Sekitar Rumah, Bisnis Makin Berkembang Berkat KUR   |   14:00 . Kisah Milenial Asal Bojonegoro Gunakan Satu Aplikasi Untuk Segala Kebutuhan   |   13:00 . Bayar Uang Kuliah Hingga Beli Pulsa, Belanja Bisa Lewat Fitur BRImo   |   12:00 . Bukan Suami Istri, Penghuni Kos Nakal Pondok Pinang Diamankan Satpol PP   |   09:00 . Hendak Konvoi, Ratusan Remaja di Bojonegoro Diamankan Polisi   |  
Mon, 15 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Menikmati Cita Rasa Tempe Khas Desa Kedungadem

blokbojonegoro.com | Sunday, 03 September 2023 17:00

Menikmati Cita Rasa Tempe Khas Desa Kedungadem

Kontributor: Sahdan

blokBojonegoro.com - Dusun Dolog, Desa Kedungadem, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, menjadi saksi dari berbagai potensi ekonomi yang dimiliki oleh masyarakat desa ini. Salah satu industri rumahan yang memberikan dampak positif bagi warga adalah pembuatan tempe.

Di Dusun Dolog, Desa Kedungadem, sebuah kisah perjalanan panjang dalam pembuatan tempe telah berjalan selama 30 tahun. Karyono dan istrinya, Emi, adalah orang-orang di balik proses pembuatan tempe khas Kedungadem yang lezat.

Emi dengan bangga mengungkapkan bahwa resep tempe khas Kedungadem ini telah diwariskan dari generasi ke generasi di rumah mereka, tempat di mana proses pembuatan tempe berlangsung. Beberapa karung kedelai telah mengisi tempat tersebut, baik yang masih utuh maupun yang telah melewati berbagai tahapan seperti pengupasan, perebusan, perendaman, penggilingan, hingga proses inokulasi dengan ragi dan pembungkusan.

"Saya dan suami bersama dengan 5 orang pekerja lainnya yang turut serta dalam setiap tahap produksi," ungkap Emi saat ditemui di lokasi produksi tempe.

Emi menjelaskan, mereka mampu menghasilkan sekitar 1 Kwintal tempe setiap hari. Ukuran tempe khas Kedungadem ini sekitar 25 cm panjang, 5 cm lebar, dan 3 cm tebal. Harga setiap lonjor tempe berkisar antara Rp2.000 hingga Rp5.000, tergantung panjangnya.

"Prosesnya hampir sama dengan pembuatan tempe pada umumnya, yang membuatnya berbeda adalah kami hanya menggunakan kedelai murni tanpa campuran apapun. Mungkin itulah yang membuat rasa tempe khas Kedungadem begitu istimewa dibandingkan dengan tempe dari tempat lain," tambahnya.

Selain fokus pada produksi tempe, Karyono juga menjual produknya di berbagai pasar, termasuk pasar Ngimbang Lamongan, di mana banyak pembeli datang ke rumah mereka, bahkan penjual sayur pun tak ketinggalan.

Penikmat tempe khas Kedungadem bukan hanya berasal dari warga kecamatan Kedungadem saja, melainkan juga dari luar kecamatan Kedungkandang. Ini semua dikarenakan cita rasa tempe yang renyah dan gurih, seperti yang diungkapkan Emi saat diwawancarai oleh awak media blokBojonegoro.com. Tempe Kedungadem adalah sebuah kelezatan yang tak hanya memikat hati penduduk setempat, tetapi juga para penggemar tempe di berbagai penjuru. [lis]

Tag : Tempe, khas, Kedungadem



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat