20:00 . Kisah Pemuda Bojonegoro Terima Beasiswa LPDP Double Degree di Malaysia   |   19:00 . Kecewanya Warga Tak Jadi Dapat Listrik Gratis, Begini Penjelasan Pemdes   |   18:00 . Bantai PSIW 5-0, Persibo Melenggang Ke 32 Besar Liga 3 Nasional   |   16:00 . Bukan Masalah Asmara, Ini Motif Pelaku Pembacokan di Kamar Hotel Bojonegoro   |   14:00 . Ibu Dua Anak Diduga Pelaku Pembacokan Tertangkap di Grobogan Jateng   |   10:00 . Horeee....! PNS Pemkab Bojonegoro Bisa Lanjut Kuliah S2 dan S3 Gratis   |   09:00 . Korupsi Uang Pembangunan Jalan, Empat Kades di Bojonegoro Ditetapkan Tersangka   |   17:00 . Kesaksian Resepsionis Hotel saat Kejadian Pembacokan   |   16:00 . Pimpin Upacara Pembukaan TMMD, PJ Bupati Apresiasi Pelaksanaan Program   |   15:00 . Usai Bacok Korban, Pelaku Kabur Bersama Dua Anaknya   |   14:00 . Korban Disewa Pelaku Ibu Dua Anak Sejak 25 April   |   13:00 . Polisi: Korban Selamat, Identitas Masih Didalami   |   12:00 . Tragedi Berdarah, Perempuan Bacok Laki-Laki di Kamar Hotel Jalan Dewi Sartika Bojonegoro   |   11:00 . Pekik Takbir dan Free Free Palestina Bergema di Jalan Setyabudi Bojonegoro   |   14:00 . 4 Orang Kembalikan Formulir ke Demokrat, 1 Nama Disamarkan   |  
Thu, 09 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PPKM Dilonggarkan, Penumpang Bus Meningkat

blokbojonegoro.com | Wednesday, 20 October 2021 15:00

PPKM Dilonggarkan, Penumpang Bus Meningkat

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Selama masa pandemi Covid-19, penumpang bus di Terminal Rajekwesi Kabupaten Bojonegoro bisa dibilang menurun, apalagi selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diterapkan untuk menghindari penyebaran virus corona.

Oktober ini PPKM mulai longgar karena seluruh kabupaten/kota masuk zona kuning, alhasil penumpang bus di Terminal Rajekwesi Bojonegoro terpantau meningkat.

Koordinator Satuan Pelayanan Tipe A Terminal Rajekwesi Bojonegoro, Budi Sugiarto menjelaskan, aktivitas di terminal Rajekwesi mulai normal semenjak kasus penyebaran covid di Bojonegoro turun.

"Seiring penurunan kasus penyebaran Covid di Bojonegoro, kini penumpang bus meningkat, apalagi saat ini banyak yang sudah berpergian ke luar kota," ungkapnya.

Peningkatan tersebut dibuktikan dengan data yang menunjukkan peningkatan armada bus maupun jumlah penumpang. Tercatat pada bulan sebelumnya, penumpang dari terminal paling banyak 534 penumpang, dan kali ini meningkat hingga 683 penumpang setiap harinya.

"Kalau kedatangan penumpang biasanya hanya 388 penumpang, dan saat ini juga meningkat hingga 442 orang setiap harinya, ada juga yang lebih," jelasnya.

Sebelumnya, beberapa perusahaan bus mengurangi pemberangkatan armadanya dikarenakan penumpang sepi dan semakin parah, saat ini pemberangkatan bus dari PO sudah mulai normal kembali dan banyak penumpang.

Menurut data, bulan lalu hingga saat ini angkutan Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) setiap harinya memberangkatkan 13 hingga 24 bus, sedangkan kedatangan ada sekitar 13 hingga 20 bus, dan bus antar kota dalam provinsi setiap harinya memberangkatkan sekitar 121 hingga 149 bus dan kedatangan sekitar 100 hingga 135 bus.

"Kita hanya mencatat dan memeriksa bus yang berangkatnya dari terminal saja, selain itu kita tidak ikut andil," imbuhnya.

Syarat bus saat ini juga sudah berbeda. Kalaupun bus jarak jauh masih tetap membawa surat swab antigen dan sertifikat vaksin minimal dosis pertama, dan untuk bus lokal hanya memakai masker dan mematuhi prokes yang berlaku.

"Dibandingkan sebelumnya, saat ini sudah banyak kelonggaran, sehingga banyak pula masyarakat yang mulai berpergian," tandasnya.

Salah satu awak bus tujuan Bojonegoro - Surabaya, Huda mengatakan, saat ini penumpang bus mulai normal meski tak sebanyak sebelum pandemi datang, meski begitu ia bersyukur penumpang mulai meningkat dari pada sepi.

"Ya bersyukur kita bisa jalan lagi karena ada penumpang, kebutuhan sehari-hari keluarga juga terus berjalan, kalau bus libur ya kita tak ada pemasukan," jelas huda. [mu]

 

Tag : penumpang bus saat ppkm, terminal bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat