20:00 . Peringkat Hasil SKD Pemkab Bojonegoro Masih Tunggu Instruksi BKN Pusat   |   19:00 . KADIN Bojonegoro Goes to Campus, Podcast di 2 Tempat   |   18:00 . Yuk...! Ikuti Webinar Cerdas dan Bijak dalam Bermedia Sosial   |   17:00 . Desa Pilanggede Raih Penghargaan Tropi Proklim Utama dari KLHK   |   16:00 . Naik Tipis! Harga Emas Antam 24 Karat Dijual Rp915.000   |   15:00 . Diduga Lalai Saat Masak Air, Rumah di Baureno Terbakar   |   14:00 . Bupati Bojonegoro Ziarah di Makam Leluhur   |   13:30 . Tarian Waranggono dan Tabur Bunga di Kayangan Api   |   13:00 . Proses Ritual Pengambilan Api Abadi Berjalan Khidmat dan Tetap Prokes   |   12:00 . Inilah Serangkaian Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro Ke-344   |   11:00 . Atap Gedung MWC NU Kepohbaru Rusak Akibat Hujan Deras dan Angin   |   08:00 . Baru Pertama Ikuti Kejuaraan, Bojonegoro Hampir Juara   |   07:00 . Bermain di Masa Pandemi Jadi Kebutuhan Dasar Anak yang Harus Terpenuhi   |   06:00 . Selamat Hari Jadi Bojonegoro Ke-344   |   20:00 . Stok Kebutuhan Darah UDD PMI Bojonegoro Menipis di Bawah Normal   |  
Wed, 20 October 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

KONI Gelar Workshop dan Pembinaan Cabor di Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Saturday, 18 September 2021 18:00

KONI Gelar Workshop dan Pembinaan Cabor di Bojonegoro

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bojonegoro, menggelar Workshop dan Pembinaan bagi cabang-cabang olahraga (Cabor) yang menjadi anggota KONI Bojonegoro, Sabtu (18/09/2021).

Bertempat di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), workshop digelar dengan menerapkan protokol kesehatan pencehagan Covid-19.

Workshop yang digelar dalam rangka persiapan menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VII tahun 2022 mendatang itu, dihadiri Ketua Umum KONI Kabupaten Bojonegoro Ali Mahmudi SH MH, Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dinpora) Kabupaten Bojonegoro, Syaifuddin SPd, Pengurus KONI Bojonegoro, dan Ketua serta Sekretaris dari 30 cabang olahraga (Cabor) yang menjadi anggota KONI Kabupaten Bojonegoro.

Dalam sambutannya, Ketua Umum KONI Kabupaten Bojonegoro Ali Mahmudi, menuturkan bahwa cabang olahraga memiliki posisi yang sangat strategis dalam rangka pembinaan dan pengembangan prestasi atlet di masing-masing cabang olahraga. "Prestasi itu adalah performa atlet dan pelatih, namun demikian peran dan fungsi organisasi sangat berpengaruh terhadap performa atlet dalam meraih prestasi," ungkapnya.

Ali Mahmudi juga menyampaikan bahwa kebijakan daerah maupun nasional, sudah mengharuskan masing-masing cabang olahraga untuk mempersiapkan pengelolaan atlet secara modern. "Oleh karena itu KONI menganggap bahwa workshop ini harus dilakukan sehingga nanti di dalam mengelola atlet dapat memperoleh prestasi sesuai target yang diharapkan oleh masing-masing cabang olahraga," imbuh Ali Mahmudi.

Pada kesempatan tersebut, Ali Mahmudi juga menyampaikan bahwa Pemkab Bojonegoro berencana memberikan apresiasi kepada atlet yang ada di Kabupaten Bojonegoro, yaitu melalui Kartu Potensi Olahraga Bojonegoro (KPOB). Menurutnya, KPOB tersebut nantinya akan memberikan apresiasi kepada anak-anak usian sekolah mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Bojonegoro.

"Ini baru informasi awal saja, nanti pada waktunya dari pihak Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dinpora) yang akan memberikan penjelasan, karena kewenangannya natinya ada di Dinpora," tegasnya.

Ali Mahmudi menambahkan bahwa nantinya akan dilakukan pendataan terhadap anak-anak yang berpotensi menjadi atlet berprestasi. Dan pendataan tersebut bukan hanya dilakukan terhadap atlet atau anak-anak yang sudah berprestasi saja, namun terhadap semua anak yang memiliki minat dan bakat di bidang olahraga yang berpotensi meraih prestasi.

"Tentu ini hal yang menggembirakan bagi kita semua, karena nantinya anak-anak kita sejak dini bisa dilakukan inventarisasi terkait bakat dan minatnya di cabang olah raga apa. Jadi nanti masing-masing cabor memiliki peran untuk melakukan pendataan," ulas Ali Mahmudi.

Di akhir sambutannya, Ali Mahmudi berpesan kepada masing-masing pengurus cabor untuk mulai mempersiapkan atlet-atletnya jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VII tahun 2022 mendatang. "Seluruh cabor agar segera melakukan pendataan atlet-atlet yang potensial untuk Porprov 2022. Pendaaan atlet ini bukan berarti bahwa yang didata nanti pasti akan diberangkatkan, namun tentunya melalui proses verifikasi dan seleksi, untuk kemudian dilakukan pemusatan latihan terhadap atlet-atlet tersebut," pesan Ali Mahmudi.

Kepala Bidang (Kabid) Olahraga, Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dinpora) Kabupaten Bojonegoro, Syaifuddin, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tengah mengengembangkan Sport Development Index (SDI) yaitu pembangunan keolahragaan agar menjadi sebuah metode atau alat ukur yang obyektif dan valid untuk mengetahui keberhasilan pembangunan keolahragaan di Indonesia.

Menurut Syaifuddin, SDI dapat dijadikan acuan untuk mengetahui perilaku hidup sehat masyarakat Indonesia. Selanjutnya pemerintah dapat mengambil kebijakan mengenai pembangunan olahraga di Indonesia yang berujung pada kualitas SDM yang aktif dan unggul untuk meraih pembangunan nasional secara umum. "Kebetulan kami dari Dispora bersama KONI Bojonegoro besok diundang oleh Kemenpora untuk membahas pelaksanaan Sport Development Index," kata Syaifuddin.

Terkait Kartu Potensi Olahraga Bojonegoro (KPOB), Syaifuddin menuturkan bahwa saat ini Pemkab Bojonegoro masih mempersiapkan regulasi atau payung hukumnya, termasuk pembentukan tim. Menurutnya, nantinya yang terlibat dalam tim tersebut bukan hanya dari Dispora saja melainkan ada dari pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bojonegoro, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), KONI Bojonegoro, termasuk dari masing-masing Pengurus Cabang Olahraga.

"Jadi ini baru sepintas saja, karena perangkat hukumnya baru digodok oleh Dispora, bersama Bagian Hukum Setda Pemkab Bojonegoro, untuk membuat Peraturan Bupati terkait KPOB tersebut. Kemungkinan bantuan untuk atlet melalui program KPOB ini baru bisa direalisasikan di tahun 2022," tutur Syaifudin.

Usai sambutan, workshop dilanjutkan dengan penyampaian materi dari 3 narasumber, yaitu Sekretaris KONI, Tony Ade Irawan, Ketua Bidang Organisasi KONI Bojonegoro Zubaidi APtnh mSH MSi, dan Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Bojonegoro Aris Yuliantono MPd.

Tag : koni, bojonegoro, kpob, dispora, cabor, atlet



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat