13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ini Kata Muhammadiyah Bojonegoro Soal “Serangan Fajar”

blokbojonegoro.com | Tuesday, 13 February 2024 13:00

Ini Kata Muhammadiyah Bojonegoro Soal “Serangan Fajar”

 Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Politik uang disinyalir masih terjadi pada Pemilu 2024. Namun bagaimana hukum politik uang atau yang lebih dikenal masyarakat ‘Serangan Fajar’.

Menurut Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Bojonegoro, Sholikin Jamik. ‘Serangan Fajar’ yang dipahami ialah memberi uang untuk pelancar dan pendorong agar memilih salah satu calon tertentu. Hal itu menurutnya termasuk suap atau rusuah.

“Apapun bentuknya sogok itu haram dan terlarang, karena pasti akan ada yang dirugikan atau rugi sama-sama,” ungkap Sholikin Jamik, Selasa (13/2/2024).

Oleh karena itu, lanjut pria yang juga menjabat Panitera Pengadilan Agama Bojonegoro ini, sebisa mungkin dihindari. Kata nabi, ‘Arrasi wal Murtasyi fim Naar’ yang artinya ‘orang yang menyogok dan yang disogok sama-sama masuk neraka’.

Namun, menurutnya, jika dalam kondisi yang penting dan genting, dalam arti ada pilihan Islam dan kafir/zalim, maka orang Islam yang baik boleh menyuap dan disuap dengan tujuan agar calon pemimpin zalim/kafir itu tidak menduduki sebagai pimpinan.

“Dengan kata lain, agar orang yang Islam-nya baik itu menang dalam kancah politiknya. Namun harus dipahami bahwa kondisi ini adalah kondisi darurat. Adh-dhorurotu tubiihul mahdhuuroot,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menjelaskan dalam Kitab Fathul Mu’in disebutkan bahwa:

Risywah atau suap adalah pembayaran untuk menghaqqan barang bathil dan membathilkan barang yang haq.

Maka jika seorang calon pemimpin yg baik mengetahui ada calon yang bakal membuat kerusakan melakukan pembayaran agar bisa terpilih dan berkuasa, maka calon pemimpin yg baik wajib melakukan pembayaran yang sama untuk menghalangi calon yg bakal merusak menang dan berkuasa.

Pembayaran yang dilakukan oleh calon pemimpin faseq disebut suap atau risywah. Pembayaran yang dilakukan pemimpin yg baik disebut sodaqah. [riz/lis]

 

Tag : pemilu, suap, serangan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat