15:00 . Ditinggal Bimtek, Rumah Anggota PPS di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   14:00 . Target Transisi Energi Terancam Tidak Tercapai, ini Sebabnya...   |   12:00 . Minggu Sore, Bazar Alumni Attanwir Mulai   |   11:00 . UNUGIRI Masuk 10 Kampus NU Terbaik 2024 Berdasarkan Peringkat SINTA Score   |   09:00 . Kepala Bappeda Bojonegoro Pilih Membisu saat Disinggung Perencanaan Mobil Siaga   |   06:00 . Sambung Sanad Ponpes Attanwir: PCNU Gresik Akui Istimewa   |   20:00 . Ratusan Alumni Ikuti Sambung Sanad Ponpes Attanwir ke Gresik   |   18:00 . Bersiap, Besok PDAM di Kedungadem dan Sebagian Sugihwaras Mati   |   17:30 . Meriahnya Sambung Sanad Ponpes Attanwir   |   17:00 . Stakeholders Day 2024, KPPN Bojonegoro Beri Penghargaan Operator Terbaik   |   16:30 . Ratusan Alumni Attanwir di Pesarean KH. Moh. Sholeh   |   16:00 . Berikut Skema Pemulangan Jemaah Haji Bojonegoro Pekan Depan   |   15:00 . Sedih, Begini Isi Surat Wasiat Milik Pria di Bojonegoro yang Diduga Tabrakkan Diri ke KA   |   14:00 . Diduga Bunuh Diri, Pria Tanpa Identitas di Bojonegoro Tabrakan Diri ke Kereta Api   |   21:00 . Lawan Persebaya, Manajemen Persibo Bojonegoro Bakal Boyong Pemain Baru   |  
Sun, 23 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Urai Persoalan LPG 3 Kg Langka, Komisi B DPRD Bojonegoro Rekom

blokbojonegoro.com | Saturday, 08 June 2024 15:00

Urai Persoalan LPG 3 Kg Langka, Komisi B DPRD Bojonegoro Rekom

Reporter : M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro menggelar pertemuan bersama perwakilan Pertamina, SPBE, Agen LPG dan Diinas Perdagangan, guna mengurai persoalan kelangkaan LPG 3 Kg yang beberapa waktu lalu mengalami kelangkaan hingga harga jual yang mendadak tinggi.

Melalui rapat kerja komisi B DPRD Bojonegoro yang digelar Jumat (7/6/2024) sore kemarin di ruang rapat Gedung Dewan, memunculkan rekomendasi pendataan ulang kebutuhan gas rumah tangga, usaha mikro. Hal itu dipaparkan langsung oleh Sally Atyasasmi Ketua Komisi B DPRD Bojonegoro usai mengikuti rapat bersama yang menghadirkan segenap Agen LPG 3 Kg se-Kabupaten Bojonegoro.

"Pendataan ulang kebutuhan gas rumah tangga, usaha mikro ditambahkan dengan penggunaan petani sasaran pada musim tanam sehingga dapat dijadikan pedoman pengajuan alokasi pada kementerian ESDM," ungkap Sally saat dikonfirmasi blokBojonegoro.com, Sabtu (8/6/2024).

Ditambahkannya, hal itu dimaksudkan supaya ketersediaan pangkalan di setiap desa agar mudah didapatkan oleh masyarakat. Mengingat, ketetapan harga LPG sebagaimana Peraturan Gubernur Jawa Timur harga eceran sebesar Rp16.000, namun faktanya beredar di masyarakat dengan harga diatas eceran sampai Rp25.000.

"Pengawasan itu harus betul dilakukan, dan penegakan sanksi terhadap penjual yang menjual dengan harga diatas harga eceran yang ditetapkan," tandasnya lagi.

Dari data yang dikumpulkan Komisi B DPRD Kabupaten Bojonegoro, tahun 2024 ini kuota alokasi LPG 3 Kg Kabupaten Bojonegoro sebesar 40.800 metrik ton dengan serapan tiap bulan kurang lebih diangka 90% dari alokasi. Namun melonjak pada bulan April bersamaan dengan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Lonjakan kembali terjadi pada bulan Mei lalu dikarenakan serapan LPG subsidi 3 Kg di kalangan petani sasaran yang beralih dari penggunaan bahan bakar solar ke bahan bakar gas untuk disel pompa air.

Perubahan kebijakan peralihan penggunaan bahan bakar solar ke gas pada petani sasaran belum terpotret secara detail angkanya, sehingga pada saat masuk musim tanam angka kebutuhan LPG 3 kg meningkat tajam.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Bojonegoro Sukaemi menjelaskan, pertemuan lintas sektor tersebut sebagai kolaborasi dan sarana tambahan tentang manajemen pendistribusian, tata cara jadi agen sampai ke pangkalan.

"Bersinergi bagaimana caranya rumah tangga sampai usaha mikro, termasuk bidang pertanian terkafer kebutuhan LPG. Karena kami sudah melakukan pendekatan ke Pertamina dan berkirim surat untuk tambahan data," papar Sukaemi.

Pihaknya menyebutkan, setidaknya ada 1.344 jumlah pangkalan yang tersebar di desa yang ada di Kabupaten Bojonegoro pada awal Mei. Namun setelah dilakukan verifikasi oleh Pertamina, angka itu menurun dan setiap hari juga ada data masuk yang bertambah.

"Setelah verifikasi ada pengurangan karena ada yang tidak mampu menginput. Toko biasa juga bisa jadi pangkalan, Pertamina juga setuju asal dapat memenuhi syarat dan ketentuan bisa menghuhungi agen untuk diteruskan ke Pertamina. Jelas kami mendukung dan mempermudah perizinannya nanti," pungkasnya. [feb/mu]

 

Tag : Gas lpg, kelangkaan gas elpiji, tabung lpg 3 kg



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat