15:00 . Bojonegoro Siap Jika Ditunjuk Sebagai Pemilik Aset Jembatan Glendeng   |   14:00 . Tahun Ajaran Baru Segera Dimulai, Bersiap Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar   |   13:00 . Perpusgatda dan Dunia Imajinasi Ajak Anak-Anak Bermain Sambil Belajar   |   09:00 . Per Juli Beli Pertalite Lewat MyPertamina, Daerah Kamu Salah Satunya?   |   08:00 . Bupati Bojonegoro Bersedia Terima Aset Jembatan Glendeng, Bupati Tuban Absen Rapat   |   07:00 . Alergi pada Anak, Ini Cara Memperkuat Barrier Tubuhnya   |   20:00 . Kontingen Bojonegoro Tambah Tiga Medali   |   19:00 . Mendag Zulhas Bertemu Dubes Amerika Serikat, Sepakat Pererat Hubungan Ekonomi di Kawasan Indo-Pasifik   |   18:00 . Liburan Tetap Belajar Kenapa Tidak?   |   17:00 . Ketua Kontingen Bojonegoro Apresiasi Prestasi Atlet Judo   |   16:00 . Ada 1 Juta lebih DPB, Didominasi Perempuan   |   15:00 . KPU Bojonegoro Gelar Rakor Pemutakhiran DPB   |   14:00 . Atlet Judo Bojonegoro Sumbang 3 Medali   |   13:00 . Atlet Taekwondo Bojonegoro Raih Satu Medali Perak   |   10:00 . Bebas PMK, 9.308 Ekor Sapi di Bojonegoro Siap kurban   |  
Wed, 29 June 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kunjungan Presiden Jokowi

Presiden Jokowi Dikabarkan Resmikan Peralihan Kilang TPI ke Pertamina di Tuban

blokbojonegoro.com | Saturday, 21 December 2019 10:00

Presiden Jokowi Dikabarkan Resmikan Peralihan Kilang TPI ke Pertamina di Tuban

Reporter : Ali Imron / blokTuban.com

blokBojonegoro.com- Presiden Joko Widodo akan segera meresmikan peralihan kilang PT Tuban Petrochemical Indonesia (TPI) ke PT Pertamina (Persero).

Melansir dari CNBC Indonesia, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan dengan masuknya Pertamina untuk kelola kilang yang terintegrasi dengan petrokimia ini, bisa menghemat devisa negara hingga US$ 1 miliar atau setara Rp 14 triliun.

"Ini masih kapasitas petrokimia terbata, penghematan US$ 700 juta sampai US$ 1,2 miliar atau setara Rp 17 triliun," terangnya, Sabtu (21/12/2019).

Potensi ini masih bisa lebih tinggi jika dilakukan debotlenecking untuk kelola kilang tersebut, itu juga tergantung dari harga penjualan aromatik yang diproduksi kilang tersebut.

"Karena harga termasuk PPn itu fluktuasi, ke depan bukan hanya aromatic center tapi dari sebagian harus ada investasi tambahan dan disiapkan oleh Kementerian BUMN," jelasnya.

Diberitakan blokTuban.com sebelumnya, pemerintah telah resmi menguasai 96% saham PT Tuban Petrochemical Industries (TPI). Melalui TPI dan anak perusahaannya PT Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI), pemerintah akan mengembangkan industri petrokimia dalam negeri.

Awalnya pemerintah telah memiliki 70% saham TPI alias Petro Tuban. Namun dalam upaya penyehatan keuangan perusahaan yang terlilit utang, pemerintah menyuntikkan modal negara (PMN). Dengan demikian, utang TPI bakal berkurang dari Rp 3,3 triliun menjadi Rp 700 miliar saja.

TPI sebagai induk usaha TPPI selama ini difungsikan sebagai pengolah BBM. Langkah restrukturisasi utang yang ditempuh akan memberikan kesempatan perusahaan untuk berkembang sebagai basis industri petrokimia nasional yang terintegrasi.

Sesuai jadwal yang diterima reporter blokTuban.com, Presiden Joko Widodo bersama ibu negara Iriana sebelum ke TPPI Tuban ada kegiatan di Surabaya. Rencana orang nomor satu di Indonesia menggunakan jalur darat untuk sampai di Bumi Wali.

Presiden bertolak dari Hotel Shangrilla sekitar pukul 10.15 Wib, dan tiba di Tuban pada pukul 12.30 Wib. [ali/dy]



Tag : presiden jokowi, presiden ri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat