06:00 . Bersama Mayjen Wardiyono, Ratusan Relawan di Sugihwaras Siap Menangkan Wahono-Nurul   |   18:00 . Nurul Azizah Hadir Diantara 9.000 Lebih Anggota Muslimat NU   |   17:00 . Dr Cantika Bagikan Tips Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Internasional di Unigoro   |   16:30 . Semangat Muslimat di Tengah Terik Matahari   |   16:00 . 9.000 Lebih Muslimat NU Hadir di Ponpes Attanwir   |   15:00 . Siswa SMK Muhammadiyah 4 Padangan Lakukan Kunjungan Home Industri Dalam Kegiatan P5   |   14:00 . Cawabup Farida Bantah Soal Videonya yang Diduga Lakukan Money Politik   |   13:00 . Program P5RA: Matsagabo Gelar Pesta Demokrasi dan Fashion Show   |   11:00 . Festival Sastra Kota Malang, Ajak Masyarakat Jelajah Cita Rasa Dikemas Dalam Bentuk Karya Sastra    |   10:00 . Salah Satu Cawabup di Bojonegoro Diduga Bagikan Uang di Acara Sholawatan, Ini Respon Bawaslu   |   22:00 . Solusi Murah Cegah Darurat Sampah di Bojonegoro dengan Pilah Sampah dari Rumah   |   21:00 . FKIP Unugiri Yudisium ke-VI, Warek II: Optimisme Sarjana Pendididikan Tidak Boleh Luntur   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Unggul 3-2 Lawan Persewar Waropen   |   15:00 . Pelaku Hamil Diluar Nikah, Bayi Premature 6 Bulan Digugurkan   |   13:00 . Hendak Kabur ke Cikarang, Polisi Tangkap Ortu Pembuang Jasad Bayi di Bojonegoro   |  
Sat, 28 September 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pj Ketua PKK Bojonegoro dan Kader PKK Latihan Olahan Pangan Alternatif

blokbojonegoro.com | Thursday, 20 June 2024 17:00

Pj Ketua PKK Bojonegoro dan Kader PKK Latihan Olahan Pangan Alternatif

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com – Para kader penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bojonegoro mendapat pelatihan pengolahan pangan alternatif berbahan dasar tepung mocaf atau tepung dari singkong. Pelatihan yang digelar Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian ini dilaksanakan di gedung PKK Pemkab Bojonegoro.

Pj Ketua PKK Bojonegoro, Dian Adiyanti Adriyanto menyampaikan, kegiatan ini sesuai program pemerintah pusat dan mengajak para peserta PKK untuk mengurangi mengonsumsi beras dan tepung terigu. Cara memulainya dengan membiasakan diri mengonsumsi bahan pangan alternatif lokal seperti tepung mocaf atau tepung dari singkong maupun dari ubi jalar lain.

"Dengan pelatihan ini diharapkan ibu PKK semakin menambah wawasan dalam menciptakan olahan pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman di dalam menu harian keluarga," ungkap Dian Adiyanti.

Dian Adiyanti juga menuturkan, pelatihan tidak hanya sampai pada tahap kemampuan olah pangan. "Namun bisa dijadikan sebagai usaha, sehingga menjadi penghasilan tambahan bagi keluarga," ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bojonegoro, Helmy Elizabeth menambahkan bahwa salah satu target dalam rencana strategis dinasnya adalah skor PPH (Pola Pangan Harapan) konsumsi. Yakni gambaran keanekaragaman pangan yang dikonsumsi di suatu wilayah.

Tahun 2023 lalu, pencapaian skor PPH konsumsi Bojonegoro di angka 85,9. Dari skor PPH tersebut sebagian besar masih didominasi oleh beras sebagai sumber karbohidrat. "Sedangkan yang perlu ditingkatkan adalah konsumsi sayur, buah dan pangan hewani," sambungnya.

Skor PPH konsumsi selain melihat keragaman pangan yang dikonsumsi juga melihat ketersediaan komoditas pertanian yang diproduksi. Kabupaten Bojonegoro termasuk penghasil padi terbesar nomor tiga se-Jawa Timur dan menjadi penyangga lumbung pangan nasional di tahun 2023. Bojonegoro tercatat produksi kedelai nomor satu se-Jawa Timur. Angka ini sesuai data BPS dan Bank Indonesia pada saat kegiatan kunjungan Kementerian Keuangan di Bojonegoro.

"Ini menunjukkan Kabupaten Bojonegoro menjadi barometer di sektor pertanian. Sebagai upaya mendukung program pemerintah pusat untuk mengurangi beras dan terigu 1,5% setiap tahun, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bojonegoro menyelenggarakan pelatihan olahan pangan dengan bahan baku non beras. Salah satunya dari tepung singkong," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : Pkk, Bojonegoro, Pj Bupati Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat